Blogger Template by Blogcrowds

dahulu begitu indah

yang indah indah itu mah dulu sob....

dulu waktu sekolah ingat betul nih ....sebuah kutipan..bla bla bla..azas gotong royong yang berlandaskan kekeluargaan....kalo nggak salah pada pelajaran pe em pe..itu katanya falsafah negeri kita.....

kalo dipikir pikir emang gitu mah dulu...waktu remaja ugal ugalan dijalan...ketangkap ama petugas,..paling dibentak dan disuruh ngitung pagar dan nyapu halaman kantor polres....sambil memaki petugas bilang gini...dengan logat batak.....kau bilang kaulah paremanya,kaulah gacuknya, aku pukulinkau....ampun pak ampun pak..emang bapak kau rupanya...sana kau....
dan abis itu lepas deh.....gitu mah dulu sob...di taon 90 han..
dan beberapa waktu lalu sob...ketika kepepet nih...kita minjam motor teman ngambil sesuatu yang ketinggalan.... dekat kok, dan kita naik motornya tiga orang sob...pas prapatan ada petugas, dan langsung nyetop, kita mah jalan terus sambil nyletuk gini.....sorry deh pak kami bertiga udah sempit, jangan naek dong....eeee....makin dikejar sob...ama ninja rr, ketangkap dah gua...pas ketangkap langsung gua bilang gini....tuh...punya motor ndiri aja malah mo ikutan numpang ama kita....
wajah petugas merah padam sob....kita langsung ditilang, dengan dua kasus...satunya pelecehan terhadap petugas....yang ini nih yang berat...kita mesti buat permohonan maaf tertulis segala deh....dan dompet pun jadi tipis...

dan waktu kuliah dulu nih sob....kita mah bayar spp yang cuman seratusan ribu, bisa ngutang ama rektorat, dengan jaminan pas dapet beasiswa dibayar, itupun alasanya punya adek 7 dan orang tua petani yang sakit sakitan...pihak rektorat maklum aja....dan kita lakukan praktek gituan 4 semester ...tapi sih ketauan....
dan dimaapin sob....dengan alasan...kalo mahasiswa sih bapak maapin yang penting mesti jadi orang berguna....
kini beda sob....pas mo kuliah S2 pada kampus yang sama, mo bayar spp 4 jt an...kita pake modus lama lagi neh....ngutang ...dengan alasan adek yang 7 dulu butuh biaya buat sekolah,...mana satu di slb lagi.....jawab rektorat gini.....ente emang nggak bisa dipercaya, kalo ente mo kuliah bayar penuh, sekolah kaga ada yang ngutang tau....emang sekolah gratis...

dan dulu ketika kita nunggak bayar kos ampe 8 bulan ibu kos langsung ngamuk dan ngusir....kita mah alasanya tetap sama ...sorry deh bu kos....adek 7 nih...panen bapak mah gagal...ngutang dulu ye bu kos......kita mah tetap diusir....tapi sob...lima menit kemudian kita datangin ibu kos...dan bilang gini...bu bu..ada kos kosan yang kosong nggak, kita abis di usir neh...kasian bu....dan ibu kos berkata....sialan dasar kompeni loe... sono lo masuk kamar...jangan lupa tuh bersihin sampah...

nah gitu sob pengalaman dulu...asyik deh dan indah ...semua bisa diajak damai, penuh kekeluargaan dan sangat kental gotong royong nya ....sebuah cerminan budaya kita sob....tapi kini....tagihan dengan giro telat aja... dimaki dengan bilabg....kamu profesional nggak sih...pengusaha macam apa nih....

tapi kini sob...budaya gotong royong gituan masih ada sih.... tapi pas ada gempa, banjir dan bencana alam...semua ngumpul dan saling peduli, bercanda, sedih bersama,nyanyi dangdutan dibawah pohon...dengarin tidur ada yang ngorok...
lumayan indah deh...

tapi apa mesti nunggu bencana dulu baru bisa akrab....jangan dong....

6 Comments:

  1. ica said...
    Wah judul lagu nih... "LAIN DULU LAIN SEKARANG" hehehe
    Btw, skarang nggak ada lagi adek yg 7 tuh :)
    hmmm... jaman skarang mah bukan cuman jaman susah tapi jaman edan.
    Akrab waktu bencana? mudah2 jangan di situ doang... malahan nih ada yang pura2 akrab loh saat bencana buat cari keuntungan... parah...
    I2 said...
    Nostalgia ya sob... indah juga..
    Ayo mari kita pertahankan sikap persaudaraan, rasa memiliki, solidaritas terhadap sesama....!!
    "Loh koq malah aku pidato ya.."
    Nice post sob :)
    Ambar said...
    iya jaman sekarang gotong royong, kekeluargaan agak terlupakan karena kesibukan masing-masing sob..
    Ivan Kavalera said...
    Budaya gotong royong yang asli itu sebenarnya masih ada di pelosok-pelosok.
    RCA 102,5 FM BULUKUMBA said...
    YANG PENTING ANTAR BLOGGER DAN NETTER TETAP SOLIDARITAS TINGI IYA NGGAK.
    ♥ria♥ said...
    iya dahulu mang indah ^^
    walupun nakal tapi dikenang jadi lucu

Post a Comment



Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda