Blogger Template by Blogcrowds

Riga - Seni budaya dan kerajinan tangan Indonesia dari Kabupaten Sleman (Yogyakarta) akan dipamerkan di Museum of Foreign Art Latvia. Pameran bertajuk The Days of Culture and Handicraft of Indonesia itu digelar selama 7 hari (16-22/5/2009) berturut-turut!

Pameran seni budaya dan kerajinan tangan Indonesia tersebut adalah hasil kerjasama KBRI Stockholm, Pemda Kabupaten Sleman dan Museum of Foreign Art Latvia di Riga, ibukota Latvia. "Dan pameran ini untuk pertama kalinya dilaksanakan di Republik Latvia," demikian penuturan Korfungsi Pensosbud Dody Kusumonegoro kepada detikcom hari ini.

Berbagai tarian klasik Jawa akan dipagelarkan oleh para penari dari Kabupaten Sleman serta dari KBRI Stockholm sendiri pada acara pembukaan.

Selain itu selama pameran berlangsung juga ada presentasi mengenai Batik Indonesia dan peragaan pembuatan membatik akan didemonstrasikan oleh pembatik, yang khusus didatangkan dari Sleman. Ini sekaligus dikombinasikan dengan promosi pariwisata Indonesia, meliputi wisata alam, budaya, petualangan, leisure serta berbagai fasilitas akomodasi pariwisata lainnya yang terdapat di berbagai wilayah di tanah air.

Menurut rencana pameran ini akan diliput oleh berbagai media cetak dan elektronik Latvia, termasuk beberapa saluran Televisi Latvia. Sebuah layar besar juga akan dibangun di Castle Square sehingga publik dapat pula mengikuti acara pagelaran seni yang dilangsungkan di dalam arena Museum.

Selama pameran berlangsung berbagai film mengenai seni budaya dan potensi alam Indonesia akan ditampilkan di layar tersebut.

Sehari sebelum pembukaan yaitu pada 15/5/2009 akan diselenggarakan konferensi pers mengenai pameran dimaksud kepada media massa setempat untuk memberikan informasi lebih jauh mengenai tujuan pameran dan berbagai kegiatan dan acara yang akan dilangsungkan selama pameran berlangsung.

Meningkat

Dody menjelaskan, pelaksanaan pameran ini menandai peningkatan hubungan Indonesia dan Latvia di bidang seni budaya dan pariwisata serta untuk meningkatkan pemahaman masyarakat Latvia mengenai rakyat Indonesia dan kebudayaannya.

Dikatakan bahwa dalam 3 tahun terakhir terlihat peningkatan minat berarti terhadap Indonesia di kalangan masyarakat Latvia, termasuk meningkatnya kunjungan wisatawan Latvia ke Indonesia, yang berdasarkan informasi pelaku wisata Latvia naik lebih dari 100% di 2008 dibandingkan tahun sebelumnya.

KBRI Stockholm pada bulan lalu juga telah melakukan seminar mengenai demokrasi dan perkembangan politik Indonesia dengan pembicara Dr. Hariyadi Wirawan dari Universitas Indonesia (UI) dan dihadiri oleh ratusan peserta.

Pemerintah Indonesia terus meningkatkan promosi hubungan dengan Latvia yang mempunyai peran penting di kawasan Baltik dan sebagai salah satu anggota UE.

Indonesia membuka hubungan diplomatik dengan Latvia pada 25/8/1993 dan KBRI Stockholm diakreditasikan untuk Latvia. Sementara itu, Latvia telah menunjuk 2 Konsul Kehormatannya di Jakarta dan Bandung sejak tahun lalu.
..cinhtailah produk negeri sendiri ..maju terus bangsaku ....

1 Comment:

  1. Amelia said...
    wah ada satu lagi nih produksi anak negeri yang tembus ke luar :D yah untung deh produknya tuh batik bukan kayu yang justru "mendukung" pembabatan hutan :D

    http://buxbag.blogspot.com

Post a Comment



Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda