Blogger Template by Blogcrowds

Landasan dalam Qur’an:

Sesungguhnya orang-orang mukmin, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani dan orang-orang Shabiin, siapa saja di antara mereka yang benar-benar beriman kepada Allah, hari kemudian dan beramal shaleh, mereka akan menerima pahala dari Tuhan mereka, tidak ada kekhawatiran terhadap mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati. (QS. 2 : 62)

Riwayat Asbabun nuzul ayat Qur’an tersebut sbb:

” ada seorang sahabat nabi Muhammad (fulan) bertanya kepada nabi, “Bagaimana nasib sahabatnya yang beragama yahudi, nasrani, shabiin kelak di hari pembalasan? Nabi pada awal menjawab, “mereka semua tidak akan selamat.” Mendengar sabda nabi itu si fulan bermuram durja mukanya. Kemudian turunlah ayat (QS. 2: 62) tersebut tu mengingatkan kepada nabi Muhammad bahwa hanya Allah-lah yg berhak mengklaim keselamatan seseorang di hari pembalasan kelak. selanjutnya kala menerima ayat itu Muhammad segera sadar dan meralat sabdanya kepada fulan dengan membacakan ayat itu. Maka, sahabat tersebut langsung berwajah cerah dan berbahagia.

dalam hadist ini:

“Dari Miqdad bin ‘Amr ; ia pernah bertanya kepada Nabi : Bagaimana jika ia berperang dengan kaum kafir, lalu berkelahi dengan seorang diantaranya hingga tangannya terputus dan dalam satu kesempatan sang musuh berhasil dijatuhkan lalu saat akan dibunuhnya dia berseru “Aslamtu lillah” – aku Islam kepada Allah – namun masih dibunuhnya, apa jawab Nabi ?

- Jangan kau bunuh dia, jika kau bunuh dia maka sesungguhnya dia sudah berada dalam kedudukanmu sebelum engkau membunuhnya, yaitu seorang Muslim, sedangkan kamu berada dalam posisinya sebelum dia mengucapkan kalimat itu (yaitu kafir).; lalu dijawab oleh Miqdad bahwa pernyataan orang itu hanya untuk menghindari pembunuhan saja, jawab Nabi lagi, bahwa dirinya diutus Allah tidak untuk menghakimi hati seseorang.”

dari dua landasan Qur’an dan Hadist di atas Islam mengajarkan dengan pasti bahwa:

1. Muhammad diutus Allah tidak untuk menghakimi hati seseorang..
2. Keselamatan seseorang di akherat kelak adalah mutlak hak Allah semata.
3. Islam melarang mengkafirkan secara sembarangan seseorang.
4. Orang mukmin, yahudi, nasrani, shabiin, majusi dll sebagai seorang manusia mempunyai derajat yg sama di mata Tuhan..
(wallahu a’lam bishowab…)

Berkat Surah Al-Ikhlas

Ketika Memulai Kerja

Baca kalimat ini sebelum Anda memulai sesuatu pekerjaan hanya karena membaca akan pergi ke neraka dan setan dalam tubuh kita dan di sekitar kita, mereka akan berlari keluar umpama cacing kepanasan.

Sebelum memasuki rumah-rumah

Sebelum Anda memasukkan rumah, membaca Surah Al-Ikhlas (3 kali. "Masuklah rumah dengan kaki kanan dan dengan membaca bismillah .. salam hibah kepada anggota rumah dan jika tidak ada orang di rumah memberi salam karena malaikat rumah akan merespon ..
Salam membaca doa sebagai yang pertama (seharusnya) yang dibaca pada akhir doa-doa akan membantu kita menjawab pertanyaan dari kuburan. Ketika malaikat memberi hormat, yang jarang terjadi sulit untuk menjawab doa akan menjadi salam. Tetapi bagi mereka yang berdoa secara teratur, praktek salam diucap di akhir doa-doa akan menolongnya menjawab salam malaikat.

Ketika sakit

SA.W firman Allah yang artinya: Barangsiapa yang membaca surat Al-Ikhlas selama sakit sampai dia meninggal, dia tidak akan membusuk di kubur mereka, ia akan selamat dari kesempitan kuburnya dan para malaikat dengan sayap akan membawa mereka ke seberang jembatan dan kepala siratul Mustaqim ke surga. Jadi dijelaskan dalam Tadzikaratul Qurthuby).

Khatam al-Quran

Rasulullah bertanya sebuah teka-teki kepada para pengikutnya: "Siapa di antara kalian dapat menutup Al-Qur'an dalam waktu dua-tiga menit? Tidak seorang pun dari sahabatnya yang menjawab. Saiyidina Ummar kenyataan bahwa tidak mungkin untuk mengatam Al-Qur'an dalam begitu cepat.
Saiyyidina kemudian Ali mengangkat tangannya. Saiyidina Ummar pidato Saiyidina Ali bahwa Saiyidina Ali (yang sedang kecil pada waktu itu) tidak tahu apa yang dia katakan itu. Jadi Saiyidina Ali Al-Ikhlas diucapkan tiga kali. Rasulullah SAW menjawab dengan mengatakan bahwa Saiyidina Ali benar.
Membaca surat Al-Ikhlas sekali hadiah sama dengan
Buku membaca 10 jus. Lalu dengan membaca Surah Al-Ikhlas tiga kali qatamlah Quran karena sama dengan 30 jus membaca Alquran.

Reward belajar

Ibnu Abbas berkata r.a. bahwa Nabi telah berkata: Ketika saya (Rasulullah SAW) Induk ke surga, lalu aku melihat Arasy di atas 360,000 sendi dan jarak antara gabungan untuk perjalanan bersama adalah 300,000 tahun. Pada setiap sendi ada sahara bidang lapangan dan 12.000 masing-masing daerah adalah wilayah Sahara timur ke barat.
Dalam setiap bidang ada sahara 80,000 malaikat yang semua membaca surat Al-Ikhlas. Setelah mereka selesai membaca bab sehingga mereka berkata: Ya Tuhan kami, pahala membaca kita berikan kepada orang-orang kita yang membaca surat Al-Ikhlas itu baik laki-laki atau perempuan.
Firman Allah SAW bersabda: Demi Allah, jiwa ditanganNya, sesungguhnya Qul Huwallahu Ahadu yang tertulis di dalam sayap malaikat Jibril a.. 'S, Allahhus somad yang tertulis di dalam sayap seperti malaikat Michael, Lamyalid walam yuulad tertulis pada sayap malaikat Izrail a.. 's, Walam yakullahu kufuwan ahadu tertulis di sayap malaikat sebagai Israfil

Catatan

Jika teman-teman Anda ingin mengumpulkan saham akhirat, lewat pengetahuan ini kawan2 lain. Ketika Nabi SAW: 'Beri pesananku walaupun satu ayat'. Ketika kematian anak Adam, satu-satunya 3 hal yang akan dibawa bersama-sama: (1) sedekah / amal jariahnya, (2) Doa anak-anak dari kebenaran dan (3) Pengetahuan tentang makna yang berguna untuk orang lain.

biar kita rada bersih lho sobb...

opini teman nih.... buat para teman teman....

KOLABORASI KECERDASAN OTAK
DAN KECERDASAN HATI

Gabungan kekuatan budaya Timur dengan ilmu pengetahuan ‘new-sciences’, kebijakan falsafah hidup, spiritualitas dan teknologi untuk meraih sukses total lahir-bathin yang holistik.

Seringkali kita dapati orang berbicara tentang ikhlas. Terlebih di tempat-tempat peribadatan, kata ikhlas terasa bagai pembicaraan yang menyejukkan hati. Namun, berapa banyak orang yang benar-benar dapat menghayati makna ikhlas hingga ke lubuk hati atau bahkan berhasil menjalaninya ?

Sebenarnya ikhlas adalah bagian terpenting dari pencapaian hidup manusia, sebab ikhlas adalah perilaku hidup tertinggi yang dipedomankan Tuhan kepada manusia. Di dalamnya terkandung makna kesabaran, kepasrahan dan penerimaan yang memungkinkan manusia semakin dekat dengan Tuhan. Apabila manusia mampu menghayatinya, itu berati ia mampu mencapai puncak kesuksesan, yaitu puncak kebahagian secara lahir bathin di dunia dan akhirat.

Ikhlas adalah kondisi perasaan di dalam hati. Karena itu belajar ikhlas juga berarti belajar melihat dengan hati, mendengar dengan hati, dan tentunya mengikuti kata hati. Kedengarannya memang mudah, tapi barangkali masih banyak diantara kita yang tidak tahu bagaimana cara mencapainya.

Menurut Pendiri Katahati Institute Erbe Sentanu, kesulitan mempelajari ikhlas adalah karena untuk meraih keikhlasan sebenarnya sederhana, tetapi karena kita biasa berpikir secara shopisticated dan complicated membuat kesederhanaan berikhlas menjadi sulit untuk dicerna apalagi diterapkan. Menurutnya Ikhlas itu merupakan aktivitas hati, sehingga untuk memahaminya kita harus mengistirahatkan pikiran dan mulai berlatih menggunakan hati. ”Dengan kata lain memindahkan kesadaran kita dari otak ke dalam hati.”

Untuk mencapai ikhlas, Katahati Institute memperkenalkan teknologi ikhlas. Teknologi ini berisi program aplikasi praktis ilmu pengetahuan modern untuk melatih, membuktikan, mengukur dan memproduksi tingkat keikhlasan hati seseorang – keterampilan praktis untuk memasuki ikhlas-zone (wilayah keikhlasan di dalam hati) yang menjamin kemudahan manusia meraih berbagai tujuan hidupnya.

MERAIH ZONA IKHLAS
(GOD-ZONE)

Teknologi Ikhlas merupakan Ultimate Self Development Technology untuk masyarakat Indonesia, merupakan hasil penggabungan kekuatan budaya timur dan barat serta ilmu pengetahuan terkini seperti Neuroscience, Quantum Physics, Evolutionary Biology, Chaos Theory, Brain Science, dan Science of the Mind serta tuntunan bijak falsafah hidup dan tauhid keagamaan – untuk meraih kesuksesan hidup yang holistik dan hakiki.

Seperti halnya semua teknologi, teknologi ikhlas juga bersifat otomatis. Kita tidak perlu mempercayainya untuk memperoleh manfaatnya. Seperti kita tidak perlu percaya kepada handphone yang dapat mengirim sebuah pesan pendek (sms), cukup dengan melakukan prosedur pengiriman dengan benar – sms terkirim.

Coba bayangkan bagimana rasanya jika kita bisa 100% meyakini tuntunan agama dan falsafah hidup kita bukan karena terpaksa apalagi dipaksa harus meyakininya, tetapi karena kerap terkabulnya doa kita yang dapat dilihat dengan mata kepala kita sendiri – nyaris setiap saat.

Karena kita tahu bahwa ketika kita sudah mampu hidup ikhlas dengan MENTAL FISIOLOGIS PROSEDUR yang benar, maka keinginan-keinginan menjadi jauh lebih mudah untuk diraih. Kita juga tahu bahwa jika kita masih belum mendapatkan yang diinginkan berarti kita hanya perlu menyempurnakan metode atau prosedur keikhlasan di dalam pikiran dan hati kita masing-masing.

MindFocus!
Brainwave Management

Untuk mencapai hal itu, pada tahap pertama Katahati Institute memberikan pelatihan MindFocus! brainwave management (pengelolaan gelombang frekuensi otak) untuk meraih ikhlas melalui otak dan pikiran. Dalam hal ini Katahati Institute memanfaatkan audio DigitalPrayer yang sudah diriset selama lebih dari 40 tahun di berbagai lembaga riset dan universitas-universitas di dunia. Aplikasinya sudah banyak dimanfaatkan untuk berbagai keperluan manusia, seperti menurunkan berat badan, meningkatkan fokus atau konsentrasi, relaksasi dan penyembuhan, subconscious reprogramming dan masih banyak lagi.

Bekerja sama dengan The Monroe Institute dari Amerika Serikat, Katahati Institute juga ikut meringankan beban stress dan trauma dari masyarakat dan relawan di Aceh dengan mengirimkan ribuan kaset audio brainwave management yang terbukti secara klinis mampu memberikan ketenangan dan membangkitkan semangat secara cepat dan akurat.

Dengan teknologi audio khusus dan spesifik, kita bisa mengaktifkan pikiran bawah sadar dan sifat-sifat keikhlasan dengan lebih mudah, lebih pasti, dan terukur

Teknologi ini bisa membawa kita masuk ke dalam gelombang otak intuitif dan inspiratif secara instan, atau disebut dengan brainwave management. Metode ilmiah dan praktis yang belakangan kerap disebut sebagai teknologi meditasi instan ini merupakan akses menuju kekuatan bawah-sadar, dan merupakan syarat mutlak untuk semua self-transformation technology seperti: hipnoterapi, meditasi, relaksasi, pikiran khusyu, fokus dan konsentrasi.

HeartFocus!
Heartwave Management

Pada tahap berikut yang lebih dalam, pelatihannya disebut HeartFocus! heartwave management (pengelolaan gelombang frekuensi jantung) untuk meraih ikhlas melalui jantung dan perasaan – yaitu metode untuk membongkar akar terdalam dari nafsu yang tak terpuaskan, keinginan untuk menang sendiri, keresahan, ketakutan dan kepalsuan hati. Metode ini dapat membuat proses pencapaian kesuksesan hidup lahir-bathin menjadi begitu sederhana, mudah sekaligus menentramkan.

Untuk mencapai ikhlas, sekaligus kembali kepada fitrah dasar manusia sebagai mahluk ciptaan Tuhan yang paling mulia HeartFocus! mengajarkan keterampilan praktis untuk menghapus berbagai sifat ketidaksempurnaan manusia yang sempat terprogram di dalam hati atau bawah sadar.

SEbuak kata bijak berbunyi..: tuntutlah ilmu dari ayunan sampai ke liang kubur.

yah dari kutipan tersebut menyarankan agar manusia selalu belajar dan belajar, guna memaksimalkan fungsi otak dan hati yang dianugerahkan hanya kepada manusia..

pendidikan bukan hanya buat mencari pekerjaan....
tapi pendidikan buat menambah wawasan bagi manusia,semakin tinggi wawasan seseorang makin berbudayalah seseorang tersebut dan makin sukseslah dalam kehidupan..

sebagai realita yang kita alami ....betapa banyak pelajar tawuran dijalan...kebut kebutan dijalan....sex bebas....dan begitu banyak mahasiswa terjerat narkoba, dan para elite, yang maen mbat aje.......
dan semua adalah sebuah cerminan dari kurangnya pendidikan, emang sih semua dari golongan yang terdidik...tapi kelakuan dan pola pikir masih kaya TK....

bagaimana seseorang mau membayar demi masuk sebuah instansi..untuk sebuah pekerjaan
..menyogok....korupsi..dan sebagainyalah...

yups..sebuah cerminan dari ketidak mampuan seseorang untuk berkompetisi sebagai manusia,sebuah cerminan ketakutan tentang hidup....

bila seorang manusia yang menggunakan akal dan pikiran...mereka akan dapat melihat sesuat untuk sebuah hal yang positif,...akan mudah menemukan pekerjaan dan bahkan lapangan pekerjaan....tak perlu bayar jadi polisi ,jadi pns, menyogok demi proyek,,tebar janji jadi caleg.....semua tidak perlu bila kita masih menggunakan akal yang sehat......

dan jangan jangan emang dah banyak yang punya akal kurang sehat ye....masyaallh.......ampunilah mereka dan tunjukan jalan yang benar....

"Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik. Dan janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barangsiapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim
"Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang."
SQ.Al Hujurat 11-12

Sedikitnya ada 32 ribu desa di wilayah Indonesia bagian timur yang dilaporkan masih blankspot. Hal itu disebabkan belum meratanya pembangunan infrastruktur telekomunikasi.

"Ada sekitar 32 ribu desa di Indonesia yang blankspot. Itu sebagian besar berada di wilayah Indonesia bagian timur," kata Staf Khusus Menteri Komunikasi dan
Informatika Depkominfo Sukemi, dalam sosialisasi UU No 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik di kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) Bulaksumur
Yogyakarta, Rabu (21/10/2009).

Menurut Sukemi, masih adanya desa-desa blankspot karena sampai saat ini pembangunan menara telekomunikasi belum bisa merata. Lucunya, meski menara
belum dibangun, kebanyakan dari masyarakat di desa-desa blankspot justru telah siap menerima bila suatu waktu di tempat itu akan dibangun prasarana teknologi informasi dan komunikasi.

"Masyarakat kita itu sebenarnya sudah siap. Hanya saja pembangunan infrastruktur saja yang belum siap," katanya.

Sukemi kemudian menceritakan sebuah kisah di desa dekat perbatasan Timor Leste dan Kupang, NTT, yang pada bulan Agustus lalu baru bisa berkomunikasi dengan
seluler. Awalnya, pihak operator selular pesimis, namun dalam waktu satu minggu penggunaan banwidth melebihi kapasitas menara BTS.

"Usut punya usut, ternyata selama ini mereka sudah punya handphone. Sebelum ada sinyal, handphone mereka digunakan untuk mendengarkan musik melalui MP3 yang ada fasilitasnya," ujarnya.

Sementara itu Direktur Kelembagaan Komunikasi Sosial Depkominfo James Pardede menambahkan salah satu usaha yang dilakukan Depkominfo untuk mengurangi jumlah
desa blankspot dengan cara melakukan program Universal Service Obligation (USO). Program ini merupakan pembangunan telekomunikasi perdesaan yang bertujuan untuk mengurangi kesenjangan akses telekomunikasi di daerah-daerah, termasuk daerah terpencil.

"Biaya program ini diambil dari hasil keuntungan operator selular yang didorong untuk turut membangun pemancar di daerah," tambahnya.

Selain membangun menara telekomunikasi, kata dia, pihaknya akan terus mendorong pembangunan lembaga dan media penyiaran di daerah terpencil. "Kita juga
terus mendorong radio dan media komunitas di daerah perbatasan," ungkapnya.

Pada sebuah pelantikan bapak dewan yang terhormat disebuah kota ...

berikut salah satu petikan dari kata sambutan ketua para bapak dewan yang terhormat..::>...%$##$%@

kami adalah manusia biasa yang punya sifat lupa dan khilaf, dan mohon maaf bila kedepan kami tidak sanggup untuk melayani permintaan masyarakat yang begitu banyak....

nah....dari petikan diatas terlihat sebuah keraguan dan ketakutan seorang ketua dewan yang terhormat itu. dan tidak sepantasnyalah wakil rakyat menyatakan sikap keragu raguan tersebut...bukankah segala sesuatu mesti dicoba ....dan bila merupakan sebuah tanggung jawab....bukankah sesuatu menjadi sebuah kewajiban......dan keragu raguan adalah suatu cerminan sikap kurang profesional... dimana waktu kampanye mereka begitu yakin dan pasti dengan teori teori yang mereka suguhkan. tentang pembangunan, tentang kemanusiaan dan tentang segalanya seolah olah mereka adalah dewa....

dan sebuah sikap munafik telah tercermin.........
dan kapan bisa maju..?????

dasar si tukang leges....emang omong besar....bullshit,bahasa kampung babe gue...

Sebanyak 166 juta orang di seluruh penjuru dunia diperkirakan mencoba menggunakan ganja atau pengguna aktif obat terlarang itu walau riset ilmu pengetahuan menunjukkan akibat-akibat yang merugikan pada kesehatan, kata dua peniliti di Australia.

Berdasarkan angka itu yang dikeluarkan Kantor PBB tentang Obat Terlarang dan Kejahatan (UNODC), berarti satu di antara 25 orang yang berusia 15 dan 64 tahun pada 2006 telah memiliki pengalaman dengan obat terlarang itu, kata kedua peniliti dalam karya tulisnya yang disiarkan di The Lancet.

Karya tulis itu dibuat oleh Professor Wayne Hall dari the School of Population Health di Universitas Queensland, Brisbane, dan Professor Louisa Degenhardt dari the National Drug and Alcohol Research Centre di Universitas New South Wales, Sydney.

Karya tulis itu berisi penemuan-penemuan oleh UNODC dan hasil kajian literatur medis yang disiarkan lebih 10 tahun terakhir tentang efek yang merugikan dari penggunaan ganja pada kesehatan manusia.

Amerika Serikat, Australia dan Selandia Baru, diikuti Eropa, tercatat sebagai negara yang memiliki jumlah pengguna tertinggi. Pengguna ganja terbanyak berturut-turut dari Asia (31 persen), Afrika (25 persen), Amerika 24 persen, Eropa (18 persen) dan Oceania (2 persen).

Australia dan Selandia Baru tercatat sebagai pengguna tertinggi, lebih 8 persen dari populasinya yang berusia 15-64 tahun. Tapi penggunnannya menurun di kedua negara tersebut, kata keduanya.

Kecenderungan serupa terlihat di Eropa Barat.

Sebaliknya, penggunaan ganja meningkat di beberapa negara yang berpenghasilan rendah dan menengah seperti negara-negara di Amerika Latin dan Afrika.

Disebutkan, penelitian di Amerika Utara menunjukkan bahwa 10 persen dari orang-orang yang telah menggunakan ganja menjadi pengguna harian sedangkan 20 hingga 30 persen menjadi pengguna mingguan.

Penggunaan ganja mulai terjadi pada usia remaja dan berlanjut hingga ke usia 20-an. Penggunaanya menurun karena anak-anak muda bekerja penuh, menikah dan memiliki anak.

Penggunaan ganja pada wanita hamil dapat mengurangi berat anak saat lahir tapi tampaknya tak menyebabkan kelainan saat kelahiran, tambah mereka.

Para perokok ganja dilaporkan menderita gejala bronchitis kronis daripada bukan perokok.

Kisruh bank centuri terus terjadi...beberapa nasabah kehilangan begitu saja uang mereka,dan pihak bank langsung diambil alih....

dan bagaimana kalo orang kecil punya hutang...????....ditagioh dan ditagih ....tanpa pernah diambil alih...bila orang kecil ngutang ke bank.....dan bila nggak sanggup membayar....ditagih dan disita....itupun yang disita barang atu atunya....dan kalo orang kecil kekurangan modal buat usaha....dibantu sih....tapi dikit....itupun nyusahin...dan pake bunga gede bangets.....
..dan ketika ..orang gedean punya hutang........yah dibantu dengan alasan kepentingan orang banyak......contohnya itu tuh......

beri dong fasilitas buat orang kecil....biar bisa usaha.....kan nggak semua orang kecil malas....dan bila ada tolong dong diperlancar ..jangan pake prosedur yang nggak mungkin ...jangan pake nama syariah dong kalo juga sama ama rentenir....

eh....gua ngomong pada siapa ye.....????

Ibu merupakan kata tersejuk yang dilantunkan
oleh bibir - bibir manusia.
Dan Ibuku merupakan sebutan terindah.
Kata yang semerbak cinta dan impian,
manis dan syahdu yang memancar dari kedalaman jiwa.
Ibu adalah segalanya.
Ibu adalah penegas kita dikala lara,
impian kita dalam sengsara,
rujukan kita di kala nista.
Ibu adalah mata air cinta,
kemuliaan, kebahagiaan dan toleransi.
Siapa pun yang kehilangan ibunya,
ia akan kehilangan sehelai jiwa suci
yang senantiasa merestui dan memberkatinya.
Alam semesta selalu berbincang dalam bahasa ibu.
Matahari sebagai ibu bumi yang menyusuinya melalui panasnya.
Matahari tak akan pernah meninggalkan bumi
sampai malam merebahkannya dalam lentera ombak,
syahdu tembang beburungan dan sesungaian.
Bumi adalah ibu pepohonan dan bebungaan.
Bumi menumbuhkan,
menjaga dan membesarkannya.
Pepohonan dan bebungaan adalah ibu yang tulus
memelihara bebuahan dan bebijian.
Ibu adalah jiwa keabadian bagi semua wujud.
Penuh cinta dan kedamaian.

Oleh : Ferry Djajaprana

Andaikan dulu Kakek Adam AS dengan Nenek Siti Hawa A.S. nggak makan buah terlarang (Khuldi) niscaya istilah hijab tidak diperlukan di muka bumi ini. Kenapa bisa begitu? Lantaran setelah dimurkai Allah SWT, Nabi Adam dan Siti Hawa mulai terhijab.

Jadi apa hijab itu? Hijab adalah tirai penutup, maksudnya adalah penghalang lajunya jiwa menuju Allah Taala. Penghalangnya adalah dosa-dosa kita. Dosa adalah kabut yang menyelimuti mata hati, sehingga hati tidak bisa melihat kebenaran yang datang dari Allah. Nur Allahnya tidak bisa tertangkap dengan pasti. Dengan demikian manusia selalu dalam keadaan waswas.


Hijab yang terbuka disebut kash. Yakni merupakan salah satu jenis pengalaman spiritual langsung yang menyebabkan salik (pejalan spiritual) dapat mengetahui tentang pengestahuan hakikat Allah. Para ahli Sufi sering disebut ahl al Kashf (kaum penyingkap).

Memahami hijab dan kashf fokus saja pada hati. Karena di hati itu sarangnya kemusyrikan, kemunafikan dus sekaligus di sini pusat tempat 'rendezvous' dengan Tuhannya.

"Dan apabila hambaku bertanya kepadamu (Muhammad SAW) tentang "Aku" maka jawablah Aku dekat..." (QS Albaqarah [2]: 186).

Ayat di atas membuktikan kita terhijab, karena tidak bisa melihat Tuhan yang dekat, bahkan lebih dekat dari urat leher kita.

Bagaimana membuka hijab itu?
Menurut Hadits Rosulullah SAW :"Kalaulah setan-setan itu tidak berkerumun di hati Bani Adam, niscaya mereka dapat memandang ke alam ghaib" (HR. Ahmad dari Abu Hurairah).

Firman Allah Ta'ala : "Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa, apabila mereka di timpa was-was dari setan, mereka mengingat Allah, maka ketika itu juga mereka melihat kesalahan-kesalahannya" (QS. AL Araf[7]: 201).

Menurut Al A'raaf di atas, kita akan mampu melihat fenomena alam di bawah kita, seperti intuisi, halusinasi, pikiran, perasaan dan getaran gelombang pendek yang dihembuskan oleh setan dan jin, sebab jiwa yang telah melampaui tahapan dan ikatan seluruh alam semesta menjulang menuju yang bukan alam (Sang Kholik).

Semoga membantu.

siip deh...

Pautan dua cinta yang terikat kuat antara ibu dan anak sepertinya takan pernah putus.
Tetapi kekokohannya bukan tidak mungkin usang dan kendur. Dan selalu anak yang mengendurkan tali kasih itu. Ibu, rasanya terlalu mulia untuk dituduh mengusangkan kekokohan pautan cinta suci yang berakar di hatinya.

Ibu tidak pernah mengumbar janji untuk menyayangi anaknya. Derai air mata dan cucuran peluhnya jauh lebih nyaring mengatakan “sayang” ketimbang janji manis atau bahkan omelannya ketika si anak berulah. Baginya cinta dan sayang selalu ada untuk anak-anaknya, hingga ia tak perlu lagi janji, karena janji hanya untuk sesuatu yang belum tersedia.

Tetapi terkadang janji adalah suara sehari-hari yang sampai ke telinga seorang ibu dari mulut anak-anaknya. Dan sering kali janji itu jauh lebih memekakan telinga daripada menjernihkan mata karena melihat bukti dari janji-janji itu.

Ada sebuah fragmen yang cukup menarik, dikisahkan pada suatu ketika seorang anak yang merasa sudah cukup sukses berucap janji kepada orang tua yang tinggal satu-satunya; ibu yang sangat disayanginya. “Ibu, kalau sudah punya cukup uang saya ingin sekali mengongkosi ibu naik haji.” Ibunya tersenyum.
Dari ujung matanya kristal-kristal bening meleleh. Didekapnya buah hati yang memiliki niat baik itu. Tanpa suara. Hanya dadanya yang bergemuruh memikul haru yang begitu besar. Bayangan masa-masa kecil anaknya yang menyimpan banyak kenangan manis lalu pun hadir. Disusul bayangan kerinduan yang sangat untuk berziarah ke baitullah. Dalam hatinya ia berucap, “Semoga niat sucimu terkabul, sayang.” Dan sebuah kecupan mendarat di dahi puterinya yang cantik itu.

Waktu pun berlari menyisakan hitungan hari, hingga pada suatu saat keberuntungan berpihak pada puteri cantik pemilik niat baik itu. Bersama suami dan anak-anaknya ia kembali ke tanah air dari tugas dinas suaminya. Tentu di kantong keluarga kecil itu telah terkumpul cukup uang. Hal ini dipahami oleh sang ibu. Seketika hatinya berbunga menyambut kepulangan anak, mantu, dan cucunya.

Namun meski demikian, pantang bagi si ibu untuk mengungkit janji yang pernah diucapkan puterinya tentang naik haji itu. Ia tak ingin selaksa amalnya terkotori oleh sedikit pun pamrih. Namun, puterinya yang cantik itu seperti lupa dengan janji yang diucapkannya. Seminggu, sebulan, dua bulan, dalam hati, seorang bunda menunggu-nunggu anaknya yang mungkin akan memberikan buku ONH (Ongkos Naik Haji) atas namanya dan suaminya. Waktu pun berlalu tanpa suara, seperti tak berani janji
kapan peristiwa itu akan terjadi. Hingga tibalah suatu hari, hati seorang bunda pecah dalam diam ketika anaknya itu membeli sebidang tanah seharga tiga kali ongkos haji untuk dibuat kolam ikan dan tempat peristirahatan keluarga kecilnya bila pulang ke desa.

Tak tahu sebesar apa gemuruh yang bergelombang di dada ibu, hanya dia yang tau, karena ia tetap tersenyum di depan semua anaknya. Tak terkecuali di depan puterinya yang cantik itu. Ia tak pernah menagih janji anaknya, bahkan sekedar mengungkit pun tidak.
Tapi, entah isyarat apa ketika ikan-ikan di kolam anaknya tak pernah menghasilkan keuntungan.
Rumah peristirahatannya pun menjadi hanya sebatas rumah kosong yang tidak banyak memberi manfaat. Lalu, entah isyarat apa ketika anak-anak yang lain yang ikut menggunakan uang anak perempuan ibu itu untuk berbagai usaha, tak satu pun dari mereka yang sukses.
Alih-alih, sebuah kesalah-pahaman keluarga terjadi meretakan keharmonisan keluarga ibu yang diingkari janji itu.

Entah isyarat apa. Apakah itu akibat sakit hati ibu karena anaknya sendiri telah mengingkari janji untuknya? Hanya “mungkin” jawabannya. Karena senyum ibu tidak pernah berubah untuk semua anaknya; do’a ibu tidak pernah berganti untuk semua buah hatinya, selalu untuk kebaikan; dan pangkuan serta pelukannya selalu terbuka untuk seluruh belahan jiwanya.
Tapi apakah seorang ibu tidak bisa sakit hati? itu juga pertanyaan yang tidak mudah dijawab.
Karena ibu juga manusia biasa, tapi sangat luar biasa jasanya. Terlalu mahal semua jasanya untuk ditukar dengan janji-janji kosong. Mungkin kekebalan hati seorang ibu telah mampu menyembunyikan sepedih apapun sakit hatinya.

Mungkin lautan kasih sayang ibu terlalu dalam untuk sekedar menenggelamkan sebesar apapun kesalahan anak-anaknya hingga tak muncul kepermukaan. Tetapi sebagai anaknya, kita harus memahami sifat manusiawi ibu kita, bahwa beliau juga punya hati yang sakit
jika tergores.
Jadi, berhati-hatilah memelihara janji yang pernah diucapkan di hadapan bunda.

Sahabat, sayangi ibumu, ibumu, ibumu!

by..Irfan

dan terima kasih ibu...

Komisi III yang membidangi urusan hukum dan keamanan ternyata cukup menarik hati partai-partai besar. Fraksi Partai Demokrat, Fraksi Partai Golkar dan FPDIP cukup keras memperebutkan Komisi yang bermitra dengan Jaksa Agung dan Kapolri serta KPK ini. Ada apa?

"Saya heran kenapa semua fraksi ingin ke sana (Komisi III). Setidaknya Golkar, PDIP dan Demokrat ingin ke sana. Komisi ini diperebutkan 3 fraksi gajah," kata wakil ketua DPR Priyo Budi Santoso kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (13/10/2009).

Menurut politisi Golkar ini, dari perebutan komisi saat ini, Partai Demokrat yang paling diuntungkan. Sebab, partai besutan SBY ini ternyata mampu mendapatkan komisi yang paling banyak bermitra dengan departemen yang beranggaran besar.

"Yang paling enak ya Demokrat. Milih pertama. Kalau Golkar kan cuman dapat kedua. Tapi kita lumayan dapat 9 wakil ketua. Kita juga dapat Badan Legislasi, jantungnya perundang-undangan. Sayangnya kita gagal di Komisi Infrastruktur, diambil Demokrat juga," paparnya.

Menurut pria yang masih menjabat Ketua FPG DPR ini, target Golkar sebenarnya 2 komisi yang saat ini direbut Golkar. "Dua di antara target utama Golkar sudah diambil Demokrat, salah satunya Komisi III. Saya sudah minta, tapi kata Anas Urbaningrum, itu perintah dari atasan, ya apa boleh buat," paparnya.

Masih bisa berubah nggak pak hasil malam ini? "Ini juga belum hasil final. Masih ada kemungkinan change dengan Hanura atau Gerindra," jawabnya.
(van/yid)

asal bener aje tuh ye....bole bole aja....silakan rebutan....

merantau

Merantau adalah sebuah kebiasaan masyarakat minangkabau. dan merantau adalah berpergian ke tempat lain untuk mencari kehidupan baru....

budaya merantau merupakan tradisi suku minangkabau terutama bagi seorang anak laki laki...
dan kenapa kebiasaan itu bisa terjadi....?????
begini deh ceritanya....

orang minangkabau memiliki keturunan dari garis ibu,maka setiap warisan jatuh kepada keturunan perempuan, dan biasanya setiap warisan yang dinamakan harta pusaka tidak boleh untuk dijual, hanya boleh digunakan, sedangkan kaum lelaki boleh menggunakan harta warisan pusaka tersebut akan tetapi tidak bisa untuk memilik,dan tugas kaum lelaki adalah menjaga dan mengawasi harta pusaka tersebut ...

nah dari kebiasaan tersebutlah makanya kaum lelaki pergi merantau, dan pada zaman jadul...para kaum lelaki yang berabjak ABG..biasanya nggak tidur di rumah, melainkan tidurnya di surau,alias masjid atau langgar,...yang tujuanya adalah untuk belajar,sebelum pergi merantau,mulai dari pelajaran sosial agama sampe ilmu bela diri...dan sekiranya para cowo tersebut dah cukup dewasa...maka bersiaplah untuk merantau....dan biasanya mereka membawa bekal berupa makanan,dan mereka berjalan hingga makanannya habis...dan disanalah mereka mulai membangun kehidupan baru...

hal yang udah kurang ngetren terjadi pada masa kini..pada perjalananya ...merantau masa kini membawa ATM dan mencari tempat kost..dan selalu minta kiriman tiap bualan bahkan tiap minggu....beda dengan kebiasaan lama dimana para perantau langsung mencari juragan..

nah dengan kebiasaan merantau dan sistem keturunan seperti tersebut diatas,daerah minangkabau agak susah untuk berkembang,khususnya di bidang pembangunan ,dikarenakan susahnya untuk membeli tanah di sini, terutama orang asing dan kurangnya sumber daya manusia di sumatra barat, hal ini terbukti dari kenyataan bahwasanya orang minang lebih sukses di negeri orang ketimbang kampung halaman.....akan tetapi setiap perantau yang sukses, biasanya mereka mengirim hasil mereka ke kampung halaman......

kalo di pikir pikir kapitalis juga ye......makanya jangan mau kalah dong sama bangsa asing yang suka menjajah, ...bangsa kita juga penjajah jagoan lho....liat aje dimanapun anda berada....mulai dari preman, tukang copet, supir bus, supir truk,pengusaha,intelektual....dipastikan ada orang padangnya....cari aja di terminal dan pasar pasar....pasti ada deh orang padang ,mama orang medan.....

tapi nih yang paling tidak mengenakan nih...ada yang jadi tukang copet.....kalo mo copet ngapain jauh jauh.....dikampung aje.....dan tolong dong suruh pulang aja tuh orang padang yang jadi tukang copet ye....suruh garap warisan di rumah aje....

Pada sebuah tragedi bencana dimana menimbulkan kedukaan dan kesedihan,...dan masih banyak yang mengambil kesempatan dalam kesempitan.....apa mau dikata mereka ternyata masih saudara saudara kita juga....

pada hari kejadian ....sebuah pemandangan sangat tidak mengenakan....terlihat dimana mana.....sehubungan terjadinya gempa, bensin merupakan barang langka,,hingga pada sebuah SPBU membutuhkan waktu ber jam jam untuk bisa mengisi BBM, dan pada kesempatan para pedagang bensin eceran, berpesta dengan menjual harga bensin hingga 20.000 per liter...

dan pada warung warung ,harga kopi 5000 dari semula 2000, ditengah kesusahan masih ada saja yang makin membuat penderitaan, dan para pelaku tersebut ternyata juga tertimpa musibah lho....sengguh sebuah pemandangan aneh, sesama warga yang saling menderita masih sempat saling memeras,...dan ternyata ada juga nih para aparat yang mohon bantuan bensin...buat tugas....dan bahkan truck pembawa bantuan juga ditilang karena masuk kota.....

dan ironisnya para pemeras tersebut padahal juga wong cilik, yah....wong cilik memeras wong gede....
sebuah cerminan tiada rasa saling menghargai.....dan ini disebabkan karena faktor kurangnya pendidikan. kurangnya moral dan kurangnya rasa kemanusiaan antar sesama.
sebenarnya pada saat saat seperti inilah dibutuhkan seorang aparat guna menjaga stabilitas , menjaga para pencuri, pemeras....dan para aparat entah kemana saat masyarakat membutuhkan,dan hanya bisa menggusur bila masyarakat mencari makan, walaupun mereka hanya menjalankan perintah, tapi yang memberi perintah juga aparat dan penguasa

pada kejadian ini kami selaku orang awak, sangat berterima kasih pada saudara yang telah turut membantu,walaupun tidak saling kenal,terutama bagi TNI yang ternyata selalu terdepan, tanpa mengenal lelah dan capek...( istirahat aja dulu dong pak..)
dan terima kasih lagi bagi yang masih menyadari sebuah arti persatuan

Pada tayangan bencana sumatera barat di beberapa stasiun TV kita mendengar sebuah iringan lagu sebagai background tayangan tersebut...

Nah itulah yang disebut dengan dendang, dendang adalah sebuah ungkapan perasaan dan diiringi dengan sebuah alat musik tiup yang disebut dengan saluang..

sama halnya dengan musik blues...dendang menceritakan sebuah kejadian yang dirasakan oleh si pedendang itu sendiri, tema lagu dapat datang dari pengalaman si pedendang ,pengalaman sejarah dan bahkan sebuah kejadian, dan dendang yang melantunkan kesedihan disebut dengan dendang ratok.

alat musik pengiring dendang biasanya terdiri dari alat tiup yang namanya saluang, biasanya melodi saluang sama dengan melodi yang dilantunkan oleh seorang si pedendang sehingga membentuk sebuah harmoni yang unisono, akan tetapi alat musik pengiring dendang tidak hanya alat tiup salung terkadang diiringi juga dengan alat tiup lain seperti sarunai.dan terkadang dengan alat musik gesek yang disebut dengan rabab..

nah dendang adalah sebuah kesenian minangkabau yang sangat populer di kalangan masyarakat minangkabau dimanapun masyarakat itu berada.... dan bila suatu saat ada yang mengklaim kesenian tersebut, berarti yang mengklaim itu adalah orang minang, sebab sebuah kebudayaan minang lainya adalah merantau, dan sampe saat ini masyarakat minangkabaw tersebar di seantero bumi, bahkan ketika seorang teman berkunjung ke ethiopia, disana disambut oleh orang minang...yang entah mengapa bisa sampe ke negeri nan jauh banget itu, dan katanya disana mereka juga jualan nasi padang....dan orang minang adalah orang indonesia...dan bangsa indonesia mesti bangga karna bangsa kita juga bisa berkuasa di negeri orang,,, nggak cuman yahudi yang penjajah, bangsa kita ternyata juga kuat seperti mereka,dan mungkin kita lebih hebat.....

dan mari kita jaga negeri kita dengan berpikiran sehat.....kita jaga amanah nenek moyang, yang telah susah payah mempertahankan bangsa besar ini hanya buat kita..

Bencana terjadi silih berganti menimpa negeri ini, baik yang dari alam maupun dari manusia sendiri,.....dan....emang mungkin alam mulai bosan...

dan ketika alam bersikap nakal, manusia teriak, manusia menangis, manusia tersentak....dan ketika manusia bersikap nakal, .....manusia tidak pernah mendengar jeritan alam,...manusia tetap tertawa....nggak pernah merasa kasihan,.....

dari setiap kejadian yang negatif tersebut ada baiknya kita merenungi diri, dan kembali pada hakikat sebagai manusia yang diberi hati dan akal sehat,..kembali berfikir arti hidup...dan buat apa manusia ada,....

sebagai makhluk yang diberi akal fikiran keberadaan manusia tidak lain dan tidak bukan adalah untuk menjaga alam yang ditempati, menjaga segala isinya,apapun itu termasuk menjaga sesama manusia, yang diciptakan sama tapi dalam perjalananya mempunyai nasib dan garis hidup yang berbeda. dan tibalah saatnya untuk kita untuk lebih peduli pada sekitar, dan kepedulian tersebut jangan menunggu sebuah teguran.

dan mulailah menyadari arti hidup, dan mulailah menikmati indahnya hidup dengan memberi dan menerima sebuah keindahan.....

Perjalana mengikuti gempa sumbar dengan tim bantuan dari salah satu stasiun TV terkenal dan merupakan salah satu media terbesar di indonesia...

dan secara kebetulan saya adalah orang minang yang turut mengalami musibah tersebut,tapi alhamdulillah kota dimana say tinggal cukum jauh dari pusat gempa,,dan....masih untung selamat.

ketika mengikuti perjalanan dengan bantuan dari salah satu TV swasta tersebut,sebelumnya kami atas nama orang minang mengucapkan terima kasih, atas bantuan dan penghargaan tersebubut dan ternyata begitu banyak bantuan dari seluruh saudara se tanah air melalui stasiun TV itu.

akan tetapi......masih pake tapi neh.....kalo bantu sih...jangan pake embel embel dan pamer...sesuatu hal yang paling saya tidak suka, media dan stasiun TV tersebut dalam membantu ternyata masih mencari kesempatan dalam kesempitan, lima hari saya mengikuti bantuan bersama perusahaan tersebut.... lima hari saya mendengar kata kata pamer, dari perusahan tersebut, seolah olah mereka menjadi seorang malaikat, dengan kesombongan kami menyalurkan bantuan,dan selalu terlontar sebuah perkataan saya membantu kalian....saya...peduli kalian...dan tolong saya dihormati....dan kalo tidak ada saya mungkin bantuan nggak bakalan lancar.....padahal bantuan tersebut berasal dari ribuan pemirsa, mereka hanya fasilitator...

dan disanalah saya sebagai urang minang tidak menerima sikap tersebut,hingga sempat saya berdebat dengan menejer perusahan tersebut dan saya berkata begini.....kami bangsa yang mandiri cuuy....dan kalopun lo nggak bantu ..kami juga bisa kok...sebuah sikap arogan saya muncul..dan saya putuskan untuk mundur dari tim...

dan mari kita ambil sebuah hikmah dari kejadian tersebut demi kemajuan kita bersama,
...dan kesimpulanya adalah...:
jika membantu bantulah dengan ikhlas dan tulus dalam hal apa saja
dari beberapa musibah bencana alam dapat kita lihat betapa kuatnya nilai persatuan dari bangsa kita...dan pada kenyataanya kita terpecah pecah demi sebuah kepentingan kaum elite.,,,,..mulai dari pelecehan dari bangsa asing hingga bencana alam....rakyat negeri ini ternyata masih menjunjung tinggi pancasila, persatuan dan nasionalis bangsa ini masih terlalu kuat....akan tetapi perpecahan diciptakan oleh penguasa....penguasa membuat bangsa ini lemah...

sebuah bukti dari kejadian yang saya alami,,begitu cepat bantuan dari sodara sodara laen...daripada pihak pihak yang berkompeten atas negeri ini...dan terbukti bangsa ini masih punya rakyat, pukan milik penguasa....dan ....tetapi....mengapa kita tidak bisa menjadi penguasa di bangsa kita sendiri,....dan mengapa masih banyak penghianat bangsa sendiri.....dan apakah mesti kita menunggu musibah untuk menyadari hal ini..

selama tidak ada yang namanya bencana....mengapa tidak ada bantuan terhadap sodara yang masih lemah dan membutuhkan, dan mengapa kita mesti saling menyakiti, menindas menipu sodara sendiri....

apakah kita baru bisa membantu ..bila ada gempa,..banjir....
dan mengapa peringatan harus berjalan dengan tragis dan pilu...

dan bukankah kita punya hati dan perasaan....

dan mari gunakan Hati Nurani....tanpa ada bencana.....tanpa ada yang mencela...
dan gunakan akal sehat bila akal kita masih sehat.....
kalo akal udah nggak sehat ya...mesti gimana lagi.....solusisnya berobat dulu...

sekian..

Postingan Lebih Baru Postingan Lama Beranda