Blogger Template by Blogcrowds

Seni Musik Dayak



Alat Musik Sampe


Suku Dayak memiliki bermacam-macam alat musik, baik berupa alat musik petik, pukul dan tiup. Dalam kehidupan sehari-hari suku di pedalaman ini, musik juga merupakan sarana yang tidak kalah pentingnya untuk penyampaian maksud-maksud serta puja dan puji kepada yang berkuasa, baik terhadap roh-roh maupun manusia biasa. Selain itu musik alat-alat musik ini digunakan untuk mengiringi bermacam-macam tarian.

Seperti halnya dalam seni tari, pada seni musik pun mereka memiliki beberapa bentuk ritme, serta lagu-lagu tertentu untuk mengiringi suatu tarian dan upacara-upacara tertentu. Masing-masing suku memiliki kekhasannya sendiri-sendiri.

VAlat Musik Suku Dayak:

Alat Musik


Keterangan
Gendang

Ada beberapa jenis Gendang yang dikenal oleh suku Dayak Tunjung:

* Prahi
* Gimar
* Tuukng Tuat
* Pampong

Genikng

Sebuah gong besar yang juga digantungkan pada sebuah standar (tempat gantungan) seperti halnya gong di Jawa.
Gong

Sama seperti gong di Jawa, dengan diameter 50-60 cm
Glunikng

Sejenis alat musik pukul yang bilah-bilahnya terbuat dari kayu ulin. Mirip alat musik saron di Jawa.
Jatung Tutup

Gendang besar dengan ukuran panjang 3 m dan diameter 50 cm
Jatung Utang

Sejenis alat musik pukul dari kayu yang berbentuk gambang. Memiliki 12 kunci, tergantung dari atas sampai bawah dan dimainkan dengan kedua belah tangan.
Kadire

Alat musik tiup yang terbuat dari pelepah batang pisang dan memiliki 5 buah pipa bambu yang dibunyikan dengan mempermainkan udara pada rongga mulut untuk menghasilkan suara dengung.
Klentangan

Alat musik pukul yang terdiri dari enam buah gong kecil tersusun menurut nada-nada tertentu pada sebuah tempat dudukan berbentuk semacam kotak persegi panjang (rancak). Bentuk alat musik ini mirip dengan bonang di Jawa. Gong-gong kecil terbuat dari logam sedangkan tempat dudukannya terbuat dari kayu.
Sampe

Sejenis gitar atau alat musik petik dengan dawai berjumlah 3 atau 4. Biasanya diberi hiasan atau ukiran khas suku Dayak.
Suliikng

Alat musik tiup yang terbuat dari bambu. Ada beberapa jenis suliikng:

* Bangsi / Serunai
* Suliikng Dewa
* Kelaii
* Tompong

Taraai

Sebuah gong kecil yang digantungkan pada sebuah standar (tempat gantungan). Alat pemukul terbuat dari kayu yang agak lunak.
Uding (Uring)

Sebuah kecapi yang terbuat dari bambu atau batang kelapa. Alat musik ini dikenal juga sebagai Genggong (Bali) atau Karinding (Jawa Barat).

Sebanyak lima aksi demonstrasi akan digelar di berbagai tempat di wilayah DKI Jakarta, Rabu, dan seluruh unjuk rasa tersebut akan terjadi di wilayah Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan.

Menurut informasi dari Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya di Jakarta, Rabu pagi, aksi pertama dijadwalkan berlangsung di depan Istana Merdeka di Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, pada sekitar pukul 08.00 WIB.

Para peserta aksi itu berasal dari kelompok Dewan Pimpinan Pusat Forum Tenaga Honorer Sekolah Negeri Indonesia.

Mereka menuntut antara lain agar pemerintah dapat segera mengangkat mereka sebagai pegawai negeri sipil.

Aksi kedua rencananya dilakukan kelompok Solidaritas Nasional Peduli Tapanuli Tengah di depan Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, pada pukul 10.00 WIB.

Masih pada jam yang sama, unjuk rasa juga akan dilaksanakan oleh kelompok yang menamakan dirinya sebagai Gerakan Rakyat untuk Kemanusiaan dan Keadilan.

Unjuk rasa tersebut akan dilakukan di tiga tempat, yaitu di Bunderan Hotel Indonesia, Kedutaan Besar Malaysia, dan Departemen Luar Negeri.

Sementara itu, Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia juga akan melangsungkan aksi demonstrasi di Departemen Kelautan dan Perikanan di Jalan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, pada sekitar pukul 11.00 WIB.

Terakhir, unjuk rasa rencananya akan digelar oleh kelompok Gerakan Jakarta di empat tempat di Jalan Merdeka Barat, yaitu di Kementerian Negara Pembangunan Daerah Tertinggal, Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Departemen Perhubungan, dan Istana Merdeka, pada pukul 12.00 WIB.(mel)

Postingan Lebih Baru Postingan Lama Beranda