Blogger Template by Blogcrowds

akarta - Pengacara Antasari Azhar, Juniver Girsang, yakin bahwa kliennya tidak terlibat dalam skenario pembunuhan Direktur PT Putra Rajawali Banjaran (PRB) itu. Dia menduga ada pihak tertentu yang memperalat dan memanfaatkan situasi tersebut.

"Ada pihak lain yang harus bertanggung jawab, ada pihak lain yang memanfaatkan dan memperalat Pak Antasari," ujar Juniver Girsang saat dihubungi wartawan, Kamis (14/5/2009).

Menurutnya, tuduhan terhadap kliennya sebagai intellectual dader atau otak intelektual atas pembunuhan Nasrudin itu tidak logis. Sebab Antasari sendiri pernah meminta perlindungan Kapolri atas teror dari Nasrudin terhadapnya.

"Terus terang dari hasil investigasi kami, tidak logis orang yang minta perlindungan hukum melakukan pelanggaran hukum," jelasnya.

Selang beberapa hari setelah ditangkapnya Nasrudin dan Rhani di Kendari, Sulawesi Tenggara, Nasrudin kembali bersikap baik terhadap Antasari. Menurutnya, sangat tidak relevan jika kliennya dituduh sebagai otak pembunuhan Nasrudin.

Dari perunutan peristiwa tersebut, pihaknya melihat jelas ada yang memanfaatkan kelemahan Antasari dalam situasi tersebut.

"Bagaimana mungkin dituduh pelaku utama sedangkan beliau sudah laporkan hal itu (ancaman Nasrudin) ke Kapolri? Jika ada yang memanfaatkan situasi seperti ini, itu harus dikaji," tutupnya. (mei/sho)

Riga - Seni budaya dan kerajinan tangan Indonesia dari Kabupaten Sleman (Yogyakarta) akan dipamerkan di Museum of Foreign Art Latvia. Pameran bertajuk The Days of Culture and Handicraft of Indonesia itu digelar selama 7 hari (16-22/5/2009) berturut-turut!

Pameran seni budaya dan kerajinan tangan Indonesia tersebut adalah hasil kerjasama KBRI Stockholm, Pemda Kabupaten Sleman dan Museum of Foreign Art Latvia di Riga, ibukota Latvia. "Dan pameran ini untuk pertama kalinya dilaksanakan di Republik Latvia," demikian penuturan Korfungsi Pensosbud Dody Kusumonegoro kepada detikcom hari ini.

Berbagai tarian klasik Jawa akan dipagelarkan oleh para penari dari Kabupaten Sleman serta dari KBRI Stockholm sendiri pada acara pembukaan.

Selain itu selama pameran berlangsung juga ada presentasi mengenai Batik Indonesia dan peragaan pembuatan membatik akan didemonstrasikan oleh pembatik, yang khusus didatangkan dari Sleman. Ini sekaligus dikombinasikan dengan promosi pariwisata Indonesia, meliputi wisata alam, budaya, petualangan, leisure serta berbagai fasilitas akomodasi pariwisata lainnya yang terdapat di berbagai wilayah di tanah air.

Menurut rencana pameran ini akan diliput oleh berbagai media cetak dan elektronik Latvia, termasuk beberapa saluran Televisi Latvia. Sebuah layar besar juga akan dibangun di Castle Square sehingga publik dapat pula mengikuti acara pagelaran seni yang dilangsungkan di dalam arena Museum.

Selama pameran berlangsung berbagai film mengenai seni budaya dan potensi alam Indonesia akan ditampilkan di layar tersebut.

Sehari sebelum pembukaan yaitu pada 15/5/2009 akan diselenggarakan konferensi pers mengenai pameran dimaksud kepada media massa setempat untuk memberikan informasi lebih jauh mengenai tujuan pameran dan berbagai kegiatan dan acara yang akan dilangsungkan selama pameran berlangsung.

Meningkat

Dody menjelaskan, pelaksanaan pameran ini menandai peningkatan hubungan Indonesia dan Latvia di bidang seni budaya dan pariwisata serta untuk meningkatkan pemahaman masyarakat Latvia mengenai rakyat Indonesia dan kebudayaannya.

Dikatakan bahwa dalam 3 tahun terakhir terlihat peningkatan minat berarti terhadap Indonesia di kalangan masyarakat Latvia, termasuk meningkatnya kunjungan wisatawan Latvia ke Indonesia, yang berdasarkan informasi pelaku wisata Latvia naik lebih dari 100% di 2008 dibandingkan tahun sebelumnya.

KBRI Stockholm pada bulan lalu juga telah melakukan seminar mengenai demokrasi dan perkembangan politik Indonesia dengan pembicara Dr. Hariyadi Wirawan dari Universitas Indonesia (UI) dan dihadiri oleh ratusan peserta.

Pemerintah Indonesia terus meningkatkan promosi hubungan dengan Latvia yang mempunyai peran penting di kawasan Baltik dan sebagai salah satu anggota UE.

Indonesia membuka hubungan diplomatik dengan Latvia pada 25/8/1993 dan KBRI Stockholm diakreditasikan untuk Latvia. Sementara itu, Latvia telah menunjuk 2 Konsul Kehormatannya di Jakarta dan Bandung sejak tahun lalu.
..cinhtailah produk negeri sendiri ..maju terus bangsaku ....










Kamis, 14/05/2009 14:09 WIB

Irwan Nugroho - detikNews
Jakarta - Vonis penjara 20 tahun bagi jaksa yang terlibat kasus suap BLBI, Urip Tri Gunawan, sudah memiliki kekuatan hukum tetap. Urip pun segera dipecat oleh Kejaksaan Agung (Kejagung).

"Bagian pengawasan sedang mempersiapkan untuk itu (pemecatan)," kata Kapuspenkum Kejagung Jasman Pandjaitan saat dihubungi, Kamis (14/5/2009).

Menurut Jasman, sebelumnya Urip telah diberhentikan sementara dari jabatan jaksa. Kini status pemberhentian bekas kepala Kejaksaan Negeri Klungkung, Bali, itu akan dikukuhkan.

"Saat diberhentikan sementara itu, Urip masih menerima gaji sebesar 75 persen. Namun, apakah diambil atau tidak oleh yang bersangkutan saya tidak bisa jawab," jelasnya.

Seperti diketahui, Mahkamah Agung (MA) menolak kasasi yang diajukan oleh Urip, yang terbukti menerima suap US$ 660 ribu dari Artalyta Suryani. KPK juga sudah mengeksekusi bekas ketua tim penyelidik kasus BLBI Sjamsul Nursalim itu ke Lembaga Pemasyarakatan Cipinang.

Sebuah tindakan pemerintah yang sangat ditunggu oleh seluruh masyarakat,dan bangsa....siapa lagi yang bakalan menyusul......jangan takut untuk memecat sebab tiap tahun ribuan sarjana selalu hadir untuk membangun negeri ini
......terimakasih.........






Suku Minangkabau atau Minang (seringkali disebut Orang Padang) adalah suku yang berasal dari provinsi Sumatera Barat. Suku ini terutama terkenal karena adatnya yang matrilineal, walau orang-orang Minang sangat kuat memeluk agama Islam. Adat basandi syara', syara' basandi Kitabullah (Adat bersendikan hukum, hukum bersendikan Al Qur'an) merupakan cerminan adat Minang yang berlandaskan Islam.

Suku Minang terutama menonjol dalam bidang pendidikan dan perdagangan. Kurang lebih dua pertiga dari jumlah keseluruhan anggota suku ini berada dalam perantauan. Minang perantauan pada umumnya bermukim di kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Pekanbaru, Medan, Batam, Palembang, dan Surabaya. Untuk di luar wilayah Indonesia, suku Minang banyak terdapat di Malaysia (terutama Negeri Sembilan) dan Singapura. Di seluruh Indonesia dan bahkan di mancanegara, masakan khas suku ini, populer dengan sebutan masakan Padang.

Minangkabau merupakan tempat berlangsungnya perang Paderi di tahun 1821 - 1837।

Sosial Kemasyarakatan

Daerah Minangkabau terdiri atas banyak nagari. Nagari ini merupakan daerah otonom dengan kekuasaan tertinggi di Minangkabau. Tidak ada kekuasaan sosial dan politik lainnya yang dapat mencampuri adat di sebuah nagari. Nagari yang berbeda akan mungkin sekali mempunyai tipikal adat yang berbeda. Tiap Nagari dipimpin oleh sebuah dewan yang terdiri dari pemimpin-pemimpin suku dari semua suku yang ada di nagari tersebut. Dewan ini disebut dengan KAN (Kerapatan Adat Nagari)। Dari hasil musyawarah dan mufakat dalam dewan inilah sebuah keputusan dan peraturan yang mengikat untuk nagari itu dihasilkan.


Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda