Blogger Template by Blogcrowds

12 Pilar untuk Hasil Pemasaran yang Lebih Dahsyat



BANYAK cara bisa kita gunakan untuk menyampaikan penawaran yang menarik dan dipercaya kepada calon pembeli yang tepat.

Hal penting yang perlu diperhatikan dalam Marketing Revolution adalah kita harus menggunakan sarana atau jalan untuk menyampaikannya dengan menggunakan 12 pilar marketingsebagai berikut.

1. Public relation, publisitas atau press realese
2. Referral
3. Endorsement
4. Advertising
5. Direct mail
6. Direct sales
7. Direct agent
8. Host beneficiary
9. Telemarketing
10.Joint venture
11.Memberikan seminar
12.Canvasing/booth

Banyak orang atau perusahaan yang hanya menggunakan satu atau beberapa pilar saja dalam aktivitas pemasaran mereka sehingga hasilnya pun kurang, bahkan tidak optimal. Mungkin Anda pernah melihat ada sebuah perusahaan produk atau jasa yang sangat gencar menggunakan periklanan sebagai satusatunya cara untuk meningkatkan pemasaran, baik menggunakan media below the line atau above the line (TV,radio,dsb).

Padahal masih banyak pilar marketing yang lain (yang mungkin lebih efektif dibandingkan hanya menggunakan satu pilar saja). Namun ada perusahaan yang sangat berani mengeluarkan biaya periklanan hingga miliaran bahkan puluhan miliar atau bahkan lebih hanya untuk bisa gencar beriklan di televisi.

Namun pertanyaannya: "Apakah memang benar cara yang demikian tersebut sudah efektif? Apakah sudah diukur antara pengeluaran dan hasil konkretnya dalam peningkatan pemasarannya? Kita harus mulai membuat tabel monitoring yang benar-benar bisa mengukur efektivitas dari aktivitas pemasaran yang kita lakukan. Jika memang terbukti efektif, silakan untuk diteruskan.

Namun jika memang tidak terbukti efektif, kita harus dengan bijak mempertimbangkan langkah lain yang mungkin bisa mengoptimalkan hasil pemasaran kita secara nyata (masih ingat "Show me the Money!"), adapun langkah lain itu bisa kita ambil dengan mengombinasikan ke-12 pilar yang ada.

Dalam menjalankan suatu bisnis, tentu saja terkadang ada tantangan yang harus kita hadapi, terutama dalam hal pemasaran produk atau jasa kita.Terkadang naik, terkadang turun atau biasa-biasa saja. Namun dalam menjalankan beberapa perusahaan saya, senantiasa saya menggunakan kombinasi ke-12 pilar tersebut dan hasilnya bisa jauh lebih dahsyat dengan biaya pemasaran yang lebih efektif.Selain itu,banyak perusahaan yang telah saya bantu dengan menggunakan kombinasi 12 pilar tersebut akhirnya mengalami peningkatan pemasaran yang dahsyat pula.

Oleh karena itu, mulai sekarang juga kombinasikanlah ke- 12 pilar tersebut dalam aktivitas pemasaran Anda. Jangan hanya terpaku dengan satu cara atau pilar pemasaran saja. Selamat praktik dan salam dahsyat!

1 Comment:

  1. Fanda said...
    Cara marketing hrs disesuaikan dgn model bisnisnya sendiri. Ga semua bisnis cocok menggunakan ke 12 pilar itu. Anyway, good info, bisa menjadi alternatif yg perlu dipertimbangkan.

Post a Comment



Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda