Blogger Template by Blogcrowds

ke_budaya-an

budaya adalah sebuah kebiasaan yang berlangsung secara terus menerus, hingga menjadi sebuah norma ,dan kemudian menjadi sebuah etika....( mungkin itu pendapat dari Prof Dr daokt.M.Sn..)....boleh disanggah deh....

dan terkadang sebuah kerancuan terjadi pada yang namanya budaya tersebut.

pada sebagian orang sih menyatakan kita bangsa melayu, bila kita bangsa melayu berarti kebudayaan kita melayu,....tapi neh....kayanya kurang tepat deh....kayanya nih yang tepatnya...kita adalah rumpun ras melayu, dengan beragam budaya, nyang disebut budaya indonesia....dan sebagian kecil bangsa indonesia itu pun nggak penuh deh dari ras melayu.....( bener nggak...)

pada bagian yang lebih sempit nih...kite buat sebuah opini...begini:
pada masyarakat minangkabaw bukan berarti sumatera barat lho...sebahagian menyebut sebagai melayu, dan sering terjadi sebuah pertentangan diantara dua budaya tersebut,ras sih sama....tapi budayanya beda..pasti....

pada dasarnya budaya mereka tersendiri, minangkabaw is minangkabau dan melayu is melayu gitooo...akan tetapi mereka mempunyai banyak kesamaan, misal:...tak islam tak melayu...dan masyarakat minangkabaw bole dikatakan 100% islam...kemudian bahasa, pada dasarnya sih sama dan selera pada masakan dan gaya berpakaian .
melihat kasus tersebut nggak salah dong mereka disebut budaya melayu....
tapi sebagai putra minang walaupun turunan prancis dikit, kita sih menolak disebut melayu......persamaan keduanya sih tipis...tapi dalam sistim yang namanya kebiasaan tersebut jauh berbeda. dan begitupun orang melayu ..nggak mau deh dibilang orang minang...

yang namanya masyaarakat berbudaya melayu adalah masyarakat yang berdomisili pada malaysia dan sumatera dan sebagian kalimantan. Andai kita kaji lebih sempit...malaysia bukanlah indonesia,tapi mereka juga disebut dengan nusantara,sementara nusantara kental dengan indonesia...dan semua budaya yang ada di indonesia yang bukan budaya melayu, kita sebut sebagai budaya indonesia.

nah..biar nggak berbelit belit...apapun budaya yang ada di wilayah indonesia bisa kita beri nama dengan budaya indonesia, nggak pake ala prancis....ala italy...dan ala ala yang laen....pokoknya mesti kental indonesia...
dan semua yang berlaku di indonesia mesti berjalan dan diharapkan jangan pernah terkikis oleh ala_ala tersebut.....baik itu bidang hukum...ekonomi...politik ..seni....sampe bercinta, bergaul ...dan tetek bengeknya lah....

dan....untuk mempertahankan budaya indonesia tersebut, diwajibkan kite kite nih mesti sadar pada bagian mana kita berada, maksudnya...minang, sunda , dayak,asmat, dll dan tetap eksis deh menggunakan kebiasaan tersebut, yang kita rasa cukup supel, dan nggak ortodok kok...semua budaya kita tetap terbuka,terhadap kemajuan dan perkembangan..
dengan keterbukaan tersebut...itulah nyang mesti diwaspadai akan sebuah hilangnya budaya leluhur kita, sebagai contoh,,,lontong sayur udah kalah mentereng dengan pizza hut, kueh oncom, dah kalah pamor denganbakery bakery terbaru, padahal nih nyang namanya lontong sayur,oncom, bakpia pathuk, nggak kalah niak,mats dan bahkan lebih niak,mats dengan lidah melayu..dan itu baru dari segi makanan ringan....
belom lagi dari segi yang laen, dan pandangan kacamata yang laein baek itu kacamata hitam hingga kacamata kuda

sadar tidak sadar kebiasaan leluhur kita telah terkikis dengan kebiasaan baru,yang dibawa bangsa asing ato bangsa kita yang pergi trus pulang udah gaya asing,dan emang gimanapun kebiasaan tersebut juga nantinya akan menjadi sebuah budaya yang tetap indonesia, tapi alangkah sayang bila warisan leluhur yang begitu kaya hilang..
dan ingat bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai para pendahulunya...untuk menghargai tersebut, cukup dengan mewariskan sebuah kebiasaan nenek moyang.....

dan ternyata cukup gampang

sekian deh....

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda