Blogger Template by Blogcrowds

beberapa waktu lalu dihebohkan dengan sebuah berita yang menyatakan ditemukan sebuah senjata gelao buatan PT PINDAD...indonesia

yah...walaupun apa ...yang terjadi.....sebaiknya kita berbangga....

sebuah kenyataan bahwa kita mampu punya senjata buatan sendiri, yups....sebuah cerminan kekuatan ......hehehe.....mo dibeli orang , dibajak,...diseludup...terserah mereka yang make sih.....emang gue pikirin....yang penting buatan indonesia. dan dapat disimpulkan bahwa mereka meminati produk persenjataan kita......MANTAP CUYS...

Tapi....... yah ada tapinya lagi....(*&^&$&^&)(@##.....
sebaiknya mari kita tinggkatkan untuk pertahanan diri kita dulu cuys..sekali kali pamer skil bole dong....masa bangsa asing terus.....meraja lela dikit napa sih.... kan cuman dikit......demi ... cuys.... demi anak bangsa ini lho....harga diri tentunya...

yups harga diri mahal cuys....bukan obral kaya PS......K....
kewajiban lho jaga sejengkal aje..tanah negeri ini.....kalo diacak acak bangsa lain..berjuang cuys....kalo berjuang ..baru tuh bisa dibilang jihat....
bukan maen bom aje lo .....makanye lo sekolah...

perhatikan cuys....nasib bangsa ..rakyat yang begitu cinta tanah air mereka sendiri...
jangan sibuk kasak kusuk aje lo cuys.....
..BANGSA KITE NIH.....BANGSA....!!!!!!!!!

berikut Koment dari beberapa sahabat bloger tentang sebuah artikel gue nih..

×÷·´¯`·.·•[ peace ]•·.·´¯`·÷× berkata...

yup sobat ada benarnya artikel anda ,namun perlu di garis bawahi apa kata anak cucukita klo kita tinggal diam dengan apa yang di lakukan malingsia yang menginjak injak harga diri bangsa??ingat masa yang akan datang akan ada karena adanya masa sekarang klo pemerintah kita cuman besarib perut doank kelak 50 tahun yang akan datang kondisi kita akan berbalik alias MISKIN BUDAYA !!karena telah berpindah di klaim bangsa lain.setuju banget masalah sinetron di TV yang makin hari makin membodohi masyarakat yang menjadikan masyarakat kita semakin malas dan hanya bermimpi kelak nasibnya seolah seperti adegan sinetron yang selalu manis.Salam Indonesia Damai.

2009 Agustus 30 08:04

sifa berkata...

yups, betul sekali bro..!
kita jangan mau di lecehkan oleh malaysia, so sebagai bangsa yg kaya akan budaya kita juga harus mencintai dan melestarikannya jangan dh di ambil bangsa lain kita baru teriak2 n muncul taringnya tp kita ga pernah pedul ma budaya kita sendiri. saya melihat orang asing memang lebih berminat dengan budaya kita, contohnya aja wayang, banyak orang amerika yg belajar nyinden dan alat musiknya di negara kita dan mereka tampilkan di negaranya ^_^ tp coba anak2 generasi muda kita pasti banyak yg memilh clubing dari pada nonton wayang..

2009 Agustus 30 19:03

Blogger Macam2 Tips berkata...

selain gak mampu,mereka juga gak tau malu tu nampak nya....

2009 Agustus 30 19:18

Risma berkata...

Herannya.. pemerintah masih tetap adem-ayem saja ya..
Kalau soal ejek-ejekan itu, aku pernah baca juga sih, Okta. Tapi menurutku, itu forum yang tidak bermutu. Para penggunanya pun tidak memberikan masukan atau pendapat secara baik dan berpendidikan. Buang-buang waktu deh membaca dan membuat tanggapan di forum murahan kayak gitu :)

2009 Agustus 30 21:58
dari komentar tersebut begitu jelas ...betapa cintanya masyarakat negeri ini kepada bangsanya.... itu baru sebagian ..lho ....blom koment di tempat laen...

pada kenyataanya suatu hal yang sangat ironis....begitu gemuruh anak bangsa kita, sementara para pemimpin seperti nggak merasakan apa suara dari bangsa ini.... mereka hanya sibuk dengan jabatan ....ngurus eselon lah.... kungker lah..... teori lah... yang mana hasilnya hanya 20 persen dapat kita easakan hasil kerja mereka...itupun cuman kerabat mereka

dan begitu banyak suara suara anak bangsa yang tidak dapat kita dengar....dan begitu tinggi harga diri bangsa kita ini,... yah suatu cerminan sebuah bangsa yang mampu besar.....

dan kapan sih....kemampuan anak bangsa kita ini tersalurkan.....
negeri ini bukan milik para jendral...
bukan milik sobat dan kerabat pejabat...
bukan milik...para konglomerat...
bukan milik siapa siapa ..tapi MILIK RAKYAT BANGSA INI....tanpa pandang bulu, ras, suku bentuk.... apakah itu hitam , kribo, kuning langsat ...warga keturunan, kaya , miskin...gaul...katrok...cah ndeso...jungkis punky abis...pokoknya semua deh....yang merasa bangsa indonesia

...GITCU DEH...

hahahaha.....ehem...

yup tepat.....secara realita mungkin orang sebelah tuh..malaysia merasa benar, tentang budaya....mereka adalah bangsa melayu, yang mana suku melayu juga terdapat di indonesia ..tapi mereka tidak sebesar kita, dan beraneka ragam budaya seperti kita,dan tidak punya hasil yang besar seperti kita, dan mereka diajari oleh bangsa kita,, ingat pada masa soekarno begitu banyak guru yang didatangkan ke malaysia demi memberantas hegemoni inggris disana,.....dan kita turut membantu kemerdekaan mereka...

ditengah keterpurukan kita mungkin mereka merasa hebat,..yah diakui mungkin secara merata tatanan mereka sedang lebih baik dari kita.....tapi itu sekarang lho ..belum tau nanti.....mereka merasa hebat...

tapi emang dasar bodoh....mereka lupa bahwa dalam hidup terjadi sebuah perputaran,kadang diatas kadang dibawah..dan itu cuman sementara...

kali ini mereka mempelesetkan lagu kebangsaan kita.....yah kesimpulanya emang sirik....mereka tidak punya musisi atau komponis seperti kita, liat aja....artisnya tuh si siti,...mencari makan di daerah kita...dan didukung oleh musisi kita....dan berapa banyak juga lagu kita yang begitu laku di sana, menyebabkan lagu dan musik mereka tidak laku....dan ternyata nih... dimana sebuah kampus seni di indonesia ,dimana disitu juga saya kuliah...banyak orang malaysia yang belajar lho....dan ketika saya ke sana ,...kesenian mereka ternyata emang , kurang kualitas bangets..bahkan mereka mencari reverensi melayu banyak ke kita kok....

dan sebaiknya kita jangan berpikiran negatif dulu...sob....mungkin dengan cara itulah mereka bisa membantu kita....dengan bertindak demikian , kita bisa sadar akan diri kita....mulai dari kasus ambalat sampai ke budaya....kita ambilo baeknya aja....mungkin mereka memperingatkan kita, agar kita lebih meninggkatkan ketahanan, sadar akan budaya kita dan jangan jadi TKI,,,,sebenarnya emang benar sih....kita liat aja bagaimana helly..kita jatoh cuman karena angin...dan bagaimana generasi kita kurang memahami budaya sendiri....liat aja sintron di tepe..eh sinetron...nggak ada cerminan budaya kita semua.....dan acara tepe mereka ....tuh yang saya liat melayu banget kok....liat aja artis rock nya....melayu abis....

Sebenarnya mereka sodare kita juga lho.....mereka peduli ama kita kho....tapi mereka mungkin malu ngajarin seniornya....jadi dia mungkin ngasih pelajaran kaya gitu.....

nah tinggal kita aja yang mesti intropeksi......jangan mau ditipu loagi ama bangsa sendiri....dan ....yang utama tuh...kewajiban pemimpin dan semua warga lho....

HARGAI PAHLAWAN KITA DENGAN MEMPERTAHAN KAN KEMERDEKAAN.....DAN PASTINYA HARUS LEBIH MAJU......merdeka cuuuuuy.....

Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan langsung mengganti caleg terpilih yang terbukti tidak memenuhi persyaratan. Hal ini terkait temuan Bawaslu tentang adanya caleg terpilih yang diduga masih menjadi komisaris Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Ada laporan terakhir yang diterima, diindikasi pegawai BUMN, tapi dalam data yang ada di KPU. Saya sudah cek di situ disebut pengusaha. Jika nanti terbukti tidak memenuhi syarat, akan diganti," ujar anggota KPU Andi Nurpati saat dihubungai melalui telepon, Jumat (28/8/2009).

Sementara itu, anggota KPU Endang Sulastri saat ditemui wartawan di ruang kerjanya mengatakan, bagi caleg terpilih yang terbukti melanggar persyaratan akan langsung dieksekusi penggantiannya.

"Kita tetap menunggu, jika sudah ada ketetapan yang tetap, kita kemudian mengeksekusinya," kata Endang.

Dikatakan Endang, bagi caleg terpilih yang belum dilantik akan terkena pergantian calon terpilih (PCT). Tapi bagi caleg terpilih yang telah dilantik akan terkena pergantian antar waktu (PAW).

dan kalo bisa sih yang biasa tukang janji dan bullshit banget ganti langsung aja....pemborosan uang negara kaleeee......makan gaji buta aje...

BUDAYA MELAYU

..untuk memperjelas apa itu melayu agar tidak terjadi pencaplokan sebuah budaya,. berikut sedikit kutipan tentang yang namanya melayu

Melayu atau suku Melayu dalam pengertian mutakhir merujuk kepada penutur bahasa Melayu dan mengamalkan adat budaya orang Melayu, dan sudah mengalami akulturasi dengan bangsa asing lainnya yang datang dari luar Kepulauan Indo Melayu (Nusantara), terutama pengaruh agama Islam yang kuat. Suku Melayu merupakan bagian dari suku-suku ras Deutero Melayu. Suku Melayu modern merupakan keturunan orang Melayu kuno dari Kerajaan Melayu. Menurut sensus tahun 2000, suku Melayu meliputi 3,4% dari populasi Indonesia dan mendiami beberapa propinsi di Sumatera dan Kalimantan Barat. Suku Melayu juga terdapat di Malaysia, Singapura, Brunei, Thailand dan Afrika Selatan. Melayu Cape Town di Afrika Selatan merupakan keturunan suku Melayu dan sejumlah suku lainnya yang berasal dari Nusantara seperti Makassar, Banten, Ternate dan lain-lain. Jadi Melayu Cape Town merupakan kumpulan beberapa etnis yang kebetulan semuanya muslim lebih tepat disebut ras Indo-Melayu atau disederhanakan dengan sebutan ras Melayu.

Istilah Melayu atau Malayu berasal dari Kerajaan Malayu, sebuah kerajaan kuno di pulau Sumatera, jadi secara geografis semula hanya mengacu kepada wilayah kerajaan tersebut yang merupakan sebagian dari wilayah pulau Sumatera (Bumi Melayu). Dalam perkembangannya pemakaian istilah Melayu mencakup wilayah geografis yang lebih luas dari wilayah Kerajaan Malayu tersebut, mencakup negeri-negeri di Selat Malaka yang menggunakan sejenis bahasa yang sama yang dinamakan bahasa Melayu. Bahasa Melayu sendiri diduga berasal dari pulau Kalimantan, jadi diduga pemakai bahasa Melayu ini bukan penduduk asli Sumatera tetapi dari pulau Kalimantan. Penduduk asli Sumatera sebelumnya kedatangan pemakai bahasa Melayu tersebut adalah nenek moyang suku Nias dan suku Mentawai. Dalam perkembangannya istilah Melayu kemudian mengalami perluasan makna, sehingga muncul istilah Kepulauan Melayu untuk menamakan kepulauan Nusantara. Secara persfektif historis juga dipakai sebagai nama bangsa yang menjadi nenek moyang penduduk kepulauan Nusantara, yang dikenal sebagai rumpun Indo-Melayu terdiri Proto Melayu (Melayu Tua/Melayu Polinesia) dan Deutero Melayu (Melayu Muda). Setelah mengalami kurun masa yang panjang sampai dengan kedatangan dan perkembangannya agama Islam, suku Melayu sebagai etnik mengalami penyempitan makna menjadi sebuah etnoreligius (Muslim) yang sebenarnya didalamnya juga telah mengalami amalgamasi dari beberapa unsur etnis.

M. Muhar Omtatok, seorang Seniman, Budayawan dan Sejarahwan menjelaskan sebagai berikut: "Melayu secara puak (etnis, suku), bukan dilihat dari faktor genekologi seperti kebanyakan puak-puak lain. Di Malaysia, tetap mengaku berpuak Melayu walau moyang mereka berpuak Jawa, Mandailing, Bugis, Keling dan lainnya. Beberapa tempat di Sumatera Utara, ada beberapa Komunitas keturunan Batak yang mengaku Orang Kampong - Puak Melayu. Ini semua karena diikat oleh kesamaan agama yaitu Islam, Bahasa dan Adat Resam Melayu. Orang Melayu memegang filsafat: Berturai, Bergagan, Bersyahadat".

Selanjutnya M. Muhar Omtatok menjabarkan, Berturai bermakna mempunyai sopan santun baik bahasa dan perbuatan dan memegang teguh adat resam, menghargai orang yang datang,serta menerima pembaharuan tamaddun yang senonoh. Bergagan bermakna keberanian dan kesanggupan menghadapi tantangan, harga diri dan kepiawaian. Bersahadat bermakna Orang Melayu disebut Melayu jika sudah mengucap kalimat syahadat, yaitu mengakui Allah sebagai Tuhan dan Muhammad sebagai Rasul panutan. Anak Melayu lebih dahulu diperkenalkan mengaji al Qur’an, baru mengenal ilmu pengetahuan yang lain. M. Muhar Omtatok yang bermukim di Kota Medan Pulau Sumatera ini, menambahkan; Kata “Laailaha Illallah Muhammadarosulullah” sebagai gerbang keislaman, selalu dipakai Orang Melayu dalam berbagai amalan, karena melayu percaya bahwa semua amalan akan tidak tertolak dalam pemahaman Islam jika mengucap Laailaha Illallah Muhammadarosulullah. Makanya jika seorang anak berkelakuan menyimpang dari kaedah yang diatur, maka ia disebut, “Macam anak siarahan, Macam anak tak disyahadatkan”.[rujukan?]

Jadi Melayu adalah: “Beragama Islam, beradat resam Melayu dan Berbahasa Melayu”. Karena ikatan Islam itulah, Orang melayu yang masih berpegang pada konsep tradisi namun akan takut jika tidak disebut Islam.

Terbukti kampanye hanya buat janji janji kosong..
negeri ini semakin tidak punya harga diri.setelah tercatat sebagai negeri yang menjadikan warganya budak buat negara asing, belum tuntas......lalu isu penjualan pulau mulai beredar

sesuatu yang sangat tidak dimengerti, kenapa sih para penguasa negri ini begitu munafik
apakah mereka tidak mengerti betapa beratnya perjuangan untuk menjadikan negri ini...???
mereka tidak mengetahui nasib mantan pejuangnya,,, beberapa pejuang veteran malah jadi loper koran, tukang sapu bahkan gelandangan....dan sementara mereka berkuasa... katanya mereka jendral mantan prajurit, mantan pejuang....cinta negeri...

EEEE...ternyata pemimpin negri ini setelah merdeka dikuasai oleh para mantan tentara pejuang yang notabone...adalah mantan tentara KNIL dan PETA.....kedua kesatuan tersebut awalnya ada;ah prajurit para penjajah....yah mereka dulunya penjilat dan penghianat bangsa yang berkedok pejuang.....

dan...masih segar dalam ingatan kita , sewaktu pemilu dan pilpres.....janji mereka indonesia banget.....merakyat bangets....eeee.....baru aja kita mendengar dan meliht....

dilecehkan ....... dibeli.........
pokoknya dah diatur ama bangsa lain aja deh ....dan barusan merayakan kemerdekaan.....
APA BETUL SIH UDAH MERDEKA NIH NEGERI......
/..........TAU DEH...... EMANG BULLSHIT....



Tiga pulau di Kepulauan Mentawai ditawarkan dengan harga antara 1,6 sampai 8 juta dollar.

Terungkapnya penjualan sejumlah pulau di Indonesia memancing reaksi keras sejumlah pihak. Anggota Komisi Pertahanan Negara, Tjahjo Kumolo, meminta penjualan pulau tersebut harus segera dibatalkan.

"Apapun alasannya, tidak boleh ada sejengkal pun tanah di republik ini yang diperjualbelikan," tegas Tjahjo dalam pesan yang ditrima, Rabu 26 Agustus 2009.

Dalam situs privateislandsonline.com yang melayani jual beli pulau-pulau di berbagai belahan dunia, tercantum nama tiga pulau Indonesia yang terdaftar akan dijual, yaitu Pulau Macaroni, Pulau Siloinak, dan Pulau Kandui. Ketiganya terdata di bawah judul 'Islands for Sale in Indonesia'. Ketiga pulau tersebut masuk dalam gugusan Kepulauan Mentawai di Sumatera Barat.

Pulau Macaroni seluas 15 hektar ditawarkan dengan harga 4 juta Dollar AS, Pulau Siloinak seluas 24 hektar ditawarkan dengan harga 1,6 juta Dollar AS, dan Pulau Kandui seluas 26 hektar ditawarkan dengan harga 8 juta Dollar AS.

Ketiga pulau tersebut dipromosikan sebagai destinasi surfing (selancar) terkenal karena ombaknya yang terbaik di dunia. Keindahan ketiga pulau itu juga disebut sebagai kombinasi terbaik bagi mereka yang ingin melakukan perjalanan bisnis sekaligus menikmati gaya hidup dalam satu waktu.

Gubernur Sumatera Barat, Gamawan Fauzi, sebelumnya mengatakan bahwa pihaknya tidak pernah mengeluarkan izin penjualan pulau-pulau tersebut. "Bagaimana bisa dijual? Saya saja tidak pernah mengizinkan," ujar Gamawan. Ia menjelaskan lebih lanjut, tidak benar terdapat penjualan tiga pulau di gugusan Mentawai.

Menurut informasi yang ia peroleh dari Pemerintah Kabupaten Mentawai, pengelola Pulau Macaroni dan Kandui hanya menjual tempat peristirahatan yang ada di pulau tersebut, bukan menjual pulaunya. Ketika dilihat lebih rinci, penawaran di privateislandsonline.com memang secara spesifik menyebutkan penjualan Macaroni's Island Resort dan Kandui Island Resort.

Bagaimanapun, Gamawan mengakui bahwa Pulau Siloinak memang dalam tahap ditawarkan. "Tapi tentu tidak semudah itu, karena banyak aturan yang harus dilalui," tuturnya buru-buru menambahkan. Ia kembali menegaskan, secara hukum dirinya tidak pernah mengizinkan penjualan pulau karena hal tersebut bertentangan dengan Undang Undang.

"Kalau benar ada iklan penjualan pulau Indonesia, maka Komisi I akan menentangnya dan meminta penjualan tersebut dibatalkan," kata Tjahjo yang juga merupakan Ketua Fraksi PDIP. Tjahjo menekankan, siapapun pihak yang telah membuat iklan penjualan pulau-pulau tersebut, akan mengalami tentangan keras dari DPR. Tjahjo menegaskan, apapun bentuk iklan tersebut, wilayah kesatuan Republik Indonesia jelas tidak untuk diperjualbelikan kepada pihak asing.

Situs privateislandsonline.com sendiri menyebut Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, yang terdiri dari lebih dari 18.000 pulau. Disebutkan pula bahwa Indonesia menyediakan pulau-pulau untuk disewakan. "Sangat sedikit properti di Asia yang tersedia bagi pihak asing, tapi tempat seperti Indonesia menyediakan penyewaan tanah," demikian tulis situs tersebut.

Kementerian Sekretaris Negara belum mendapatkan informasi yang valid mengenai kasus itu.

Menteri Sekretaris Negara, Hatta Radjasa, mengatakan jika terbukti ada penjualan tiga pulau dari wilayah Indonesia, maka itu masuk pelanggaran hukum berkategori berat.

“Kalau memang benar, itu adalah pelanggaran serius,” kata Hatta di kantor Kementerian Sekretaris Negara, Kamis 27 Agustus 2009.

Akan tetapi, Hatta mengatakan Kementerian Sekretaris Negara belum mendapatkan informasi yang valid mengenai kasus penjualan tiga pulau itu.

Menurut Hatta sebenarnya sulit dipercaya terhadap berlangsungnya praktek-praktek penjualan pulau. “Tidak mungkin. Karena itu adalah wilayah Indonesia. Mana mungkin itu dijual,” katanya.

Hatta menambahkan kalaupun pulau itu disewakan, sebenarnya ada ketentuan yang berlaku untuk mengatur aturan main persewaan pulau. Dia menyontohkan Pulau Seribu, di sana banyak investor yang mengelolanya. “Kalau dijual itu tidak mungkin karena itu wialyah Indonesia.”

Ditanya apakah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah mengetahui informasi itu, Hatta mengatakan tidak tahu karena dia belum menghadap Presiden SBY.

sebagai bangsa yang besar dan hasil yang melimpah negeri ini sepertinya masih tertinggal ,bahkan untuk kawasan asia tenggara pun belum mampu untuk menjadi no 2...
nah bagaimana supaya bisa menjadi untuk no 1....
1. tingkatkan pendidikan, dengan cara yang lebih kreatif dan inovatif
2. tinggkatkan penegak hukum..dengan cara menciptakan penegak hukum dan pelaksanaan hukum secara jelas dan tegas.
3. kejujuran bagi setiap pihak yang berkompeten di negeri ini.

Dengan 3 poin diatas sepertinya, kemajuan dapat diraih dalam waktu dekat. mengingat besarnya potensi yang ada di negeri ini.

pada kenyataanya pada 3 poin diatas yang diterapkan di negeri ini sangat jauh dari harapan terutama poin 2 dan 3..pada poin 2 sangat bertentangan dengan profesi mereka, dimana pada poin 2 sangat banyak terjadi penyimpangan hukum, dan sepertinya mereka tidak mengerti apa itu hukum dan UUD yang ada di negeri ini

dan poin 3 mereka tidaklah mengemban tugasnya sebagai pihak yang berwenang mengurus negeri..mereka hanya sibuk urusan diri dan golongan mereka sendiri, saling sikut dan gontok gontokan antar golongan mereka tanpa melihat efeknya terhadap seluruh rakyat negeri ini,..sebagai contoh presiden dan mantan presiden dari negeri ini merdeka selalu bertentangan, bahkan mereka bermusuhan , dan bahkan tidak saling tegur sapa....pada kenyataanya begitulah sampai jajaran terendah negeri ini...dan semoga mereka mengerti.....

dari ulasan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa yang paling penting adalah meningkatkan wawasan melalui peningkatan pendidikan....hingga nggak perlu lagi membayar untuk menjadi pns atau penegak hukum....cukup kesadaran dan menempatkan diri kita masing masing.....yakni guna dan fungsi masing masing individu kita...

...............terimakasih...

Agar lebih berhati-hati mengonsumsi gula saat berbuka, simak fakta-fakta berikut ini

Saat berbuka puasa kita dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang manis. Kolak, es buah, sirup dan kue-kue manis biasanya tersaji sebagai makanan pembuka. Konsumsi makanan manis pun cenderung meningkat saat kita berpuasa.

Walaupun dianjurkan untuk mengonsumsi makanan manis saat berbuka, sebaiknya kontrol konsumsi gula Anda. Tentu saja agar kadar gula darah tidak meningkat dan Anda pun tetap sehat menjalankan puasa. Agar Anda lebih berhati-hati dalam mengonsumsi gula, simak fakta-fakta tentang gula berikut.

- Gula suka bersembunyi. Banyak makanan yang mengandung gula murni tanpa Anda sadari, seperti roti, selai kacang, bumbu bubuk dan saus. Biasanya termasuk jenis sukrosa atau dektrosa. Untuk itu sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsinya, karen ameskipun tidak terasa manis tetapi kandungan gulanya cukup tinggi.

- Empat klasifikasi gula. Gula yang sering kita konsumsi seperti sukrosa, fraktosa, madu, dan gula jagung ternyata bisa menggangu kesehatan jika dikonsumsi dalam waktu lama. Hal itu karena kandungan kalorinya mencapai 15%.

- Pemicu penyakit. Gula sederhana yang sering kita konsumsi ternyata juga bisa memicu penyakit lain selain diabetes. Seperti asma, gangguan saraf, hipertensi, jantung dan radang sendi. Untuk itu, kontrol konsumsi gula Anda.

- Efek insulin. Gula meningkatkan kadar insulin dalam tubuh, hal itu menghambat hormon pertumbuhan dan menekan sistem imunitas dalam tubuh. Terlalu banyak insulin juga memicu peningkatan kolesterol jahat yang bisa menimbulkan penyakit kardiovaskular.

- Penyakit degenaratif. Gula sebenarnya tidak mengandung nilai nutrisi (mineral, vitamin dan serat). Mengonsumsinya secara berlebihan membawa efek buruk pada sistem endokrin dan memicu penyakit degeneratif.

"Kalau yang diambil itu hak, tidak apa-apa. Tapi kalau bukan, sebaiknya dikembalikan."

Salah satu anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Mufid A Busyairi mengembalikan uang gratifikasi ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mufid pun menghimbau rekan sejawatnya di Senayan melakukan hal yang sama.

"Kalau yang diambil itu hak, tidak apa-apa. Tapi kalau bukan, sebaiknya dikembalikan," kata Mufid saat dihubungi wartawan, Senin 24 Agustus 2009.

Seperti diberitakan sebelumnya, juru bicara KPK Johan Budi SP mengungkapkan KPK telah menerima pengembalian uang hasil gratifikasi dari seorang legislator.

Mufid menjelaskan, ia menerima uang Rp 100 juta pekan lalu. "Hari Selasan kalau tidak salah," kata legislator Komisi Kehutanan dari Fraksi PKB itu. Karena tidak tahu pemberi dan maksud pemberian, Mufid kemudian mengembalikan uang tersebut ke KPK.




Jakarta - Dalam waktu dekat status jabatan Ketua KPK nonaktif Antasari Azhar akan ditentukan. Pemecatan Antasari Azhar sebagai ketua KPK tinggal menunggu surat dari pengadilan.

"Surat informasi kepada Presiden akan diberikan langsung oleh pengadilan. Jadi KPK bersifat pasif kita akan menunggu ketetapan Presiden," ujar Juru Bicara KPK Johan Budi saat ditemui di kantornya, Jl Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin (24/8/2009).

Sesuai dengan peraturan yang berlaku, pemberhentian Ketua KPK harus menunggu surat dari pengadilan yang menyatakan Antasari telah menjadi terdakwa. Setelah itu baru Presiden mengeluarkan penetapan pemberhentian.

"Yang berhak menentukan pemberhentian ketua KPK itu Presiden. Sesuai dengan UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK," kata Johan.

Sesuai UU Nomor 30 Tahun 2002, presiden mengeluarkan penonaktifan sementara jika pimpinan KPK berstatus tersangka. Sedangkan jika berstatus terdakwa, bukan P21, Presiden juga yang akan mengeluarkan pemberhentian tetap.

Johan menjelaskan, meski nantinya Antasari telah diberhentikan tetap, namun rencana pembentukan komite etik tetap dilakukan. "Itu akan terus berjalan kalau pun keputusan nanti lebih dulu pemberhentian dari presiden paling nggak ada keputusan pelanggaran kode etik atau tidak," tandasnya.


(ape/iy)

Setelah melalui proses berliku selama 4 tahun, akhirnya DPR mengesahkan RUU Pelayanan Publik menjadi undang-undang. Pelayanan publik pun diharapkan akan membaik.

Seluruh fraksi DPR menyetujui pengesahan RUU itu untuk meningkatkan pelayanan publik secara menyeluruh. Dengan demikian pelanggaran terhadap hak-hak pelayanan publik akan menuai hukuman.

Sepuluh juru bicara fraksi DPR yang menyatakan persetujuan terhadap pengesahan RUU Pelayanan Publik menjadi UU adalah Barnstein Tundan (FPD), Hadimulyo (FPPP), Hermanzah Nazirun (FPAN), Syaifullah Ma'shum (FKB), Untung Wahono (FPKS), Eddy Wahyudin (FBPD). Zulhenry Chaniago (FBR), Saut Hasibuan (FPDS), Rustam Tamburaka (FPG), dan Fachruddin (FPDIP).

UU Pelayanan Publik antara lain mengatur sanksi bagi pelaksana layanan publik yang merugikan publik seperti ganti rugi, sanksi perdata, pidana dan sanksi administratif.

Robert Endi Jaweng, Manajer Hubungan Eksternal Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD) dalam sebuah opininya mengatakan, lahirnya UU Pelayanan Publik ini merupakan kerangka kebijakan yang secara khusus mengatur salah satu segi penting dalam kehidupan sektor publik kita.

Robert mencatat beberapa terobosan terkait dengan UU Pelayanan Publik ini. Pertama, perspektif dasar yang dipakai, bertolak dari sisi publik sebagai: hak warga dan jaminan bagi akses keadilan ke aneka sumberdaya sosial-ekonomi. Pada tarikan nafas yang sama, paradigma ini berkosekuensi pada kewajiban negara untuk memenuhinya, baik yang diselenggarakan pemerintah sendiri ataupun swasta.

Kedua, UU ini menegaskan sikap keberpihakan bagi kelompok rentan dan miskin seperti penyandang cacat, dan korban bencana. Kepada mereka diberikan pelayanan khusus tanpa tambahan biaya. Adanya affirmation policy ini, meski terbatas dan belum menjangkau kelompok marginal lain----seperti suku terasing----namun sudah mencerminkan substansi keadilan sebagai nilai keutamaan dalam politik pelayanan publik.

Ketiga, pengaturan tentang tanggungjawab layanan, sanksi administrasi, perdata dan pidana, mekanisme pengaduan dan peran ombudsmnan, gugatan warga ke pengadilan, penilaian kinerja dan lain-lain merupakan sederet klausul inti yang menegaskan sifat imperatif pelayanan publik, sekaligus kejelasan tanggung jawab atas pengabaiannya.

Dari sini diharapkan, mutu kinerja birokrasi dan swasta penyelenggara layanan bisa berjalan profesional, transparan dan akuntabel.

Keempat, ditetapkannya standar pelayanan yang ditunagkan dalam maklumat pelayanan. Dengan proses pelibatan warga, penyelenggara layanan wajib membuat pernyataan kesanggupan memenuhi standar kinerja tertentu. Misalnya hal ihwal biaya, waktu, dan produk layanan yang dijalankan.

Robert juga mencatat satu problem besar yang luput dari pengaturan, namun paling dibutuhkan pemda dalam reformasi birokrasi dan inovasi pelayanan publik, yakni jaminan hukum atas diskresi kebijakan mereka.

Menurutnya, sepanjang berlakunya desentralisasi, cukup banyak pejabat pemda yang mesti berurusan dengan aparat hukum karena praktik inovasi kebijakan yang belum ada dasar hukumnya di level nasional.

Dalam situasi itu, mereka kemudian sangat berhati-hati dan terkesan mencari aman saja dalam mengeluarkan kebijakan, seperti alokasi anggaran. Dalam situasi seperti ini kita tentu lalu sulit mendapatkan berbagai terobosan profresif dalam isi regulasi dan praktik layanannya kalau birokrasinya hanya menjalani pekerjaan rutin dan bergerak linear.

Problem krusial lain yakni inkonsistensi pengaturan sistem pelayanan terpadu. Dalam pasal 9 dikatakan, bahwa penerapan sistem ini berlaku opsional, sementara dalam pasal 60 justru bersifat imperatif dalam batasan waktu enam bulan ke depan.

Selain itu, UU ini mengamanatkan PP khusus bagi penjabaran sistem tersebut, sementara saat ini sudah berlaku sejumlah kepres dan permendagri yang mengatur materi terkait. Belum lagi di level lokal, sejumlah pemda juga sudah menerbitkan perda yang berisi materi sejenis.

Dari data yang dihimpun pada 2007 tercatat ada 293 kabupaten/kota di Indonesia berhasil memperbaiki pelayanan publiknya menjadi lebih baik bahkan best practice. Contoh Kabupaten Jembrana (Bali), kota Yogyakarta (DIY), dan Tarakan (Kaltim). Kabupaten/kota tersebut bukan saja berhasil membuat one stop service, tapi beberapa di antaranya sudah best practice.

Best practice dibuktikan dengan meningkatnya Pendapatan Asli Daerah (PAD), peningkatan fiskal, dan kemudian diiringin penurunan angka pengangguran dan kemiskinan.*

Musik kontemporer

Bapak musik kontemporer atonal Norwegia adalah Fartein Valen (1877-1952). Menguasai 12 bahasa, ia merupakan seorang berbakat yang kehidupannya merupakan misteri dan menggunakan gaya halus yang sulit dimengerti untuk karya kontemporernya. Walaupun mengenyam pendidikan di Berlin, mempelajari lagu-lagu Bach secara otodidak merupakan faktor paling penting dalam perkembangan karirnya. Visinya untuk menciptakan tipe suara poliphony berdasarkan disonansi menghasilkan sistem 12-nada yang ia kembangkan bersama dengan, namun secara independen, Arnold Schönberg.Komunitas musik kontemporer Norway saat ini memainkan peranan aktif secara nyata bagi kehidupan musik Norwegia. Ny Musikk, bagian dari International Society for Contemporary Music merupakan pemain penting dalam area ini. Organisasi ini didirikan oleh komposer Pauline Hall (1890-1969) pada tahun 1938, setelah menetap di Paris menggugah minatnya untuk mencoba tren baru. Saat ini, organisasi tersebut memiliki jaringan nasional yang luas untuk memajukan musik kontemporer dan mendorongperkembangan komposer dan musisi kontemporer yang baru.

Komposer Norwegia memiliki tradisi untuk mempromosikan karya mereka sendiri, dan telah berjuang untuk mendapatkan penghargaan baik melalui organisasi komposer dan hak cipta di tingkat nasional, Nordic dan internasional. Selama bertahun-tahun, banyak dari komposer penting Norway yang menjabat sebagai ketua NY Musikk. Setelah Pauline Hall, yang dianggap sebagai salah satu dari beberapa impresionis Norway, muncul Finn Mortensen (1890-1969), juara aliran serialisme, diikuti Arne Nordheim, figur terdepan musik elektronik. Mereka yang juga pernah menjabat sebagai ketua adalah Kåre Kolberg, John Persen dan Åse Hedstrøm, yang kesemuanya merupakan komposer yang dihormati. Baik Persen dan Hedstrøm pernah menjabat sebagai direktur festival musik kontemporer yang paling berpengaruh di Norwegia, Ultima – Festival Musik Kontemporer Oslo.

Arne Nordheim (dilahirkan tahun 1931) memiliki posisi istimewa diantara para komposer saat ini. Ia tinggal di Grotten, lingkungan tempat tinggal terhormat Pemerintah Norwegia didekat Kerajaan di Oslo, sebuah penghormatan yang diberikan kepada salah satu artis paling terkemuka. Teman-temannya yang juga mendapat pengakuan internasional adalah Antonio Bibalo dari Italia dan Edvard Hagerup Bull. Generasi penerusnya termasuk Olav Anton Thommessen dan Lasse Thoresen, keduanya menekuni karir sebagai komposer disamping menduduki posisi sebagai profesor komposisi yang berpengaruh di Akademi Musik Norwegia, serta Cecilie Ore, Rolf Wallin dan Asbjørn Schaathun. Generasi yang lebih muda adalah Jon Øyvind Ness, Eivind Buene, Maja Ratkje dan and Lars Petter Hagen.

dan anda tau atau suka musik kontemporer...????

Stop penipuan ....

Penipuan adalah sebuah tindakan yang merugikan orang lain....dan apalagi penipuan itu dilakukan terhadap bangsa dan diri sendiri...

Untuk sebuah kemandirian dan kemajuan marilah untuk tidak melakukan sebuah penipuan, bahwasanya bangsa ini masih aja ditipu oleh para pemimpin mereka sehingga bangsa ini sulit untuk bangkit dan semakin direndahkan oleh bangsa lain....

taukah anda apa itu sebuah penipuan masal.....berikut sebuah contoh dan realitanya...

sebuah lembaga perbankan...menamakan diri dengan syariah dan mengatasnamakan agama, dan bila dihitung hitung perkreditan yang diatasnamakan syariah tersebut bahkan sudah dinyatakan riba karena besarnya bunga dan tidak sesuai dengan ajaran islam yang mereka sebutkan...dan ini jelas jelas pembodohan terhadap orang banyak, mencekik dan sangat kejam khususnya rakyat kecil, itu baru satu contoh....yang lainya dapat kita liat pada lembaga leasing, yang tumbuh berkembang di negeri ini.....
dan kegiatan tersebut adalah dukungan dari pemerintah...bagaimana tidak ...mereka mempunyai surat izin usaha dari pemerintah dengan arti kata pemerintahlah yang telah mengizinkan kegiatan tersebut

dan begitu pun janji janji langsung dari pemerintaha, sepertinya bangsa ini tidak dibolehkan untuk maju oleh bangsanya sendiri, guna sebuah kepentingan yang mungkin kita tidak mengerti,.... dan begitu banyak bangsa ini menderita, dan terkadang dijual sebagai budak....dianiaya ...disiksa....dan dilecehkan tanpa merek peduli.....

dan sebenarnya apa susahnya sih mensejahterakan masyarakt di sebuah negeri yang makmur...bagaimana tidak ....dimana mana kita melihat hasil bumi kita hanya di eksplorasi oleh bangsa asing....mulai dari sabang sampai merauke....dan sementara bangsa kita kesusahan dan bahkan menjadi budak....keadilan terus terjadi....hingga terjadi ketidak puasan yang mana akhirnya pasti membawa bencana....yang kaya nya sih udah mulai tuh...... liat aja kasus di papaua.....ujung ujungnya pasti karena ketidak puasan......dan banyak lagi karena tidak mungkin dibeberkan satu persatu......
.....LANJUTKAN...........
................derita...elo.......

Seiring pernyataan malaysia tentang tari pendet....
menurut saya ini sebuah hal lucu dan cerminan kebodohan atau mulai hilangnya jati diri mereka.

seperti diketahui tari pendet adalah tari yang bertujuan untuk ritual keagamaan pada masa kejayaan hindu,dan baru pada era tahun 50 han tari ini dikembangkan fungsinya sebagi hiburan kuhususnya untuk menyambut kedatangan tamu di daerah bali.
dan........sesungguhnya malaysia adalah bangsa melayu yang mana bangsa melayu bersemboyan....Tak Melayu Tak islam,sama halnya dengan melayu riau,semua bangsa melayu pemeluk agama islam, nah secara logika mana mungkin sebuah kebudayaan hindu dianut oleh orang islam apalagi tari pendet tersebut sebagai ritual keagamaan buat masyarakat hindu bali.

Berdasarkan kenyataan diatas dapat ditarik sebuah kesimpulan,bahwa mereka tidak lagi menghargai kebudayaan mereka, dan bisa jadi kebudayaan berupa tari tersebut emang berasal dari indonesia dikarenakan banyaknya orang indonesia di negeri tersebut, bila hal itu benar berati dapat lagi ditarik kesimpulan bahwa bangsa indonesia lebih berperan di negeri itu,seperti halnya mereka telah menyatakan rendang dan batik sebagai kebudayaan mereka, yang mana kebudayaan tersebut adalah milik indonesia....mana mungkin seorang minangkabau ,jawa, dan bali menjadi melayu.
nah semua itu hanya tempelan bagi kebudayaan mereka

dan untuk kita bangsa indonesia jelas terlihat bahwa bangsa kita dapat mempengaruhi sebuah kebudayaan bangsa lain....dan dapat lagi ditarik kesimpulan ..bahwa bangsa ini sangat lah berpengaruh....dan untuk itu marilah kita sama sama menjaga bangsa indonesia,dan bangkit dari keterpurukan , dan stop...penipuan terhadap bangsa sendiri.....

Sekian.....

Rasulullah s.a.w bersabda yang maksudnya:”Semua amalan anak Adam digandakan kebaikannya sepuluh kali serupa dengannya hingga tujuh ratus kali, Allah Azza Wajalla berkata:” Melainkan puasa, kerana ia untuk-Ku dan Aku sendiri yang membalasnya, mereka meninggalkan syahwat dan makanannya kerana-Ku.” Bagi orang yang berpuasa akan mendapat dua kegembiraan; kegembiraan semasa berbuka dan kegembiraan semasa menemui Tuhannya, dan bau busuk (dari mulut orang yang berpuasa) kerana berpuasa lebih wangi di sisi Allah daripada bau Musk.”
Riwayat Bukhari & Muslim

Jadikanlah yang tebal itu Iman,
Yang tipis itu lidah,
Yang tajam itu akal,
Yang lembut itu hati,
Yang ringan itu Shalat,
Yang luas itu ilmu,
Yang halus itu suara,
Yang manis itu senyuman,
Yang indah itu Akhlaqul Karimah
Insya Allah hidup bahagia.
Wallahu'alam

renungan ramadhan

Duhai Dzat yang Maha Agung,
ampunilah dosa hamba,
Keluarga,
Saudara dan
Teman teman hamba dimanapun mereka berada.

Berikanlah hamba kekuatan untuk menolak kebathilan,
Jangan Engkau tulikan telingaku untuk mendengar seruanMU.
Jangan Engkau butakan mataku untuk melihatkeagunganMU.
Jangan Engkau bisukan mulutku untuk menyiarkan ajaranMU.
Jangan pula Engkau biarkan cobaandiluar kemampuanku.
Damai dan Sejahterakanlah bangsaku.

Hanya Engkau yang patut kusembah dan hanya kepadaMUlah aku berlindung dan memohon pertolongan.
Amin

Catatan dari Rebelina Revolusionerita

Bayangkan kalau semua wanita di dunia menolak perbedaan dari laki-laki!
Pernahkah sempat Anda memperhatikan beraneka jenis bentuk paruh yang dimiliki burung-burung yang ada di sekitar Anda? Si Kakatua, misalnya, paruhnya melengkung, karena ia memanfaatkannya untuk mencongkel biji-bijian yang menjadi makanannya. Sementara Pelikan mempunyai kantung besar di bagian bawah paruhnya, sehingga ia bisa menyimpan ikan di sana untuk persediaan makannya. Dan, si bangau berparuh amat panjang, yang ternyata sangat membantunya untuk memangsa ikan di dalam air tanpa ia harus menenggelamkan kepalanya!

Begitulah kehebatan Allah SWT, yang telah memberikan bentuk yang berbeda-beda bagi setiap makhluk sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Ada hubungan erat dan saling mempengaruhi antara bentuk fisik dan pola kehidupan serta kebutuhan makhluk-makhluk hidup itu. Tak terkecualli juga pada makhluk hidup yang namanya manusia.

Ketika janin mulai terbentuk dalam rahim ibu, hanya ada dua pilihan yang akan terjadi, yaitu apakah ia akan menjadi janin laki-laki, ataukah perempuan. Segera jika satu pilihan telah ditentukan, akan berkembang bentuk-bentuk fisik yang khas bagi tiap jenis kelamin. Pada masa perkembangan janin tersebut, yang paling mudah diamati adalah perbedaan bentuk fisik alat kelamin.

Untuk selanjutnya, setelah kelahiran, dalam pertumbuhan hingga dewasa, akan semakin banyak perbedaan fisik yang nampak, tanpa dapat dihindari maupun dicegah. Otot bayi laki-laki berkembang lebih kuat, organ-organ tubuhnya pun lebih berat. Bayi perempuan tumbuh dengan organ-organ khas kewanitaan, seperti payudara, rahim lengkap dengan vaginanya.

Apa artinya Allah ciptakan perbedaan-perbedaan ini? Tentu, semua ini menjadi bukti adanya perbedaan esensial antara perempuan dan laki-laki. Untuk apa Allah alirkan air susu melalui payudara ibu, kalau bukan untuk kehidupan anak-anaknya? Untuk apa Allah kuatkan otot laki-laki, jika tidak untuk bekerja berat mencari nafkah?

Dengan teliti dan sangat sempurna, Allah telah rancang bentuk fisik manusia sesuai dengan tugas masing-masing di sepanjang kehidupannya. Jujur harus diakui, bahwa perbedaan peran, tugas serta spesifikasi antara dua jenis kelamin manusia sudah dibawa secara fitrah semenjak kelahirannya. Nonsens jika dikatakan bahwa tak ada pembagian tugas yang baku antara laki-laki dengan perempuan, seperti kata kaum feminis.

Golongan ini berpendapat, kalaupun ada perbedaan antara keduanya, terbatas pada fungsi reproduksinya saja. Namun adalah hak perempuan yang harus dihormati jika ia memilih untuk tidak menggunakan hak reproduksinya itu. Coba bayangkan jika pendapat seperti ini dianut semua perempuan Indonesia, bisa-bisa tingkat kelahiran di negara dengan ratusan juta penduduk ini hanya sepuluh bayi dalam setahun.

Lantas bagaimana dengan mengalirnya air susu dari payudara ibu? Air susu ini bukan sekadar makanan bagi bayi untuk mempertahankan kehidupannya. Lebih dari itu, pemberian air susu ini adalah sebuah pendidikan terbaik bagi mereka, setidaknya selama dua tahun awal kehidupannya.

Ibu, bukankah air susu itu memancar begitu saja begitu si jabang bayi lahir? Bukan ibu yang mengaturnya dan ibu tak bisa menghentikannya kecuali dengan paksaan. Apa artinya ini? Allah telah tentukan bahwa itulah hak si bayi selama dua tahun pertama. Jika ibu menghentikannya dengan sengaja, menggantinya dengan susu botol buatan pabrik, betapa zhalimnya perbuatan itu! Jika seorang ibu enggan menyusui bayinya, buat apa ia memiliki payudara?

Sementara mereka yang konsisten menyusui bayinya selama dua tahun pertama, itu berarti tidak bisa meninggalkan bayinya untuk waktu yang lama. Antara ibu dan bayi akan terjalin kebersamaan setiap harinya. Saat-saat kebersamaan inilah yang paling tepat dijadikan momen memberikan pendidikan terbaik untuk mereka. Hal ini membuktikan, bahwa Allah memberikan payudara kepada kaum perempuan bukan hanya karena urusan reproduksi, namun juga untuk mendidik anak-anak mereka terutama di dua tahun pertama yang amat menentukan.

Kita yakini bahwa laki-laki dan perempuan berbeda. perbedan-perbedaan itu semua adalah rahmat. Perbedaan-perbedaan itu saling melengkapi, dan saling memberikan dukungan.
Perbedaan untuk kesempurnaan

Perempuan boleh-boleh saja melatih dan mengembangkan otot tubuhnya agar menjadi kuat, seperti yang dilakukan binaragawati dan atlit angkat besi, namun bukti memperlihatkan bahwa ia tak akan mampu menandingi kekuatan fisik laki-laki yang melakukan upaya serupa. Ini adalah contoh sepele yang tak bisa dibantah, bahwa memang laki-laki-lah yang harus berkewajiban mencari nafkah, dan perempuan yang dinafkahi.

Sementara perempuan yang telah dilengkapi dengan air susu, kelemahan fisik serta kelembutan tangan, kemerduan suara, segalanya tepat dimanfaatkan untuk kewajiban mendidik anak, setidaknya dua tahun pertama. Kalaupun si perempuan harus bekerja, maka pilihan terbaik adalah dengan tidak meninggalkan rumah, dalam bidang yang tak menguras tenaga fisik. Pendeknya, perempuan memang tepat untuk ditempatkan di ruang lingkup rumah dan rumah tangganya.

Akibat dari pembagian peran dan tanggung jawab sosial yang berbeda antara laki-laki dan perempuan, masing-masing mengakibatkan perbedaan pula dalam berbaagi bidang lain yang terkait dengan kehidupan rumah tangga mereka.

Sebuah negeri yang dikenal dengan sebutan paman sam. tahukah anda berapa kuat persenjataan mereka.....????? dan untuk apa.....?????

Tak lain tak bukan adalah untuk penjagaan diri...penjagaan masing masing warganya,...dan mereka tak membiarkan seorang warganya terancam di dunia ini.
disetiap tempat yang merupakan ancaman buat warga dan negerinya mereka menempatkan armada perangnya dan....mereka begitu mementingkan masyarakatnya.....bahkan rela untuk me - infansi sebuah negeri demi kemakmuran rakyatnya.......
semua itu dilakukan demi harga diri mereka....dan mereka tidak mau kehancuran akibat perang dan penindasan perang dunia II terulang bagi warganya....

dan......bagaimana dengan kita.....
bagaimana kita menjaga harga diri dan kebebasan kita...????? sudahkah.....
tiap saat dean tiap waktu kita melihat pelecehan terhadap diri kita....ekonomi,budaya,dan kepribadian kita telah diatur bangsa lain.....bahkan negeri ini tidak sepenuhnya menjaga warganya, penggysyran, kekerasan terhadap warga tetap terjadi.....demonstran dihajar bagai anjing, orang kecil dibuang dan bahkan di exsport.....ditipu, dengan teori dan janji....

hasil negeri dijual......dan rakyat dipaksa membeli dengan harga tinggi....
barang mentah dijual murah....dan bahan jadi.... kita beli tinggi dan bahkan tidak terjangkau..... adakah keadilan...?????
yang menuntut keadilan dinamakan supersif....dan disebut pengacau keamanan...

dimana harga diri kita sebagai pemilik sebuah negeri...........?????
............TAU...DEH........

Puluhan seniman Bali mengecam keras sikap Malaysia yang seenaknya mengklaim tari Pendet sebagai warisan budaya mereka. Padahal, menurut mereka, Pendet adalah tarian sakral dari Bali.

Sebagai jawaban, seniman Bali, mempersembahan tari Pendet yang dibawakan para bocah di halaman Gedung Kesenian Art Center. Ini bukti tari Pendet asli Indonesia.

Ida Ayu Sagung Mas, kordinator seniman, tari Pendet biasa dipentaskan dalam upacara keagamaan di Bali. Ida Ayu berencana menggugat Kedutaan Malaysia atas klaim tersebut.

Tapi, Ida Ayu juga menegaskan, pemerintah lebih peduli terhadap keberagaman budaya dan seni di daerah. Sebab bila tak dikhwatirkan semua nilai seni dan budaya akan diklaim negara lain.(ICH)

sebenarnya sih nggak usah dikecam, emang mereka bangsa yang bodoh....dan nggak punya kebudayaan....dan ....kita lho yang ngajarin bangsa itu...pada tahun 60 an.....didatangkan guru guru dari indonesia buat ngajarin bangsa ini....mungkin kebudayaan yang mereka bilang kebudayaan yang kita ajari.....

Ingin tampil lebih muda? Tak perlu langsung berkonsultasi ke dokter bedah plastik. Tips berikut juga bisa membantu Anda untuk terlihat lebih muda beberapa tahun.

1. Duduk tegak
Orangtua “zaman dulu” biasanya akan menegur sikap duduk anak perempuannya yang membungkuk. Mungkin mereka menganggap posisi membungkuk tidak sopan, namun ada alasan yang lebih logis di balik larangan tersebut. “Orang yang memiliki postur tubuh baik selalu diidentikkan dengan orang yang muda, percaya diri, dan bahagia. Bandingkan dengan mereka yang duduknya membungkuk, pundak membulat (tidak bidang) atau miring sebelah,” papar Paul D’Arezzo, MD, ahli kebugaran dari Colorado Springs. Selain itu, duduk tegak juga akan membuat Anda merasa lebih nyaman. Postur tubuh yang baik akan mencegah otot dan persendian yang sakit. Untuk mulai membiasakan diri, cobalah untuk melakukan yoga atau pilates secara rutin. Latihannya akan bersifat menguatkan otot di bagian perut, pelvis, dan tulang punggung bagian bawah untuk menjaga postur tubuh tegak.

Untuk yang lebih murah, Anda juga bisa berlatih sendiri. Caranya: duduk dengan kedua telapak kaki datar menyentuh lantai. Rilekskan pundak dan dagu, kedua telapak tangan beristirahat di atas paha. Secara perlahan, tarik ke belakang punggung Anda, dan dekatkan kedua tulang belikat, lakukan dalam 5 hitungan, lalu lepaskan. Ulangi 3-4 set.

2. Lakukan seks setidaknya 3 kali seminggu
Pasangan di usia pertengahan 40-an yang sering melakukan hubungan seks terlihat 12 tahun lebih muda ketimbang pasangan yang jarang melakukan hubungan seks. Ini merupakan hasil penelitian selama 10 tahun yang dilakukan di Skotlandia. Para peneliti menemukan bahwa mereka yang sering melakukan hubungan seks tak memiliki kerut sebanyak orang yang jarang melakukan hubungan seks. Kulit pun terasa lebih merata dan kenyal. Bisa jadi ini merupakan efek oxytocin, hormon yang terproduksi saat melakukan hubungan intim. Seks yang dilakukan di malam hari pun membantu seseorang tidur lebih nyenyak, dan merasa lebih segar di pagi harinya.

3. Alis mata tebal alami
Otak Anda mengasosiasikan alis mata yang tebal, hitam, dan terawat rapi. “Alis mata yang terlihat tipis dan jarang-jarang akan membuat wajah Anda terlihat tambah tua,” terang Damone Roberts, penata alis mata selebriti Hollywood. Jika Anda ingin membuat alis mata sedikit lebih tebal, disarankan untuk menggunakan eyeshadow warna coklat tua. Aplikasikan dengan kuas maskara yang sudah dicuci dan dikeringkan, lalu gunakan jari Anda untuk meratakannya. Upayakan untuk tidak membuat alis mata terlihat curam menukik ke atas, bisa-bisa Anda terlihat sedang marah. Ikuti saja alur alis mata alami Anda.

4. Highlight rambut
Mewarnai rambut untuk menutup uban yang mulai muncul-muncul memang akan membuat penampilan Anda terlihat lebih muda. Tetapi, jangan hanya berhenti dengan mewarnai rambut dengan warna hitam saja. Cobalah untuk melakukan highlight di sekitar wajah dengan 2 tone lebih muda dari warna asli rambut Anda. Selain membuat rambut Anda lebih bersinar dan sehat (tanda-tanda muda), hal ini juga akan memberikan warna cantik pada wajah Anda.

5. Kenakan bra yang tepat
Payudara akan kehilangan elastisitasnya seiring bertambahnya usia. “Ketika Anda merasa payudara terasa tak lagi sekencang dulu, coba cari bra yang memiliki penyangga di bagian dalam cup bra dan kawat penyangga yang baik. Atau lebih mudahnya, cari yang push up bra,” saran Susan Nethero, penulis Bra Talk: Myths and Facts. "Hal ini akan membantu membawa payudara Anda berada di garis letak yang seharusnya, yakni di pertengahan antara pundak dan sikut,” lanjut Nethero.

6. Manikur
Tanpa kita sadari, kerutan pada leher dan punggung telapak tangan adalah hal yang menunjukkan tanda-tanda penuaan. Biasanya, pada area-area tersebut kulit berkerut dan kendur, urat nadi menonjol, bintik-bintik hitam bermunculan. Untuk membuat orang tak terlalu memerhatikan tanda-tanda penuaan tersebut pada telapak tangan Anda, lakukan manikur. Pewarna kuku yang berwarna menarik atau cincin yang cantik akan mengalihkan pandangan orang dari tanda-tanda penuaan tadi.

7. Berhenti merokok
Merokok bisa membuat Anda terlihat dan merasa lebih tua dari umur sebenarnya. Merokok mengurangi usia wanita 14,5 tahun. Merokok pun bisa menambah tampang tua, seperti kerutan di sekitar mata dan bibir, juga warna keabuan pada kulit. Tak ada kata terlambat untuk berhenti merokok, bahkan jika Anda sudah lama merokok.

8. Cerahkan senyuman
Secara tak sadar, kita mengasosiasikan warna gigi yang tak cemerlang dengan usia matang. Enamel pada gigi umumnya akan berubah berwarna gelap seiring bertambahnya usia. “Sementara senyum cemerlang memberikan impresi kesehatan yang sehat dan muda,” terang Lauren Solomon, pengarang Image Matters! First Steps on the Journey to Your Best Self. Untuk mengurangi noda pada gigi, hindari makanan yang bisa merusak penampilan, seperti kopi, anggur merah, teh, dan rokok. Jangan lupa untuk menggosok gigi setidaknya 2 kali sehari.

9. Sinkronisasi
Tentu saja, yang terpenting adalah perawatan. Tak hanya lewat polesan dan trik-trik tadi, tapi juga dengan menyinkronisasi luar dalam. “Untuk selalu tampil awet muda, Anda harus memiliki hati yang bersyukur, pikiran positif, senyuman, dan penuh cinta. Sementara untuk fisik, jangan lupa makan makanan yang sehat, hindari lemak, dan menggunakan produk-produk perawatan kulit yang tepat dan cocok,” ujar Ira Wibowo dalam acara 7 Wanita 7 Inspirasi, sebagai Duta Olay Total Effects, Selasa (18/8).

Ira bersama Marissa Haque, Shahnaz Haque, Soraya Haque, Nola BE3, Widhi BE3, dan Cynthia BE3 sepakat bahwa mereka memerlukan bantuan produk pelembap untuk membantu mereka mendapatkan kulit yang lembap dan kencang. Pada acara tersebut, ketujuh Ambassador Olay mengakui bahwa mereka sudah menggunakan produk ini sejak lama, dan kini kulit mereka terbebas dari masalah 7 tanda penuaan (garis halus dan keriput, bintik hitam, pori-pori besar, kulit kering, kulit wajah kasar, warna kulit tak merata, dan kulit wajah kendur).

BUAT SOB DAN BRO JUGA SIS.......
MARI SALING MEMAAFKAN DENGAN DATANGNYA BULAN PENUH BERKAH BULAN SUCI RAMADHAN...

MET MENJALANKAN DAN MENUNAIKAN IBADAH PUASA , SEMOGA AMAL BAIK KITA DAPAT DITERIMA ..

AMIN...

Seni Musik Dayak



Alat Musik Sampe


Suku Dayak memiliki bermacam-macam alat musik, baik berupa alat musik petik, pukul dan tiup. Dalam kehidupan sehari-hari suku di pedalaman ini, musik juga merupakan sarana yang tidak kalah pentingnya untuk penyampaian maksud-maksud serta puja dan puji kepada yang berkuasa, baik terhadap roh-roh maupun manusia biasa. Selain itu musik alat-alat musik ini digunakan untuk mengiringi bermacam-macam tarian.

Seperti halnya dalam seni tari, pada seni musik pun mereka memiliki beberapa bentuk ritme, serta lagu-lagu tertentu untuk mengiringi suatu tarian dan upacara-upacara tertentu. Masing-masing suku memiliki kekhasannya sendiri-sendiri.

VAlat Musik Suku Dayak:

Alat Musik


Keterangan
Gendang

Ada beberapa jenis Gendang yang dikenal oleh suku Dayak Tunjung:

* Prahi
* Gimar
* Tuukng Tuat
* Pampong

Genikng

Sebuah gong besar yang juga digantungkan pada sebuah standar (tempat gantungan) seperti halnya gong di Jawa.
Gong

Sama seperti gong di Jawa, dengan diameter 50-60 cm
Glunikng

Sejenis alat musik pukul yang bilah-bilahnya terbuat dari kayu ulin. Mirip alat musik saron di Jawa.
Jatung Tutup

Gendang besar dengan ukuran panjang 3 m dan diameter 50 cm
Jatung Utang

Sejenis alat musik pukul dari kayu yang berbentuk gambang. Memiliki 12 kunci, tergantung dari atas sampai bawah dan dimainkan dengan kedua belah tangan.
Kadire

Alat musik tiup yang terbuat dari pelepah batang pisang dan memiliki 5 buah pipa bambu yang dibunyikan dengan mempermainkan udara pada rongga mulut untuk menghasilkan suara dengung.
Klentangan

Alat musik pukul yang terdiri dari enam buah gong kecil tersusun menurut nada-nada tertentu pada sebuah tempat dudukan berbentuk semacam kotak persegi panjang (rancak). Bentuk alat musik ini mirip dengan bonang di Jawa. Gong-gong kecil terbuat dari logam sedangkan tempat dudukannya terbuat dari kayu.
Sampe

Sejenis gitar atau alat musik petik dengan dawai berjumlah 3 atau 4. Biasanya diberi hiasan atau ukiran khas suku Dayak.
Suliikng

Alat musik tiup yang terbuat dari bambu. Ada beberapa jenis suliikng:

* Bangsi / Serunai
* Suliikng Dewa
* Kelaii
* Tompong

Taraai

Sebuah gong kecil yang digantungkan pada sebuah standar (tempat gantungan). Alat pemukul terbuat dari kayu yang agak lunak.
Uding (Uring)

Sebuah kecapi yang terbuat dari bambu atau batang kelapa. Alat musik ini dikenal juga sebagai Genggong (Bali) atau Karinding (Jawa Barat).

Sebanyak lima aksi demonstrasi akan digelar di berbagai tempat di wilayah DKI Jakarta, Rabu, dan seluruh unjuk rasa tersebut akan terjadi di wilayah Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan.

Menurut informasi dari Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya di Jakarta, Rabu pagi, aksi pertama dijadwalkan berlangsung di depan Istana Merdeka di Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, pada sekitar pukul 08.00 WIB.

Para peserta aksi itu berasal dari kelompok Dewan Pimpinan Pusat Forum Tenaga Honorer Sekolah Negeri Indonesia.

Mereka menuntut antara lain agar pemerintah dapat segera mengangkat mereka sebagai pegawai negeri sipil.

Aksi kedua rencananya dilakukan kelompok Solidaritas Nasional Peduli Tapanuli Tengah di depan Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, pada pukul 10.00 WIB.

Masih pada jam yang sama, unjuk rasa juga akan dilaksanakan oleh kelompok yang menamakan dirinya sebagai Gerakan Rakyat untuk Kemanusiaan dan Keadilan.

Unjuk rasa tersebut akan dilakukan di tiga tempat, yaitu di Bunderan Hotel Indonesia, Kedutaan Besar Malaysia, dan Departemen Luar Negeri.

Sementara itu, Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia juga akan melangsungkan aksi demonstrasi di Departemen Kelautan dan Perikanan di Jalan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, pada sekitar pukul 11.00 WIB.

Terakhir, unjuk rasa rencananya akan digelar oleh kelompok Gerakan Jakarta di empat tempat di Jalan Merdeka Barat, yaitu di Kementerian Negara Pembangunan Daerah Tertinggal, Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Departemen Perhubungan, dan Istana Merdeka, pada pukul 12.00 WIB.(mel)

M E R D E K A

Pengertian merdeka yang sebenarnya adalah kebebasan...
yakni kebebasan hidup sebagai manusia...yah manusia mempunyai hak yang mesti dijunjung yakni hak hidup.

Sebagai warga yang baru saja memperingati 64. tahun kemerdekaanya setelah dijajah selama 350..tahun

dan....apakah emang udah merdeka....????
sebelum merdeka pada tahun 1945 bangsa ini dijajah oleh bangsa asing,mereka merampas kebebasan dan hak hak hidup kita sebagai manusia...
pada 17 agustus 1945 bangsa ini memproklamirkan kemerdekaanya , hingga 64 tahun berjalan..dan....betulkah semua manusia yang ada di negeri yang udah merdeka ini telah mendapatkan hak yang paling mendasar mereka????......katanya sih...udah.....dan katanya kesejahteraan masyarakat negeri ini lagi dipikirin oleh pihak yang berkompeten di negeri ini,.......apa sekedar dipikirin ato di laksanakan......dan katanya udah dilaksanakan......????????
Tapi.......pernahkah kita melihat seseorang yang belum merdeka di negeri ini.....????? kalo bagi saya sih....sering......

dan pernahkah kita membaca Pancasila, pembukaan dan isi UUD 1945 sebagai dasar negeri ini......kalo pernah ....kayanya nggak cocok deh dengan realita ...dimana masih banyak orang orang yang nggak punya rumah,nggak bisa sekolah,nggak ada pekerjaan,...dan busung lapar karena kurang makan,...sementara banyak disekeliling mereka yang serba kecukupan . dan pernahkah anda mengetahui aset orang orang negeri ini di luar negri....melihat dari aset orang orang negeri ini di luar negri sepertinya mencerminkan sebuah kemakmuran bagi negeri ini.....tapi......???...)*)%@!%$^
dan taukah anda pada politik tanam paksa pada zaman belanda...?????....selama belanda menerapkan....mereka bisa lho,... melunasi hutangnya dan bahkan 35% income negeri itu pada masa politik tanam paksa dari negeri ini...dan kenapa masyarakat negri ini tidak bisa menikmati hasil dari tanah dan hak mereka....( sebagian lhoo..)
dan mengapa masih ada hasil negeri ini yang diperuntukan bauat bangsa lain....
....Tau deh......bodo amat....

dan pernahkah anda bayangkan dijajah selama 350 taoooooon.....ya pasti manusianya seumur umur menderita ye....dan itu adalah nenek dan kakek kita lho.....dan sampe sekarang kayanya masih tuh.......

Tau deh....

Hari ini,kemaren dan kemaren lagi mesti ada aja berita penggusuran di TV...padang,medan sampe ibukota...

yang paling mengharukan adalah sebuah penggusuran tempat ibadah di jatinegara, bukankah kita semua mengenal yang namanya pancasila, dan bukankah pancasila tersebut sebagai landasan bernegara dan bermasyarakat kita di negeri ini
kalo tidak salah nih...ada yang namanya ketuhanan yang maha esa..dan ada juga undang undang tentang kebebasan memeluk agama,dan disana diterangkan tentang beragama dan pemeluknya,dan pada kenyataanya kok nggak sesuai tuh dengan yang tertera dalam dasar negara dan undang undang......apakah lupa...ato bahkan nggak bisa baca ya.....
dan ada tuh yang namanya keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia, tapi kenyataanya belum adil deh, apa belom sempat....??? ato gimana sih.....

Tapi setiap pemilu kok kita semua dengar janji dan wacana yang kepentinganya untuk rakyat,...yah..emang manusia bersifat lupa dan kilaf.....tapi masa sih..kilaf dan lupa terus....

berkemungkinan disebabkan karena kurangnya wawasan dan pendidikan kali ye.....nah untuk itu penting bangets deh pendidikan ..khususnya baut yang memimpin....yang paling utama para pemimpin ato pihak yang berkompeten mesti pintar mbaca dulu deh...minimal baca aja dulu aturanya....dan kami mungkin masih bisa maklum kalo para ente ente..masih begok dan bodo...mungkin itu takdir ente....tapi ente kan telah berusaha....kami hargai kok....tapi bodonya jangan sampe taraf ideot dong....kan ente semua yang bilang sekolah gratis....ya ...sekolah aja lagiiiii.......

LANJUTKAN DEH........

Heri, remaja yang sejak dini sudah mencium gelagat tidak baik dari Saefudin Jaelani.

Lain Rizki, lain pula cerita Heri. Rizki merupakan remaja calon bomber yang sempat bertemu Ibrohim, salah satu otak pengeboman di hotel JW Marriott dan Ritz Carlton, dan diduga gagal direkrut Saefudin Jaelani. Heri, remaja yang sejak dini sudah mencium gelagat tidak baik dari Saefudin Jaelani.

"Saya sempat mau ikut dengan Dani dan Ustad Saefudin Jaelani," kata Heri saat pemakaman Dani Dwi Permana, bomber JW Marriott, di komplek pemakaman Telaga Kahuripan, Bogor, Jawa Barat, Rabu, 12 Agustus 2009 kemarin.

Heri merupakan salah satu dari 15 remaja yang diduga akan direkrut Saefudin Jaelani menjadi pengantin alias pelaku bom bunuh diri. Remaja berkacamata yang seumuran Dani ini sempat mencium gejala yang tidak baik di antara keduanya, Saefudin Jaelani dan Dani.

"Ketika saya melihat ada yang tidak beres dengan Pak Ustad, saya langsung menjauh," ujar Heri. Menurut Heri, sesuatu yang janggal itu misalnya seperti tiba-tiba ingin membawa dirinya ke Jakarta.

"Ngajak ke Jakarta untuk mencari sesuatu. Tapi waktu itu tidak ada ajakan jihad," kata Heri yang tak menyangka rekannya ternyata salah satu pelaku bom yang menewaskan sembilan orang dan melukai 55 lainnya itu.

Sebelumnya, menurut keterangan Wakijo, penjaga keamanan Telaga Kahuripan, Rizki sebenarnya ada di komplek ini. "Tetapi dia sangat syok dengan peristiwa ledakan bom. Apalagi pelakunya diketahui temannya sendiri, Dani," kata Wakijo kepada VIVAnews.

Diberitakan sebelumnya, Ustad SJ diduga mendekati 15 remaja untuk dijadikan calon pengantin. Tetapi hanya dua yang berhasil di boyong ke Jakarta untuk bertemu jaringan teroris yang diduga Ibrohim, yakni Rizki dan Dani.

Keduanya dibawa sepekan sebelum peristiwa ledakan di Hotel JW Marriott dan Ritz Carlton. Namun, beberapa hari sebelum terjadi ledakan, hanya Danni yang tidak kembali lagi.

Mantan Presiden RI Megawati Soekarno putri mengkritisi politik seniman Indonesia yang kurang menggali nilai dan khasanah budaya Indonesia sekarang ini.

"Indonesia sekarang ini mulai kering dengan nilai dan khasanah budaya, lain dengan jaman Bung Karno," katanya, Kamis dalam sambutan peluncuran buku "Pesta Obama di Bali" karya sastrawan Dr Nurinwa Ki S Hendrowinoto di Buddha Bar, Jl Teuku Umar No: 1.

Hadir pula dalam peluncuran buku tersebut, guru besar ITB Prof Jacob Sumardjo, Sastrawan Sitor Situmorang dan Jan Farid, selaku pemrakarsa. terlihat pula Sekjen PDIP Pramono Anung dan Taufik Kiemas, suami Megawati.

Mega menceritakan dulu jaman Bung Karno, dia selalu mengajak seluruh pelukis Indonesia untuk tampil, sehingga menghasilkan seniman-seniman kelas dunia.

"Dulu itu Bung Karno sering memanggil pelukis Affandi, S Sujono untuk tampil, demikian juga dengan Pramoedya Anantatoer, WS Rendra," tambahnya.

Namun sekarang ini, kata Megawati lagi, sangat jarang karya sastra Indonesia yang diadopsi ke bahasa Inggris. Sehingga Indonesia tak terlihat di dunia. Justru malah sebaliknya banyak karya sastra yang alih bahasakan ke bahasa Indonesia.

"Oleh karena itu, saya meminta karya sastra, Pesta Obama di Bali ini ditransliterasikan ke dalam bahasa Inggris," terangnya.

Dia mengaku agak terkejut saat diminta untuk memberikan pengantar bedah buku karya Nurinwa Hendrowinoto soal Pesta Obama di Bali tersebut. Namun setelah dijelaskan, dia memahami bagaimana kerja-kerja perempuan dalam kegiatan sosial, termasuk ibunya Obama, Ann Dunham.

"Ibunya Obama, Ann Dunham itu pernah memberikan pelajaran dan mengajar di sebuah desa di Bali. Akhirnya desa itu terus berjalan dan hidup," ungkapnya.

Sementara itu, Jan Farid, selalu penggagas peluncuran buku tersebut menilai gagasan Megawati untuk mengalibahasakan ke dalam bahasa Inggris sebagai bentuk kepedulian dia dalam mengembangkan karya sastra di Indonesia, termasuk mengembangkan budaya pada umumnya.

Dia menambahkan Megawati orang yang sangat concern terhadap urusan kebudayaan. Karena sejak kecil dia sudah dekat dengan para penari Istana. "Makanya Megawati tidak keberatan memberikan pengantar dalam acara bedah buku tersebut," ujarnya.

Jan Farid mengaku terpesona saat membaca novel "Pesta Obama di Bali", ketika ada seorang penari mendapat kekuatan dari realita sebenarnya, yakni jejak langkah Ann Dunham seorang wanita Amerika yang telah melahirkan Presiden Amerika Barack Obama. "Inilah yang menarik," pungkasnya.

Tim Kode Etik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih menunda pemeriksaan terhadap Ketua KPK non aktif Antasari Azhar meskipun Kapolri mengizinkan pemeriksaan dilangsungkan di ruang tahanan Polda Metro Jaya.

"Jadwal pemeriksaannya belum bisa diperkirakan, kita masih berkoordinasi," kata Wakil Ketua KPK Bibit Samad Rianto, usai menghadiri "workshop" etika bisnis di Indonesia yang digelar Indonesia Business Links (IBL) bekerjasama dengan Solidaritas Masyarakat Untuk Transparansi (Somasi) Nusa Tenggara Barat (NTB), di Mataram, Kamis.

Bibit mengakui, semula Tim Kode Etik KPK menjadwalkan pemeriksaan terhadap Antasari digelar pekan ini, namun ditunda karena berbagai alasan.

Pemeriksaan itu menyangkut dugaan pelanggaran etika yang dilakukan Antasari selama menjabat ketua KPK.

Saat ini, Antasari Azhar menjadi tahanan polisi karena diduga terlibat dalam kasus pembunuhan Direktur PT Putera Rajawali Banjaran, Nasrudin Zulkarnain, sehingga pemeriksaan dugaan pelanggaran etika itu dijadwalkan di ruang tahanan polisi.

"Kami masih berkoordinasi, tetapi sudah minta izin Kapolri dan kata beliau silahkan saja," ujarnya.

Seperti diketahui, pemeriksaan dugaan pelanggaran etika itu mengacu kepada informasi yang dihimpun tim pengawas internal KPK dari berbagai sumber termasuk dari Indonesia Corruption Watch (ICW).

Tim Pengawasan Internal KPK mengumpulkan data pendukung terkait dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan Antasari Azhar dalam pertemuan antara Antasari dengan pengusaha Anggoro Wijoyo yang telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.

Indonesia Corruption Watch pun telah melaporkan Antasari Azhar ke pimpinan KPK karena diduga melakukan sedikitnya 17 pelanggaran kode etik.

ICW juga mencantumkan sejumlah dugaan pelanggaran yang ditemukan dalam sejumlah dokumen, antara lain adalah pertemuan dengan pengusaha Anggoro Wijoyo. Perbuatan itu dianggap melanggar pasal 6 angka 1 huruf b, g, dan r Kode Etik KPK, serta pasal 36 UU KPK.

Jakarta - Selama ini Noordin M Top disebut-sebut sebagai gembong teroris di Indonesia. Namun ada fakta yang memberi bukti, Noordin dan Dr Azahari hanyalah pelaku lapangan yang dibayar. Siapa bos di belakang mereka?

Pengamat intelijen Wawan Purwanto membuat kesaksian yang mengejutkan dalam bukunya yang berjudul "Terorisme Undercover". Dalam buku setebal 404 halaman yang dilaunching 8 Agustus 2009 itu, Wawan membeberkan Noordin dan Dr Azahari hanya orang suruhan.

"Seminggu setelah peristiwa bom di Kedubes Australia, 9 September 2004, Noordin M Top dan Dr Azahari terlihat memasuki sebuah Kedubes di Jakarta. Keduanya lantas diberi uang ribuan dollar AS dari pihak Kedubes tersebut," tulis Wawan dalam bukunya.

Informasi tersebut didapatkan Wawan dari salah satu pendamping Noordin dan Azahari yang saat itu ikut ke Kedubes tersebut. Namun, saat dikonfirmasi kedubes mana yang dimasuki Noordin dan Azahari, Wawan tidak mau membocorkannya.

Hanya Wawan menegaskan, hal tersebut membuktikan adanya keterlibatan asing dalam terorisme di Indonesia. Menurut Wawan, kelompok teroris di Indonesia telah berafiliasi dengan beberapa kelompok teroris yang ada di sejumlah negara, terutama di wilayah Timur Tengah.

"Teror yang terjadi di Indonesia merupakan bagian dari teror global. Mereka bisa terus beraksi karena ada pasokan teknologi maupun dana dari luar negeri," tegas pendiri Lembaga Pengembangan Kemandirian Nasional (LKPN) tersebut.

Tindakan Azahari dan Noordin memperoleh uang juga membuktikan aksi yang dilakukan kedua gembong teroris sebenarnya ada pemesannya alias ada usernya. Siapa dia? Sampai saat ini hal itu masih menjadi misteri.

Dr Azahari telah tewas saat disergap petugas di Batu Malang, Jawa Timur, 9 November 2005. Sementara Noordin yang sempat diduga tewas di Temanggung, Jawa Tengah, masih buron.

Wawan mengingatkan meskipun polisi berhasil menggulung kelompok teroris yang membom Hotel JW Marriott dan Ritz-Carlton, teror bom belum akan berakhir. Teror itu tidak akan pernah berakhir jika pemerintah tidak berhasil mengungkap siapa user para teroris ini dan tidak membabat akar terorisme.

Wawan mengurai, jejak terorisme sulit dilepaskan dari keberadaan kelompok ideologis di Indonesia. Kelompok ideologis seperti Darul Islam (DI) telah ada sejak kemerdekaan RI diproklamirkan. "Saat itu mereka berulang kali merongrong keamanan negara dengan tujuan supaya negara Islam terbentuk dan syariat Islam dijalankan di NKRI," jelas Wawan.

Gerakan idelologis ini dapat dipatahkan saat pemerintahan Soekarno maupun Soeharto. Semasa Soeharto, organisasi DI maupun pecahannya terus dipantau ketat gerakannya. Sejumlah tokoh yang terlibat terus diawasi. Pembatasan ruang gerak ini membuat anggota-anggota DI dan jaringannya tidak berdaya. Mereka kemudian memilih hijrah ke negara tetangga, seperti Malaysia, Filipina, Afganistan, serta Pakistan.

Kelompok Islam radikal asal Indonesia itu kemudian mendapat pelatihan-pelatihan militer di Filipina, Afganistan maupun Pakistan. Selain berlatih ala militer mereka juga banyak yang terlibat peperangan di Afganistan maupun di Mindanao.

Nah, ketika reformasi terjadi di Indonesia, banyak dari kelompok radikal asal Indonesia yang pulang ke tanah air. Para mantan pejuang Mujahidin ini kemudian berkumpul kembali dan membentuk sebuah organisasi yang mereka beri nama Jamaah Islamiah (JI).

Tokoh-tokoh penting organisasi tersebut antara lain, Hambali, Umar Al Faruq, Azahari, Noordin M Top, Encep Nurjaman, Ali Imron, Imam Samudra, dan Muchlas.

Berbekal pengetahuan dan pengalaman yang didapat di Afganistan dan Minadanao, mereka kemudian berusaha memaksakan ideologi mereka di Indonesia. Masing-masing anggota yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia maupun Malaysia, kemudian membentuk jaringan dengan merekrut anggota-anggota baru.

Pola-pola gerakan mereka pasca pulang dari Afganistan dan Mindanao sudah berubah dibanding gerakan DI/TII. Mereka tidak bergerak secara terang-terangan, misalnya dengan melakukan pertempuran secara terbuka dengan aparat.

"Gerakan mereka sejak tahun 2000 beralih ke aksi bawah tanah dan teror bom. Pola seperti ini mereka dapat saat mereka berada di Timur Tengah," ujar wawan.

Ditambahkan Wawan, aksi-aksi teror itu selain untuk menunjukan eksistensi mereka, juga untuk menggalang para pengikut dari kalangan umat Islam yang berpikiran radikal dan kalangan awam. Itu sebabnya mereka menjadikan orang di luar Islam maupun kepentingan-kepentingan barat sebagai sasaran.

Namun, menurut pengamatan Wawan, aksi yang dilakukan para teroris saat ini sudah bergeser sasarannya. Mereka tidak hanya membidik orang asing atau kepentingan negara barat di Indonesia. Sekarang mereka sudah mengincar properti milik pemerintah, termasuk presiden RI.

"Informasi itu saya dapat sejak 3 tahun lalu. Jadi pernyataan Polri yang menyebutkan rumah SBY akan jadi sasaran itu bisa jadi benar. Karena para teroris menganggap pemerintah sudah menjadi antek AS,"pungkas Wawan. (ddg/iy)

Nama pria asal Malaysia, Noordin M Top tenar di Indonesia sebagai teroris. Noordin diduga ada di balik sejumlah kasus bom bunuh diri di Indonesia. Salah satu keahlian Noordin yang paling menonjol adalah kemampuannya merekrut calon bomber bunuh diri atau 'calon pengantin'.

Mengapa bomber dijuluki sebagai calon pengantin? Teman dekat Noordin M Top, Abu Wildan mengatakan istilah tersebut sesuai dengan keyakinan si bomber. "Karena dia akan meninggal dunia, kalau merasakan akan syahid, mungkin diterima disisi Allah, otomatis masuk ke surga firdaus," kata Abu Wildan seperti yang ditayangkan tvOne, Selasa 11 Agustus 2009.

Istilah 'calon pengantin' juga terkait imbalan yang dipercaya oleh bomber. "Di surga mereka akan disediakan bidadari-bidadari," tambah Abu Wildan.

Reputasi Noordin sebagai perekrut bom bunuh diri, dibenarkan Wildan. Noordin, tambah dia, adalah sosok yang tutur katanya bagus dan pintar berkata-kata. Wildan mengatakan tak ada unsur penipuan yang dikatakan Noordin pada para calon bomber bunuh diri.

"Tidak akan ditipu, diyakinkan seyakin-yakinnya, diberi tausiah dengan yakin. Bismilahlah, dia berangkat," tambah Wildan.

Dalam pengeboman Hotel JW Marriott dan Hotel Ritz Carlton pada Jumat 17 Juli 2009, jaringan Noordin berhasil merekrut dua 'calon pengantin' yakni Dani Dwi Permana (18), bomber Hotel JW Marriott dan Ikwan Maulana dari Pandeglang, bomber Hotel Ritz Carlton.

Kepala Kepolisian, Jenderal Bambang Hendarso Danuri mengatakan sesuai dengan keterangan tersangka Amir Ibrahim, ada dua orang yang sudah dipersiapkan sebagai bomber, yakni Ibrahim, florist di Hotel Ritz Carlton dan Yayan alias Gepeng. Sasarannya, Istana Negara dan kediaman Susilo Bambang Yudhoyono di Cikeas, Bogor, Jawa Barat.

Rencana ini digagalkan polisi dalam penggerebekan di Perumahan Puri Nusapala, Kelurahan Jati Luhur, Kecamatan Jati Asih, Bekasi, Sabtu 8 Agustus 2009 dini hari.

****

Bukan kali ini saja Noordin dan jaringannya merekrut para 'calon pengantin'. Berikut daftar para calon pengantin berdasarkan penelusuran VIVAnews:

Noordin dan jaringannya diyakini merekrut pelaku bom bunuh di Bali pada Bali 2002 yang menewaskan 202 orang, Iqbal alias Arnasan alias Lacong

Setahun kemudian, Noordin kembali merekrut pelaku bom bunuh diri di Hotel JW Marriott pada tahun 2003, Asmar Latin Sani serta Heri Golun, pelaku peledakan Kedutaan Besar Australia di Jakarta pada tahun 2004.

Demikian pula dengan tiga pelaku bom bunuh diri dalam peristiwa Bom Bali II tahun 2005. Muhammad Salik Firdaus dari Cikijing, Majalengka, Jawa Barat - pelaku peledakan di Kafé Nyoman, Misno alias Wisnu (30), dari Desa Ujungmanik, Kecamatan Kawunganten, Cilacap, Jawa Tengah - pelaku peledakan di Kafé Menega, dan Ayib Hidayat (25), dari Kampung Pamarikan, Ciamis, Jawa Barat.

Adapun mereka yang pernah mendapat gemblengan untuk aksi bunuh diri namun kemudian dibatalkan adalah Anif Solchanudin. Dia direkrut sebagai pelaku bom bunuh diri yang keempat untuk Bom Bali II. Dia ditangkap pada November 2005, dengan tuduhan menampung Noordin.

Kemudian Apuy — Syaiful Bahri– anggota Ring Banten dari Cigarung, Sukabumi, terlibat dalam bom Kedubes Australia 2004. Dia juga awalnya terpilih sebagai calon pelaku bom bunuh diri. Ditangkap November 2004 di Bogor, dijatuhi hukuman 10 tahun penjara, September 2005.

Nasib serupa juga dialami Chandra alias Farouk. Diduga awalnya dia direkrut untuk bunuh diri. Namun batal, dia hanya menampung Noordin dalam pelariannya.

Sebuah berita bagus dilansir oleh Bloomberg News. Survei yang dilakukan lembaga itu memprediksi bahwa Indonesia kemungkinan besar akan menjadi negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di Asia Tenggara.

Setelah, komoditas mencapai harga tertinggi sehingga mendongkrak pendapatan. Pemilihan presiden yang berjalan damai juga bakal mendongkrak belanja masyarakat dan investasi.

Survei Bloomberg News terhadap 17 ekonom mendapatkan data, Produk Domestik Bruto pada triwulan kedua mencapai 3,8 persen. Bandingkan dengan pertumbuhan pada triwulan pertama yang mencapai 4,4 persen.

Dengan asumsi ini Indonesia diprediksi sanggup bertahan di tengah resesi, sementara negara-negara di kawasan Asia lainnya banyak yang terpukul. Perekonomian Indonesia ditopang oleh konsumsi domestik daripada ekspor.

Berkaca pada pidato Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, ketika menyampaikan Rancangan Undang-Undang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2010 beserta nota keuangannya di Dewan Perwakilan Rakyat pekan lalu, menyatakan pertumbuhan ekonomi tahun depan lebih dari 5 persen.

Menurut ekonom regional senior Barclays Capital, Wai Ho Leong, harga komoditas yang kuat akan menguntungkan petani-petani skala kecil dan para pengusaha pertambangan.

“Populasi penduduk (Indonesia) sudah bisa melampaui saat-saat terburuk dalam badai krisis keuangan. Kebanyakan karyawan di bank dan perusahaan-perusahaan lainnya, umumnya memiliki kehidupan yang lebih baik,” kata Leong di Singapura.

Sementara itu, Badan Pusat Statistik (BPS) hari ini (10/8), merilis data pertumbuhan ekonomi pada triwulan kedua tahun ini mencapai 4 persen, turun dibandingkan pertumbuhan pada periode sama tahun lalu yang mencapai 4,4 persen (year on year).

Sedangkan bila dibandingkan dengan pertumbuhan pada kuartal pertama tahun ini, menurut Kepala Badan Pusat Statistik Rusman Heriawan, pertumbuhan pada kuartal kedua naik menjadi 2,3 persen (quater on quarter).

Rusman menambahkan, tiga sektor yang tumbuh tinggi pada triwulan kedua dibandingkan dengan triwulan pertama tahun ini adalah sektor listrik, gas, dan air bersih (8,1 persen), pengangkutan dan transportasi (4,7 persen), serta pertanian (3,5 persen).

Rusman menambahkan, Indonesia masih masuk tiga besar negara dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di dunia, setelah Cina yang tumbuh 7,5 persen dan India yang tumbuh 5,4 persen.

Dia menambahkan, target pertumbuhan ekonomi tahun ini sebesar 4-4,5 persen, dengan nilai nominal diperkirakan mencapai Rp 5.400 triliun hingga Rp 5.600 triliun, akan bisa terpenuhi.

Tanjungpinang - Sebagian masyarakat Kepulauan Riau bersiaga sepanjang malam menyaksikan siaran televisi swasta yang menyiarkan aksi penyergapan Desus 88 terhadap teroris yang diduga Noordin M Top.

Noordin bersembunyi di kediaman di Muhjuhri di RT 01/RW 07 Dukuh Beji Desa Kedu, Kabupten Temanggung, Jawa Tengah.

Anggota DPRD Kepulauan Riau, Yudi Carsana, Sabtu di Tanjungpinang, mengatakan, masyarakat berharap dapat menyaksikan penangkapan Noordin M Top, karena itu mereka tidak tidur malam.

"Masyarakat ingin mengetahui perkembangan penyergapan di rumah Muhjuhri. Mudah-mudahan yang ditangkap itu teroris yang ditakuti dan dibenci masyarakat," kata Yudi yang juga caleg Kepulauan Riau terpilih daerah pemilihan Kabupaten Bintan dan Lingga.

Dia mengaku sejak Jumat sore hingga sekarang masih menyaksikan aksi pengepungan kediaman Muhjuhri yang dilakukan Densus 88.

Bahkan rumah makan cepat saji yang buka selama 24 jam membuka program berita yang menyajikan aksi penyergapan yang dilakukan di rumah Muhjuhri.

"Saya bersama keluarga menonton televisi yang menyiarkan aksi penangkapan teroris di rumah Muhjuhri," ujarnya.

Hal yang sama disampaikan pakar politik Kepulauan Riau, Zamzami A Karim yang mengaku mengikuti perkembangan penyergapan teroris di Desa Kedu, Kabupten Temanggung.

Dia mengatakan, masyarakat menunggu kerja keras Densus 88 dalam menangkap teroris.

"Mudah-mudahan yang ditangkap itu benar-benar Noordin M Top," katanya.

Aksi penangkapan teroris di kediaman Muhjuhri diharapkan dapat menguak pelaku bom di dua hotel di Kuningan, Jakarta yang selama ini informasi yang berkembang dinilai masih simpang siur.

Menurut dia, informasi yang menyebar kepada masyarakat terkait aksi peledakan bom di hotel Ritz Carlton dan JW Marriott membentuk tiga opini yaitu peledakan bom dilakukan oleh teroris, peledakan bom terkait pemilu dan peledakan bom terkait kepentingan luar negeri yang berkeinginan mengacaukan stabilitas Indonesia.

"Kami ingatkan jangan salah tangkap. Kami juga berharap teroris yang ditangkap dipublikasikan," kata Zamzami.

Pasca penyerbuan, sejumlah tim identifikasi Mabes Polri mulai bekerja di rumah persembunyian teroris yang diduga Noordin M Top di Temanggung, Jawa Tengah (Jateng). Mereka terlihat mengidentifikasi sesuatu yang kemungkinan besar sesosok mayat.

Para petugas indetifikasi itu terlihat berkumpul di bagian belakang rumah milik Mohzari di Desa Beji, Kelurahan Kedu, Temanggung, Jawa Tengah, Sabtu (8/8/2009). Mereka mengamati sesuatu yang digeletakkan di bawah.

Tidak terlalu jelas, benda apa yang sedang diamati oleh para petugas identifikasi tersebut. Sebab para wartawan, termasuk detikcom, hanya bisa memantau dalam jarak 30 meter.

Namun yang pasti, saat mendatangi rumah tersebut, petugas identifikasi membawa dua buah kantong mayat berwarna oranye.

Ismunarso, Bupati Situbondo terbukti bersalah dalam kasus korupsi APBD Situbondo tahun 2005-2007. Majelis hakim menjatuhkan vonis 9 tahun penjara.

"Terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama dan berlanjut," kata ketua majelis hakim Gus Rizal saat membacakan putusannya di Pengadilan Tipikor di Jakarta, Rabu (5/8).

Selian itu, Ismunarso juga diwajibkan membayar uang denda Rp 150 juta subsider 6 bulan dan uang pengganti Rp 756 juta.

Ismunarso terbukti bersalah karena memindahkan rekening APBD 2005 sebesar Rp 8 milyar dari BPD Jatim ke rekening Deposito On Call (DOC) Bank BNI 46. Bunga di DOC tersebut justru tidak diserahkan kepada kas daerah.

Akibat ulahnya, negara merugi hingga mencapai Rp 43,7 miliar. Ismunarso terbukti melanggar pasal 2 ayat (1) UU No 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah menjadi UU No 20 Tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi.

Vonis ini lebih ringan 1 tahun dari tuntutan jaksa penuntut umum (JPU). Ismunarso sebelumnya dituntut oleh jaksa selama 10 tahun penjara serta denda Rp 300 juta subsider 3 bulan.

JAKARTA - Testimoni Antasari Azhar merupakan pernyataan yang perlu dipertanggungjawabkan dan bukan hanya dianggap sebagai pembelaan diri semata.

Demikian dikatakan anggota Komisi III DPR, Agun Gunandjar Sudarsa di Gedung DPD, Senayan, Jakarta, Jumat (7/8/2009).

"Saya prihatin mendalam melihat kondisi KPK saat ini meski ada pengakuan dari Antasari Azhar, pernyataan itu harus dipertanggungjawabkan. Saya salut jika ketua KPK nonaktif ini dapat membuktikan semua bukti dari pernyataannya," tutur Agun.

Anggota aktif Partai Golkar ini juga menilai bahwa kasus semula yang menyeret Antasari, yakni kasus pembunuhan Dirut PT Putra Rajawali Banjaran Nasrudin Zulkarnaen ini telah bergeser menjadi kasus korupsi di komisi antikorupsi itu.

"Ini yang harus dibuktikan oleh KPK. Jika merasa tidak benar tentu dapat dibawa ke meja persidangan dan diproses sehingga pernyataan dari Antasari Azhar dapat dituntut dan dipidanakan kalau memang tidak benar," tegasnya.

Meski begitu, Agung yakin kinerja keempat pimpinan KPK yang menggantikan posisi sementara Antasari masih optimal, meski tanpa Ketua KPK. (mbs)

dan sebenarnya pasti ada 2 kemungkinan:
1. emang pejuang
2. ato biar bisa ngajak temen2 ngumpul bareng nih..

jawabanya adalah tidak perlu...

Ilmu politik ato politik adalah sesuatu untuk mendapatkan kekuasaan,,, begitu deh kira kira kesimpulanya..
dari jawaban diatas kita ambil sebuah kesimpulan bahwa..negara kita adalah sebuah negara yang mana kekuasaan tertinggi ada di tanganh rakyat, yang mana rakyat memilih seorang pemimpin,yang dinamakan presiden. dan negeri ini adalah sebuah negeri yang mana kekuasaanya adalah amanat dari rakyat negeri ini..dan...

Apakah yang perlu kita pelajari ato..ketahui..

yang perlu kita pelajari ato mesti kita ketahui adalah Undang Undang...dimana undang undang di negeri ini telah diatur untuk rakyat negeri ini...dimana didalam undang undang tersebut telah disebutkan hak dan kewajiban sebagai warga negara, mulai dari A sampe Z ada kok.....tapi kenyataanya...kita belum memahami secara sepenuhnya undang undang tersebut sehingga bangsa kita masih saja disetir oleh yang namanya elite....yaitu para bangsath yang membodohi orang banyak...

jadi kesimpulanya..adalah..
1.. nggak perlu bicara politik
2.. mesti memahami UU yang telah ditetapkan
3.. bicara hanya realita aja...
4.. ...................Gampang kan...

Jum'at, 7 Agustus 2009 - 10:24 wib

(Foto: Hasiolan Siahaan/Koran SI).

JAKARTA - Setelah dikejutkan dengan meninggalnya Mbah Surip, dunia seni kembali dikejutkan dengan meninggalnya penyair ternama WS Rendra, setelah dirawat cukup lama di rumah sakit selama dua bulan terakhir.

Pria yang memiliki nama asli Willibrordus Surendra Broto Rendra ini lahir di Solo, Jawa Tengah, 7 November 1935 dan wafat pada umur 73 tahun. Pria kerap dipanggil sebagai Si "Burung Merak".

Rendra kecil merupakan anak dari pasangan R. Cyprianus Sugeng Brotoatmodjo dan Raden Ayu Catharina Ismadillah. Ayahnya adalah seorang guru Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa pada sekolah Katolik, Solo, di samping sebagai dramawan tradisional. Sedangkan ibunya adalah penari serimpi di keraton Surakarta. Masa kecil hingga remaja Rendra dihabiskannya di kota kelahirannya.

Bakat sastra mantan mahasiswa tidak tamat di Fakultas Sastra dan Kebudayaan, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta ini sudah terlihat saat dia duduk di bangku SMP. Saat itu dia sudah menunjukkan kemampuannya menulis puisi, cerita pendek, dan draman untuk berbagai kegiatan di sekolahnya.

Pertama kali mempublikasikan puisinya di media massa dia lakukan di tahun 1952 di majalah Siasat. Setelah itu, sejumlah puisinya pun kerap muncul di berbagai majalah seperti Kisah, Seni, Basis, Konfrontasi, dan Siasat Baru.

Untuk drama, karya pertama kalinya adalah "Kaki Palsu" yang dia pentaskan ketika SMP. Drama yang dia pentaskan di bangku SMA, "Orang-orang di Tikungan Jalan" adalah drama pertama kalinya yang mendapatkan penghargaan dan hadiah dari Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan kebudayaan, Yogyakarta.

Karya Rendra juga tak hanya dikenal di dalam negeri. Banyak juga karyanya yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa asing, seperti bahasa Inggris, Belanda, Jerman, Jepang, dan India.

Selain itu, dia juga aktif mengikuti festival-festival di luar negeri, di antaranya The Rotterdam International Poetry Festival (1971 dan 1979), The Valmiki International Poetry Festival, New Delhi (1985), Berliner Horizonte Festival, Berlin (1985), The First New York Festival Of the Arts (1988), Spoleto Festival, Melbourne, Vagarth World Poetry Festival, Bhopal (1989), World Poetry Festival, Kuala Lumpur (1992), dan Tokyo Festival (1995).

Rendra sempat mendirikan grup teater di Yogyakarta di tahun 1961, tapi grup tersebut berhenti karena Rendra berangkat ke Amerika. Baru, sepulangnya dari negeri paman sam di tahun 1968, dia mendirikan grup teater bernama Bengkel Teater yang bertempat di Pancoran Mas, Depok.

Berikut karya-karya WS Rendra semasa hidup:

Drama:

1. Orang-orang di Tikungan Jalan (1954)
2. Bip Bop Rambaterata (Teater Mini Kata)
3. SEKDA (1977)
4. Selamatan Anak Cucu Sulaiman (dimainkan 2 kali)
5. Mastodon dan Burung Kondor (1972)
6. Hamlet (terjemahan dari karya William Shakespeare, dengan judul yang sama)- dimainkan dua kali
7. Macbeth (terjemahan dari karya William Shakespeare, dengan judul yang sama)
8. Oedipus Sang Raja (terjemahan dari karya Sophokles, aslinya berjudul "Oedipus Rex")
9. Lisistrata (terjemahan)
10. Odipus di Kolonus (Odipus Mangkat) (terjemahan dari karya Sophokles,
11. Antigone (terjemahan dari karya Sophokles,
12. Kasidah Barzanji (dimainkan dua kali)
13. Perang Troya Tidak Akan Meletus (terjemahan dari karya Jean Giraudoux asli dalam bahasa Prancis: "La Guerre de Troie n'aura pas lieu")
14. Panembahan Reso (1986)
15. Kisah Perjuangan Suku Naga (dimainkan 2 kali).

Puisi:

1. Balada Orang-Orang Tercinta (Kumpulan sajak)
2. Bersatulah Pelacur-Pelacur Kota Jakarta
3. Blues untuk Bonnie
4. Empat Kumpulan Sajak
5. Jangan Takut Ibu
6. Mencari Bapak
7. Nyanyian Angsa
8. Pamphleten van een Dichter
9. Perjuangan Suku Naga
10. Pesan Pencopet kepada Pacarnya
11. Potret Pembangunan Dalam Puisi
12. Rendra: Ballads and Blues Poem (terjemahan)
13. Rick dari Corona
14. Rumpun Alang-alang
15. Sajak Potret Keluarga
16. Sajak Rajawali
17. Sajak Seonggok Jagung
18. Sajak Seorang Tua tentang Bandung Lautan Api
19. State of Emergency
20. Surat Cinta

Salah satu putra terbaik bangsa ini telah pergi, beliau tidak hanya budayawan dan seniman , tapi juga seorang tokoh yang sangat nasionalis dan begitu cinta pada bangsa ini. dan semoga akan hadir burung burung merak yang lain yang rela berjuang demi negeri tercinta ini..............Amiin...

Jakarta: Sidang sengketa hasil Pemilihan Umum Presiden 2009 akan digelar Mahkamah Konstitusi di Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (4/8), pukul 14.00 WIB. Sebagai pihak pemohon adalah pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Jusuf Kalla-Wiranto dan Megawati Sukarnoputri-Prabowo Subianto. Sementara pihak Komisi Pemilihan Umum sebagai termohon.


Anggota tim sukses pasangan Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono, Ruhut Sitompul, sudah terlihat hadir di Gedung MK sejak pagi tadi. Di persidangan ini, kubu SBY-Boediono juga dipanggil sebagai pihak terkait. Menyinggung gugatan kubu JK-Win dan Mega-Pro, Ruhut mengatakan pihak SBY-Boediono juga dirugikan.

Kubu JK-Win dan Mega-Pro mengajukan gugatan hasil pemilihan presiden yang dinilai banyak kecurangan. Pihak JK-Win mengajukan bukti kecurangan, yakni salinan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dari KPU, dan pengurangan sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di kantong-kantong JK-Win. Selain itu, kubu JK-Win juga mengajukan bukti adanya pemilih ganda, dan pencontrengan satu orang untuk banyak orang [baca: Hari ini Tim Mega-Prabowo ke MK].(AIS/LUC)

Bom bunuh diri JW Marriott dan The Ritz Carlton (17/7/2009) menyisakan beragam kegelisahan. Selain telah melahirkan stigma membawa Islam sangat dekat dengan teroris, peristiwa tersebut kian memosisikan bangsa ini dalam zona subordinat di tengah bangsa-bangsa di dunia.

Bangsa ini dianggap sebagai negara rawan teror dan pada gilirannya terkesan menakutkan bagi siapa pun yang ingin berkunjung. Dampaknya tak sekadar traumatis, melainkan berefek pula pada kian rapuhnya bangunan sosial-ekonomi dalam skala mikro maupun makro.

Berkembang pelbagai asumsi, nama-nama seperti Noordin M Top serta Nur Hasbi dan Ibrahim bersinggungan dengan pesantren. Asumsi tersebut telah melahirkan stigma pesantren dekat dengan teroris. Apakah memang demikian? Tulisan ini bermaksud untuk menegasi asumsi dan stigma tersebut.

Kontestasi Kebenaran

Jika benar bahwa stimulasi ideologisnya adalah Islam, para pelaku bom bunuh diri melegitimasi diri sebagai orang-orang yang berjihad di jalan Allah (al-jihad fi Sabilillah). Dari sini secara sepintas muncul penilaian terhadap Islam yang berpretensi negatif.

Islam lantas dipandang sebagai agama yang stereotip dan stigmatis. Stigmatisasi terhadap Islam sebagai agama teror sesungguhnya telah muncul sejak beberapa dekade lalu sebagai bagian dari pertarungan wacana nilai antara Barat dan Timur. Hal ini paling tidak telah menjadi kritik yang dilontarkan oleh seorang pemikir Palestina yang tinggal di Amerika Serikat, Edward William Said, dalam karya monumentalnya The Orientalism.

Said dan sarjana muslim lain menilai adanya kesengajaan labelisasi negatif terhadap Islam sebagai tahap lanjut penjajahan pola pikir. Namun sarjana lain semisal Fazlur Rahman membenarkan adanya potensi radikalisme dalam ajaran Islam, tergantung dari sisi mana Islam digali dan didalami, laiknya ajaran agama lain yang selalu menyimpan saripati eksklusivitas di dalam dirinya (pembenaran sepihak). Pada posisi demikian, mendalami Islam mesti menyadari adanya dua potensi berbeda. Potensi pertama menampakkan sisi "keras".

Dia lebih banyak diwarnai rona konfliktual dalam konteks tarik ulur klaim kebenaran. Hampir semua agama mempunyai sejarah kelam ini. Kontestasi klaim kebenaran ini pada gilirannya mendorong sebagian kelompok agama menyandarkan perilakunya kepada perintah Tuhan. Inilah yang juga terjadi di kalangan muslim beraliran "keras" yang menjustifikasi bom bunuh diri sebagai bagian dari perang suci melawan kaum kafir. Hal seperti ini juga terjadi pada agama-agama lain.

Potensi kedua mendedahkan sisi "lunak"di mana substansi ajaran selalu dimuarakan pada optimisme berkehidupan dengan penonjolan nilai-nilai humanisme, penghargaan atas perbedaan dan kerukunan. Dialog menjadi salah satu metode penting dalam hal menyikapi pelbagai kontradiksi ajaran. Dialog dianggap sebagai sebuah elegansi mencari substansi kebenaran tanpa ada kekerasan seperti dalam elegansi tutur sapa Alquran wa jaadil hum billati hiya ahsan (berdebatlah dengan santun untuk orientasi kebaikan).

Tarik ulur antara sisi "keras" dan sisi "lunak" telah mendominasi khazanah Islam dari zaman dahulu, baik dalam konteks hukum (al-ahkam al-fiqhiyah), keyakinan (al-aqidah al-islamiyah) maupun dalam hal eksplorasi spiritualitas (at-tashawwuf). Dalam hal penafsiran Alquran, misalnya, terdapat dominasi dua kutub yang saling dipertentangkan, yaitu antara pihak salafi dengan khalafi, demikian seterusnya.

Para pelaku bom, dalam segala modusnya, menganut sisi "keras" dalam ajaran Islam ini. Apapun pilihan penggalian ajaran semuanya tidak ada yang salah. Namun, yang tidak dibenarkan adalah pilihan gerakan mengimplementasi ajaran dalam bentuk yang justru kontraproduktif dengan kemanusiaan.

Faktor Pendidikan Islam

Penyikapan kehidupan dalam domain apa pun tak dapat dilepaskan dari basis pendidikan semenjak kecil sebagai bentuk dari internalisasi nilai keagamaan.

Sejarah keberagamaan di Indonesia mencatat bahwa dunia pesantren telah banyak memberi kontribusi besar hadirnya para syuhada pembela Tanah Air sebagai pasukan berani mati untuk kemerdekaan Indonesia. Keberanian berjihad membela Tanah Air memang tak dapat dilepaskan dari doktrin yang diajarkan oleh para ustaz dan kiai di pesantren. Di titik ini terpahami bahwa pendidikan menjadi faktor utama pembentukan karakter.

Memang masih ada sedikit pesantren yang mengajarkan pola pendidikan dengan metode ceramah yang cenderung dogmatis dan hitam-putih tanpa memberikan alternatif pilihan lain. Berbagai faktor inilah yang mungkin menjadi salah satu alasan penting mengapa Ngruki mampu melahirkan alumni yang "berbeda". Warna "keras" ini semakin kentara ketika berlangsung pembelajaran dengan merujuk karya tokoh "keras" Islam yang lahir di era "kegelapan" Islam dan kolonialisasi Eropa yang tentunya sangat mempengaruhi karakter santri.

Di antara kitab itu adalah Tarbiyah Jihadiyah, Jundullah, Ma'alim fi al-Thariq, Al-Wala' wa al- Bara', dan lain-lain. Atau pemikiran tokoh pergerakan Islam akhir abad ke-19 semacam Fathi Yakan, Sayyid Qutb, Hassan al-Banna, Said Salim al-Qahthani, Ibn Taimiyyah, Abdullah Azzam, Jamaludin Alafghani, dan sejenisnya. Nah, sebagai perimbangan wacana keras dalam pesantren, desain pendidikan agama, baik di pesantren maupun pendidikan umum, mutlak diberi substansi nilai humanisme, kerukunan, penghargaan atas perbedaan dan pembiasaan dialog.

Dalam tradisi ilmiah pesantren NU terdapat istilah bahtsul masail, kajian berupa diskusi (dialog) membahas beragam fenomena kehidupan dikupas dalam perspektif agama. Ini menjadi alternatif tradisi yang bisa ditumbuh-kembangkan terus-menerus. Pengenalan dan internalisasi nilai Islam rahmatan lil ?alamin atau biasa disebut dengan Islam moderat seperti yang dilaksanakan oleh pesantren di lingkungan Nahdlatul Ulama perlu dikembangkan.

Pesantren-pesantren tersebut selalu mengembangkan nilai humanisme dan nasionalisme yang, paling tidak, terdapat tiga komponen substansi Islam yang niscaya dipahami. Pertama, ukhuwah basyariyah (persaudaraan antarmanusia). Islam menganggap bahwa seluruh umat manusia, tanpa harus membedakan suku, ras,warna kulit dan bahkan agama, adalah saudara yang harus dilindungi dan saling melindungi. Islam mengharamkan penganiayaan terhadap orang lain di luar Islam dan meniscayakan hormat-menghormati dan toleransi.

Kedua, ukhwah wathaniyah (persaudaraan antarbangsa). Kerja sama antarbangsa mesti dijalin sebaik mungkin dalam rangka menuju perdamaian dan kesejahteraan dunia. Hubungan bangsa-bangsa ini tanpa membedakan latar belakang agama bangsa tersebut. Demarkasi kultural, teologis, dan struktural, pada wilayah ini musti didialogkan dan diupayakan pola relasi saling menguntungkan satu dan lainnya. Ketiga, ukhuwah Islamiyah (persaudaraan antarumat Islam). Sejarah peradaban Islam diwarnai oleh perbedaan corak pandang keberagamaan, baik domain teologi, hukum maupun spiritualitas.

Perbedaan tersebut memang kerap menimbulkan ketegangan di internal umat Islam. Namun tak sedikit pula ketegangan dan perbedaan itu dapat diselesaikan dengan damai dan musyawarah (dialog). Pada akhirnya, memahami substansi ajaran Islam dengan niat menemukan kebenaran dan persinggungan rabbani (ketuhanan) mutlak dilakukan dengan saling membuka diri dan membuka hati agar tidak "salah kaprah" memahami ajaran Islam dari perspektif kekerasan dan antihumanisme.

Pembelajaran nilai Islam rahmat dalam sistem pendidikan Islam diharapkan menjadi terapi bagi konstruksi Islam antiteroris. Wallahu a'lam.(*)

Dr Ali Masykur Musa
Anggota FPKB DPR RI dan Ketua Umum Keluarga Alumni Universitas Jember

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda