Blogger Template by Blogcrowds

saling KeNAl MengeNAl

Keharusan umat Muslim untuk saling-mengenal antar umat manusia adalah titah Allah. Demikian firman-Nya; "Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan. Dan Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal (di antara kamu). Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah adalah orang yang paling bertaqwa. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal." (QS. Al Hujuraat, 13)

Dengan saling kenal-mengenal seseorang akan mendapatkan banyak sahabat dan kemungkinan menciptakan persaudaraan. Kenal-mengenal adalah syarat utama persahabatan dan persaudaraan. Kenal-mengenal secara mendalam akan menciptakan saling menghargai, tolong-menolong dan cintakasih. Dengan kenal-mengenal kita dapat menghargai perbedaan, apapun perbedaan itu. Baik itu perbedaan pendapat, perbedaan suku. Bangsa, warna kulit maupun agama.

Selebihnya, ayat Qur'an di atas menegaskan bahwa kenal-mengenal akan menghadirkan ketaqwaan. Dan ketaqwaan akan menghilangkan sifat-sifat kesombongan dengan membangga-banggakan keturunan, warna kulit, pangkat, kekayaan, kecantikan dan ketampanan. Tidak ada kelebihan antara orang Arab dengan orang bukan Arab, antara orang Cina dengan orang Jawa, antara orang yang berkulit putih dengan orang yang berkulit hitam, antara yang berhidung mancung dengan yang berhidung pesek. Jadi kenal-mengenal membuat Manusia akan lebih menghargai bahwa kedudukan mereka adalah sama di sisi Allah Sang Khaliq. Dan bagi Allah hanyalah keimanan dan ketaqwaan kepada-Nya-lah ukuran kelebihan masing-masing manusia.

"Sesungguhnya Allah tidak memandang kepada bentuk-bentuk dan jasad kamu, tetapi memandang kepada hati dan amal perbuatan kamu. Taqwa itu di sini, taqwa itu di sini, taawa itu di sini (beliau sambil menunjuk ke dada)." (H.R. Imam enam kecuali Imam Nasa'i)

Demikianlah, ternyata kenal-mengenal begitu teramat pentingnya bagi orang-orang yang menginginkan persahabatan dan ketaqwaan.
Berbicara mengenai persahabatan dalam ketaqwaan, ajaran Islam menghadirkannya dalam dimensi universal dan abadi lewat kitab suci AlQur'an dan As-Sunnah. Untuk itu guna menuju umat terbaik, komunitas umat muslim wajib menghadirkannya bagi kemuliaan dan rahmat alam semesta. Dan lewat kenal-mengenal antar umat dalam artian luaslah pintu gerbang syurgawi rnungkin didapatkan di dunia ini sebagai implementasi Islam rahmatan lil alamin.

0 Comments:

Post a Comment



Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda