Blogger Template by Blogcrowds

musik....

kite nih....kali ini cuman ngasih resep.buat ngebikin musik, inga..inga...

sebelum menciptakan musik kite mesti kudu nyiapin bahan dulu...
antara lain:

media..berupa alat musik,alat musik terdiri dari melodis dan non melodis,alat non melodis seperti..;drums.,,conga......pokoknya alat musik pukul deh...dan ini berfungsi sebagai ritmis, ato ritme,githu lho.
sedangkan melodis , contohnya piano , gitar, biola,.....pokoknya nyang bisa menghasilkan tangga nada deh...

dan kemudian ada nyang namanya tangga nada....tangga nada ada bermacam macam ...misal tangga nada blues,zigana,mixolonian,pelogpentatonis,,dan ada lagi deh....

dan setelah yang dua diatas disiapin...lanjut pada sebuah ide, maksudnya adalah sebuah melodi musik dimulai dari partikel terkecil dulu yang dinamakan dengan motif, motif ini cukup dua ketuk aje sob....contoh motif kite kasi tau neh....
pada lagu pop indonesia aja deh..biar gampang...yakni lagu kuburan yaitu lupa...
kalo syairnya pas nya gini....lupa..lupalupa lupa ..lupalagi syairnya....

nah pada kalimat lupa pertama noh nyang disebut motif ...( mohon maaf nggak bisa buatin partiturnya abis keterbatasan media..)..pada bagian tersebut cuman terdiri dari 2 buah nada .....dan dua buah nada tersebut diulang ulang dalam bentuk berupa repetisi sehingga menjadi sebuah kalimat, yang namanya kalimat mesti ada jawabnya....
pada kalimat yang tertulis diatas ( lagu tersebut ) merupakan kalimat tanya..dan kalimat jawabnya pada liryc ..ingat...ingat . pada dasarnya melodinya sama, dan disebut dengan satu kalimat musik...pada lagu tersebut cuman terjadi pengulangan melodi berkai kali aja.....( sederhana bukan...) dan kalimat tersebut disebut dengan A, sedangkan B..nya adalah bagian ref....yang liriknya..cee.. a minor...dst..

nah lagu tersebut terdiri dari A-B nyang diulang ulang....sederhana bukan...dan hanya se sederhana itu....!!! tapi menghasilkan sebuah hiburan yang lumayan enak....

ternyata gampang kan....

sebaiknya untuk membuat sebuah musik khususnya sebuah lagu pop, nggak usah dulu deh mikirin lyric nya...yang penting mesti dicari dulu melodi hingga menjadi sebuah lagu yang utuh...dan setelah terdapat melodi baru kita masukin liriknya...jadi kalo pengen jadi pencipta lagu...buat aja dulu melodi nyang banya...kalo dah ada lyric tinggal masukin aje...

eee....segitu aja deh....kalo ada yang kurang jelas...bisa ditanyakan lebih lanjut.....ato....cari reverensi di wikipedia...he....masih kurang jelas....back to daokt ye.....
misiiii....

9 Comments:

  1. ivan kavalera said...
    Wah, keren nih. Tips and trik bermusik yang hebat. Mantap, mas Daokt.
    senja said...
    ok banget info dan triknya ^^

    makasih ya....
    ica said...
    serasa lagi belajar kesenian nih...
    makasih pak guru :)
    I2 said...
    Jadi curiga nih.... jangan2 bosku ini dulu pernah ngasih les musik

    hehhehehe
    sip
    elok langita said...
    selamat berkaryaaaaa... ^_^
    ♥ria♥ said...
    wah kalo music aku ga ada bakat :p
    sosial seni budaya bisnis said...
    ria...nyang namanya bakat udah kaga ade tuh....
    nyang penting usaha , kerja keras,otak cerdas dan doa.....

    pasti bisa deh...
    KucingTengil said...
    kalo mainin musik mia bisa, tapi nyiptainnya. stuck deh hahahaha kecuali syairnya hehehehe
    lina@women's perspectives said...
    saya jadi pendengar musik aja deh

Post a Comment



Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda