Blogger Template by Blogcrowds

masa kecil emang masa yang paling bahagia,masa kecil adalah penentu masa depan....bener nggak..

dunia kecil kita kita dulu emang asyik untuk dikenang
berlari nikmati kebebasan,tak ada beban, nyebur di kali,keluyuran hingga kulit bersisik dan hitam legam, pulang pulang paling ditungguin ama sepotong lidi, trus suruh mandi dan belajar... belajar sambil dengarin dep purple punya papa...dengan alasan biar nggak ngantuk....pas sekolah paling cuman hapal lagunya highway star...

berantam ama teman..tanpa ada rasa permusuhan,hanya menunjukan siapa yang terbaik dan terhebat, bermain sepak bola ama kampung sebelah...mulai pagi selesainya paling maghrib, ato diuber ama tentara kodim karna rumput lapangan rusak, dan kami takan berhenti sebelum menang,begitupun dengan kampung sebelah,ato bubarnya diuber pak ustadz,karna udah jam mengaji masih bermain sepak bola,..keluar malam dengan alasan belajar ngaji ke rumah pak ustadz,bawa peci dan sarung,padahal pergi latihan break dance, males mandi pagi abis dingin kalee, ..nggak pernah nonton sinetron ato play station, apalagi online,paling cuman dengar cerita kakek ketika berjuang jaman belanda dan jepang...
kami berinteraksi, ber eksplorasi tentang hidup, beradaptasi dengan alam dan lingkungan...dan selalu rajin jawab pertanyaan bu guru,walaupun salah...mana suara keras slah lagi..
yah..semua demi sebuah harga diri,...... kami lakukan demi sebuah jati diri....nggak ada permusuhan ..nggak ada tauran....tetap patuh dan manut ama orang yang lebih tua..walau jika bosan juga sering, ngeyel...

dan.....kami bahagia.....menyanyi,berlari, dikejar anjing ampe nangis..pas berenti taunya anjingnya juga berhenti,dan kami balik ngejar anjing.....lucu...
kami tumbuh dengan didikan alam dan lingkungan....

tapi kini...para bocah dirumah, bermain PS2 ,online,nonton sinetron,dilarang maen ujan,ato nyebur kali dengan alasan kotor, ntar demam,malu maluin,kaya orang kampung....mereka menjadi individu yang tertutup,apatis,munafik dan rada cengeng....

dan remaja masa kini.....gaya manut padahal,nantang abis, begitu mudah terpropokasi dengan gaya majalah koran tipi ato media laen..mereka belajar hanya demi gengsi,..pendidikan hanyalah candu.....dan kayanya mereka terkekang,....tanpa arah dan motifasi yang jelas...

begitulah cerminan penerus bangsa ini....
dan dapat kita melihat.........betapa para koruptor ato maling senyum senyum dan melambaikan tangan di tipi,mereka bilang kaum elite.....pelajar tawuran...tanpa arah yang jelas, mahasiswa bentrok antar kampus, mereka demo dan dihajar petugas...kok begitu ???
mereka bangga kah...? mereka bahagia ...kah..? mungkin mereka bahagia dengan gaya mereka....dan apakah itu masa depan...???

tentu bukan...
masa depan adalah sebuah kebahagiaan, sebagaimana sebuah kebahagiaan masa kecil,dan akan menjadi lebih bahagia dan indah di masa akan datang
yah semua berawal dari pendidikan masa kecil...
dan jadikan dunia masa kecil sebagai acuan masa depan, jadikan masa kecil tetap kecil...jangan pernah dikarbit. bagaimana kita melihat bocah dijadikan dewasa, menyanyi dengan dewasa,bermain dengan dewasa,hingga bekerja dengan dewasa.

dan.... ajarkan pada mereka dewasa itu adalah pola pikir bukan hanya gaya...

pesan sobat neh....biar nggak stres...

hipertensi dan stres banyak terjadi dan berpotensi mengancam hidup seseorang... Meski tidak ada hubungan langsung, keduanya menempatkan Anda pada risiko berbagai masalah kesehatan, seperti penyakit jantung, gagal ginjal, dan stroke.

Menurut American Heart Association, sekira 1 dari 3 orang dewasa menderita hipertensi. Situs kesehatan Mayo Clinic mencatat, para peneliti tidak menemukan bukti bahwa stres jangka panjang menyebabkan hipertensi. Penyebab hipertensi sesungguhnya bisa faktor-faktor lain terkait dengan stres, seperti minum alkohol atau makan berlebihan.

Olahraga terbukti mengurangi stres dengan meningkatkan rasa percaya diri dan endhorpins—bahan kimia dalam otak untuk menurunkan tingkat kecemasan dan depresi. Kesemuanya memberi pengaruh pada penurunan tekanan darah. Olahraga dapat menurunkan tekanan darah sistolik 5-10 mm Hg.

Aerobik

Aerobik atau aktivitas fisik yang meningkatkan pernapasan dan detak jantung dapat mengontrol hipertensi, meliputi berjalan, jogging, berenang, atau bersepeda. Bahkan memotong rumput atau mengepel lantai pun dianggap latihan aerobik selama aktivitas tersebut mampu meningkatkan pernapasan dan detak jantung. Untuk mengontrol tekanan darah, lakukan aerobik 30-60 menit empat kali atau lebih sepekan.

Hati

Olahraga membantu hati Anda dalam beberapa cara. Pertama, memperkuat otot hati sehingga dapat memompa lebih banyak darah dengan sedikit usaha. Kedua, meningkatkan aliran darah ke jantung dan membuat kerja jantung lebih efisien, sehingga mengurangi gaya pada arteri dan menurunkan tekanan darah. Dan ketiga, membantu mengurangi tingkat insulin, suatu hormon yang memberikan kontribusi terhadap tekanan darah tinggi.

Bobot

Jaringan lemak membutuhkan oksigen dan nutrisi sama seperti setiap jaringan dalam tubuh Anda. Meningkatkan jumlah lemak dalam tubuh berarti jantung harus memompa lebih banyak darah dalam volume yang lebih besar. Akibatnya, lebih banyak tekanan pada dinding arteri Anda.

Olahraga membantu Anda dalam menjaga berat badan hingga ke tingkat yang sehat, juga mengurangi tekanan darah. Bahkan, Mayo Clinic mencatat bahwa kehilangan berat badan hanya sekira 10 pon dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan.

yang indah indah itu mah dulu sob....

dulu waktu sekolah ingat betul nih ....sebuah kutipan..bla bla bla..azas gotong royong yang berlandaskan kekeluargaan....kalo nggak salah pada pelajaran pe em pe..itu katanya falsafah negeri kita.....

kalo dipikir pikir emang gitu mah dulu...waktu remaja ugal ugalan dijalan...ketangkap ama petugas,..paling dibentak dan disuruh ngitung pagar dan nyapu halaman kantor polres....sambil memaki petugas bilang gini...dengan logat batak.....kau bilang kaulah paremanya,kaulah gacuknya, aku pukulinkau....ampun pak ampun pak..emang bapak kau rupanya...sana kau....
dan abis itu lepas deh.....gitu mah dulu sob...di taon 90 han..
dan beberapa waktu lalu sob...ketika kepepet nih...kita minjam motor teman ngambil sesuatu yang ketinggalan.... dekat kok, dan kita naik motornya tiga orang sob...pas prapatan ada petugas, dan langsung nyetop, kita mah jalan terus sambil nyletuk gini.....sorry deh pak kami bertiga udah sempit, jangan naek dong....eeee....makin dikejar sob...ama ninja rr, ketangkap dah gua...pas ketangkap langsung gua bilang gini....tuh...punya motor ndiri aja malah mo ikutan numpang ama kita....
wajah petugas merah padam sob....kita langsung ditilang, dengan dua kasus...satunya pelecehan terhadap petugas....yang ini nih yang berat...kita mesti buat permohonan maaf tertulis segala deh....dan dompet pun jadi tipis...

dan waktu kuliah dulu nih sob....kita mah bayar spp yang cuman seratusan ribu, bisa ngutang ama rektorat, dengan jaminan pas dapet beasiswa dibayar, itupun alasanya punya adek 7 dan orang tua petani yang sakit sakitan...pihak rektorat maklum aja....dan kita lakukan praktek gituan 4 semester ...tapi sih ketauan....
dan dimaapin sob....dengan alasan...kalo mahasiswa sih bapak maapin yang penting mesti jadi orang berguna....
kini beda sob....pas mo kuliah S2 pada kampus yang sama, mo bayar spp 4 jt an...kita pake modus lama lagi neh....ngutang ...dengan alasan adek yang 7 dulu butuh biaya buat sekolah,...mana satu di slb lagi.....jawab rektorat gini.....ente emang nggak bisa dipercaya, kalo ente mo kuliah bayar penuh, sekolah kaga ada yang ngutang tau....emang sekolah gratis...

dan dulu ketika kita nunggak bayar kos ampe 8 bulan ibu kos langsung ngamuk dan ngusir....kita mah alasanya tetap sama ...sorry deh bu kos....adek 7 nih...panen bapak mah gagal...ngutang dulu ye bu kos......kita mah tetap diusir....tapi sob...lima menit kemudian kita datangin ibu kos...dan bilang gini...bu bu..ada kos kosan yang kosong nggak, kita abis di usir neh...kasian bu....dan ibu kos berkata....sialan dasar kompeni loe... sono lo masuk kamar...jangan lupa tuh bersihin sampah...

nah gitu sob pengalaman dulu...asyik deh dan indah ...semua bisa diajak damai, penuh kekeluargaan dan sangat kental gotong royong nya ....sebuah cerminan budaya kita sob....tapi kini....tagihan dengan giro telat aja... dimaki dengan bilabg....kamu profesional nggak sih...pengusaha macam apa nih....

tapi kini sob...budaya gotong royong gituan masih ada sih.... tapi pas ada gempa, banjir dan bencana alam...semua ngumpul dan saling peduli, bercanda, sedih bersama,nyanyi dangdutan dibawah pohon...dengarin tidur ada yang ngorok...
lumayan indah deh...

tapi apa mesti nunggu bencana dulu baru bisa akrab....jangan dong....

satu lagi neh sob..cerita zaman kuliah dulu...

dasar anak malas nih....daokt...biasanya kalo udah kuliah teori..males mulu....kejadianya pas mata kuliah kewiraan....yah kuliah gituan males dan bikin ngantuk.

biasanya sih pada kuliah kaya gituan..setiap habis nulis di papan tulis di depan...pak dosen selalu kehilangan satu mahasiswa,maklum sih kami kuliah seni...dan malas belajar teori

pas lagi apes kali ye...sewaktu nerangin...pak dosen nulis..di depan....dan..daokt,nyusup kaya rambo keluar ...eee..ternyata nih...sambil nulis gituan si bapak dosen ngomong....hei oksbangets!!....lo kalo mo keluar baliknya jangan lupa bawain bapak segelas teh manis......
hiah ..wa ketauan....langsung aja wa jawab ..sip deh pak....tapi dua gelas ye...ama rokok, .... dan si bapak dosen jawab....terserah deh...yang penting bapak lagi haus nih...dan cepat..

yah ...dengan terpaksa namun untung dikit , bawain aja teh manis nya bapak ke lokal ....kan lumayan kita mah juga dapat atu...ama sebungkus rokok lagi....

bemodalkan satu gelas teh manis...si bapak dosen ngajar begitu mengebu gebu, dan kita nih makin bosaaaaaan....tapi mo gimana lagi...kita juga dah disogok ama rokok dan segelas teh.... terpaksa deh ngikutin kuliah....panas , mbosanin...
dan pas udah jam 2 siang neh...wa nyeletuk gini...pak jam nya udah kelar nih...mana belom zuhur lagi....
si bapak jawab gini....sholatnya jamak aje lagi...dan minggu depan anda boleh nggak masuk, dengan catatan minggu depan mid semester....
yah...kuliah lanujut hingga jam 3 sore...

sbuah kejadian yang nggak dilupakan, semua teman nggerutu...kita juga kesal...mana minggu depan langsung mid lagi...asli deh nggak bisa dilupakan...

hikmahnya nih sob...pas minngu depanya...ujian...jawabanya gampang...abis minggu kemaren kuliah yang nggak terlupakan..kita mah jadi ingat semua nih teori teori nya....dan teman teman lulus semua deh mata kuliah kewiraan yang mbosanin.....capeknya nggak lama, dan kite nih cepat deh terbebas dari teori terori kenegaraan yang bosanin.....
yah..emang sih si bapak dosen dah senior dan sekarang dah pensiun, walaupun mbosanin ..si bapak sungguh mengerti kite kite....nggak kaya bapak dosen yang laen...maen ngusir.......dan kite nih dapat nilai B...buat kuliah gituan ,nilai segitu mah udah bersyukur..abis..nggak minat sih...yang kita minat sih....ya bikin rame aje....

dan maksaih deh buat bapak dosen,yang udah ngerti kita kita...nih...tapi sayang...nggak banyak sih yang ngerti kita kita....
dan saya pernah nawaran ama si bapak gini....

ngisi pensiun mending bapak jadi caleg aje deh...ato ikutan pilkada deh....biar asik....sukur sukur menang....

dan sibapak jawab....itu mah kan kerjaan orang yang kurang kerjaan, kalo bapak sih ..masih banyak tanggung jawab , dan mending kamu pergi kemudian balik lagi ke sini deh, dengan kabar kamu dah sukses..dan ......sip deh pak......dan dikasih uang bensin lagi....hehehehe....

lumayan....abis kejadianya nih...kita jadi sering mampir ke rumah bapak dosen, dan kebetulan jaraknya pun cuman satu kelurahan di komplek, dan tiap pergi selalu dikasi duit bensin,....dan tetap mah wa terima....lumayan...

hari ini kita nyaranin aja nih gimana caranya berpikir dalam hidup ditengah negeri yang absur..alias negeri yang kabur....

ditengah ketidak pastian, dan situasi yang ada di negeri ini..dimana kita tinggal dan beraktifitas...
dan bagaimanapun hal hal yang tidak jelas bakal mempengaruhi kita langsung maupun tidak langsung...dan hal tersebut jugalah yang menghambat perkembangan kita...

dan dari beberapa kejadian baiknya kita menyimpulkan ndiri -ndiri aja deh....dan jangan ikut ikutan kalo nggak ngerti

berikut ada beberapa kasus...
bank century dan pansusnya.....katanya pemerintah agar menyelamtkan ekonomi negara,ketika menyelamatkan bank century. pada kenyataanya para nasabah banyak tuh yang kehilangan uang..dan para nasabah selalu berdemo....dan uangnya itu milyaran deh.....tapi sebelumnya...katanya buat nyelamatin ekonomi negara.....dan nasabah itu adalah rakyat dan rakyat itu adalah negara...
dan ada pansusnya ..yang bikin problem baru tentang bank tersebut....dampaknya nih sob....dimana mana ada demo tentang kasus tersebut....
dan secara nyata masyarakat telah masuk sebuah lingkaran setan dengan persoalan yang tidak jelas...dan dapat diterik sebuah kesimpulan ....kasusu tersebut hanyalah sebuah sandiwara untuk pembodohan....dan antah kepentingan siapa...

kemudian tersebutlah sebuah kasus antasari....bila kita menyimak kasus ini...walaw nggak ngerti hukum jelas dong ini sebuah konspirasi, saksi pada sidang jaksa dan hakim semua tidak jelas....dan hal tersebut juga menimbulkan reaksi masyarakat.....

bila masyarakat udah mulai beraksi....ya ...tau ndiri deh....kaya gini deh...
tapi yang perlu diperhatiin adalah....siapa yang menanggung bebeban
jawabnya adalah masyarakat, dan siapa masyarakat tersebut, jawabnya adalah kita.
dan semua berpengaruh pada rutinitas kita,langsung maupun tak langsung..

sebuah kesimpulan...jangan pernah terlibat suatu kasus yang nggak jelas, nggak ada untungnya buat kita. dan jangan pernah berhenti intuk mengembangkan diri....dan hal yang disebut diatas menghambat aktifitas kita....nah siapa yang rugi....

dan jangan pernah ikutan demo sob....urus diri aja ye sob....jadilah yang terbaik...
jangan pernah larut, dan jangan pernah berpolitik

dan sebuah pengalaman pribadi neh sob.....politik hanya untuk kekuasaan.sob...kejayaan...dimana bisnis akan maju pesat bila kita berpolitik....itupun kalo kita di pihak yang menang.....kalo kita kalah....kehancuran begitu cepat,hanya dengan hitungan detik
sebagaimana yang saya lakukan sob....ketika dekat dengan penguasa bisnis saya lancar ,maju pesat, dan ketika penguasa berganti,...begitu cepat saya hancur...hingga sampe..pindah kota sob........tapi gue ..ngomong gini....ill be back.....

jadi setiap kejadian ..mesti pintar pintar dong memahami....jangan sampe jadi korban....liat aje noh....sekabegitu banyak korban...dan entah siapa pemenangnya kita tidak tau bukan....

mari berpikir secara sedehana...demi masa depan ..
sukses....cuyyyyyyyyyyy....



yang penting kite terima dengan senang hati ye sob.....walopun kite nggak pernah ngasih yang kaya ginian....abis nggak bisa bikin..he....tapi yang penting hati selalu dekat ama para sobat....

eh lain kale kirimin lewat rekening dong....he..biar nambah...

demontrasi.....

demonstrasi dimana mana.....tiap menit detik dan tiap waktu....mulai bawa kerbau, kambing, spanduk, pentungan...dan bawa toa....

dan....biasanya nih....berakhir rusuh.....dipukuli.....dihajar....bonyok bonyok sob....

emang buat apa sih..demo....nggak usah..boss... mending ke ancol....pacaran....belajar....mengaji dirumah....zikir....ato bekerja....

berdemonstrasi ..udah nggak ada solusi, sebab yang didemonstrasi....dah nggak ngerti solusi
coba aja ngomong ama tembok....kesal ndiri kan.....makanya ..demo sama aja ngomong ama tembok.....

kesimpulanya sob.......baiknya kita intropeksi diri aja deh.....berbenah diri....perbanyak bekal buat masa depan....mulai dari pejabat.....ama aparat...ama keparat sekalian nggak usah didemo....dicuekin aje..dan nggak usah diikutin.....

nggak usah ikut ikutan....pilkada....kampanye....peraturan nggak usah di ikutin boss...yang mesti diikutin adalah hati nurani dan akal yang sehat sob.....
jangan manut pada orang yang akalnya kurang sehat....

kalo emang mo jadi warga yang baek....manut aja uu kita...dan pake otak dan nurani pasti beres deh...biarin mereka mo pilkada...kampanye poto bugil....mo presiden...mo pak rete....pak hansip....pak polpepek....cuekin aja boss....mo mereka teori kerakyatan ...berantas kaum miskin...mo ningkatin pendidikan...mo wong cilik...mo lanjutkan....cuekin aje boss....

urus diri.masing masing....masing masing individu kita amat berguna lho....buat lingkungan,kite...buat emak...beaut papi, buat adek, buat pacar, buat sobatpokoknya diri kita itu berguna lho sob....jangan mau dong digebuk, ama aparat...belajar...belajar dan belajar....

mo tau nggak sob...yang didemo tersebut mereka kan cuma minoritas...mereka cuman dikit...jangan pernah mereka bisa pengaruhi kite nih....
contoh kasus nih...bank centuri....trus pansusnya....trus....kita malah hanyut...demo.... rugi kan...liat aja kerjaan mereka....masa sih mo diatur ama segelintir manusia kaya gitu....mending kuliah sob...mending pacaran sob...tapi jangan sampe dibawah jembatan belanda sob....
jadikan diri kita besar sob....ntar kalo dah besar sob.....ya kite kite ini dong yang bakalan ngatur mereka.......

ingat sob...cuekin...nggak usah digubris ye....kalo perlu dijalan nggak usah di tegor.........ntar mereka bakalan mampus ndiri kok.....

nih pengalaman waktu kuliah dulu neh sob..baiknya jangan ditiru....

udah datang telat.....masuk bawa secangkir kopi dan langsung duduk dibelakang ambil ngerokok....pake sendal lagi....
pada waktu itu matakuliahnya agama sob......

si bapak dosen langsung ...neletuk gini.....
eh oksbangets....anda tau....kalo tempat ngopi dan ngerokok dimana....
langsung saya jawab aja...dikantin pak.....
kata pak dosen..kok kamu nggak ngop[i dan ngerokok di kantin...( dah keliatan marah banget tuh...)

ya dengan polos saya jawab....ntar ketinggalan dong pak mata kuliahnya...
pak dosen makin marah...dan bilang gini.... sekarang anda yang keluar apa saya.....

yah..dengan jujur saya jawab lagi.....ANDA PAK.......
\semua terdiam dan pak dosen langsung keluar.....dengan muka merah padam....menahan marah.....dan sob..saya langsung berdiri....maju kedepan....ngajar..teman teman....
pak dosen makin marah.....

tau nggak sob...satu semester pak dosenya ngambek....nggak mau ngajar ..teman teman pada nggak lulus.....
dan ngulang taon depan....pas taon depan....taunya pak dosen nggak mau lagi ngajar di tempat saya ..terpaksa deh ganti dosen.....

pada dosen baru saya ngomong gini..... taon kemaren sih pak saya kan cuman berkata jujur aja....

tau nggak sob......SI nya kita ( taon lo.....

JEMBATAN BELANDA

dikampung q neh sob tersebutlah sebuah jembatan peninggalan belanda ..terletak di sebuah tempat yang sejuk dan sepiii...

tersebutlah seorang pemuda bernama samsuwarman alias sam dan seorang gadis desa dengan naman yudahlinar alias nar...

sam nih baru aja mudik ....dari rantau ...yang namanya baru pulang mudik mah...di desa sam begitu tampil keren dan gaul abizz....dengan gaya yang paling keren mah di desa tersebut....saban hari sam hanya nongkrong di depan kantor wali desa..eh kantor kepala desa....dan disitu lah sam melihat seorang gadis yang ternyata bernama si nar......dengan tampang keren ala kota ..terang aja nar tertarik....

dan.....selang berapa waktu sam dan nar ..makin sering terlihat hilir mudik..keliling kampung....yups..kaya lagunya bang iwan fals...jalan bergandengan nggak pernah jajan jajan...

saking sering jalan ....mmmm..tibalah sam dan nad di sebuah jembatan belanda yang segar ..dan sepi.....dan mereka langsung nongkrong dibawah jembatan belanda.....sam merayu...beraksi dengan apapun cara buat memikat nar....berbekalteknik playboy yang didapat dikota nggak susah deh..untuk merayu nar....

dan...mereka mulai bercinta....bercinta...dan bercinta....katanya sih ala kota....dan ..terjadilah sesuatu hal yang diinginkan....dan mereka meklop.dibawah jembatan belanda tersebut..tapi tanpa disadari ....di..atas jembatan ada seorang gembala sapi ...istirahat... dan seperti dapat berkah si gembala sapi ikut nonton aksi sam dan nar....

setelah sibuk jas jus....kasak kusuk....dan nggak tau mo apalagi....terucaplah sebuah perkataan dari mulut nar.....bang apa sih yang telah kita lakukan tadi....dosa lho bang...abang mesti tanggung jawab bang....abang mesti nikahin nar... ...
dengan binggung sam langsung berkelit.....iyah deh nar tapi soal nikah dan tanggung jawab itu bukan urusan abang ato nar ..dan semua apa yang terjadi ...barusan kita serahin aja ama yang diatas.....

ups....ternyata si gembala sapi yang tadi asyik nonton kaget bukan kepalang dan langsung ngomong......
...EH JANG ,,ENAKNYA LO YANG DAPAT....NGAPAIN DISERAHIN AMA GUA.....NGGAK AH..URUSAN ENTE DEH....URUS NOH SONO...EMANG GUA PIKIRIN...

dan si...gembala sapi pun cabut berlalu......sambil gerutu....masa sih ambo yang mesti tanggung jawab....dasar sial.......

silek adalah sebuah budaya tradisi minangkabau...
silek alias pencaksilat pada umumnya dikenal sebagai olahraga beladiri...

tapi pada kebudayaan minang jaman jadul.....silat adalah sebuah falsafah hidup.. bagi para putra maupun putri minang...

pada umumnya tuh masyarakat minang nyang laki dulunya kalo malam bukan nginap di rumah babe....tapi mereka nginapnya di langgar alias surau...dan biasanya mereka belajar pada orang pintar....terutama makna hidup....yang disebut dengan silek..

pada dasarnya adalah sebuah ilmu guna mempertahankan hidup baik hidup bermasyarakat maupun...maupun mo ndiri ndiri di hutan...dan mereka belajar pada alam.....dengan falsafah alam takambang jadi guru....mereka beradaptasi dengan hidup dengan belajar dengan alam sekitar sebagai bekal,seperti ..mereka belajar agama....dan sebelum peradaban islam masuk....mereka belajar tentang adat mereka..dan belajar mempertahankan diri mereka...baik dari serbuan binatang..musuh....dan bahkan untuk berburu..dan pada dasarnya suku ini juga termasuk suku yang liar lho...yang dinamakan pada masa itu kaum adat..mereka umumnya lebih suka adu ayam..mabok dijalan....dan setelah kaum ini mengenal islam....jalan mereka lebih stabil....dan normal....pada dasarnya mereka belajar silat hanyalah sambilan,setelah usai belajar ilmu agama figih..tajuid ..pancasila...ISD....matematika....dan segala macamnya lah.....mereka biasanya bergurau dengan bermain silat....dan silat tidak hanya untuk berantem, mereka menari dengan dasar dasar silat...berjalan dikegelapan malam dengan dasar dasar silat, berburu dengan dasar silat dan merantau dengan dasar dasar silat...dan bahkan bersilat lidah....dalam hal yang positip.....biasanya disebut dengan pasambahan....
pada pasambahan ini juga ada tari tarianya lho...dasarnya juga silat...
pasambahan adalah..semacam pidato adat untuk menghormati yang tua..seumur ..yang kecil yang kaya ....dan gitu lah....dalam arti kata tata cara berbicara....gitu...

dan silat pada masa itu...berfalsafah....alam takambang jadi guru.....alias belajar dengan alam...maklum pada saat itu belom ada sekolah...apalagi kampus...jadi tempat belajar mereka adalah alam dengan cara beradaptasi dan berkumpul dengan sesama...setiap malam di langgar langgar dan surau
..
tapi lho sob...yang keluyuran malam pada masa itu juga ada lho....misalnya tuak leman jo galang sapek....hobinya mah keluyuran.....
dan ini tercatat dalam sebuah naskah teater minangkabau yang disebut randai....gerak pada randai ini..ya....dasarnya silat juga sih...

seiring dengan perkembangan budaya silat hanya dipake buat olahraga aja....terkadang jaga diri nggak perlu silat....punya teman banyak juga dah bisa bela diri....langkah seribu juga bisa....

yuk ...mariiiiiii....

kok bisa gitu yah....ya..mohon bisa diterima apa adanya deh......

emang kemampuanya segitu...
mohon maklum deh...

dan beberapa waktu lalu kita dikejutkan dengan nyasarnya roket buatan ..pindad ye kalo nggak salah...
dan katanya nyasar ..dan menghantam sebuah rumah hingga menelan korban ...konon kakinya si korban putus...

nah buat yang ini neh....namanya kecelakaan sob....saran kite kite nih...sebaiknya jangan ada yang protes lagi deh....asal si korban diselamatkan dan dijamin aja deh masa depanya ama negara ...termasuk anak anaknye...

kalo kita soal uji coba roket sih setuju sob... gimane negan sobat....

masalahnya nih....menyangkut harga diri kite kite deh sob....udah saatnya kita ...nunjukin kekuatan sebagai bangsa yang besar..dan saatnya kita nggak lagi diacak acak bangsa lain....nggak lagi dijajah..ama keparat...nggak lagi disetir....

pokoknya deh....sepertinya kita udah telat tuh meraih sukses.....kita masih pada benggong doang....
dan ingat deh boss..nggak ada istilah telat


namanya kecelakaan biasa deh boss....konon deh...para penemu pesawat ...tewas saat uji joba pada sebuah jurang....dan yang namanya zeppelin meledak tuh..saat terbang.... tapi hasilnya ..dikemudian hari dapat dimanpaatin ama orang banyak...

dan konon si james watt penemu listrik.....malah sering kesetrum.....yang penting kan demi kemajuan dan kebahagiaan kite kite juga....

dan sebuah pengalaman adalah sebuah pelajaran....belajar emang mahal....soal salah sasaran ya..mesti tanggung jawab dong....

yang penting roket kita kan juga bisa meledak......dan alangkah baiknya....meledak pada sasaran yang tepat boss...kalo kaya gitu sih....dah lumayan deh buat di kampung kampung boss...tapi musuh musuh kita bukan lagi kampung kampung bos....musuh kite ...gedebangets...dan banyakbangets....baik itu para penjilat bangsa ndiri..maupun propokator bangsa lain.....

ya mesti lebih cerdas lagi dong bos.....dan belajar terus lah..pokoknya....

dan jangan pake hukum yang berlaku boss....hukum dah nggak laku tuh di negeri kita ini.....hukum hanya cuman buat mata kuliah dan pelajaran....undang undang kita pajangan....solusinya mo tau nggak....

solusinya...HATI NURANI KITE DONG...dan hati nurani tersebut kayanya udah dituangin dalam yang namanya pancasila dan uud 45 kita....pake dong...

dan jangan lupa pake otak boss...

Postingan Lebih Baru Postingan Lama Beranda