Blogger Template by Blogcrowds

Pemilu - pemilihan presiden


Debat Capres-Cawapres Akan Digelar Tanpa Panelis

Rabu, 29 April 2009 - 16:06 wib

JAKARTA - Debat calon presiden dan wakil presiden sebagai bagian dari rangkaian kampanye pemilu presiden 12 Juni hingga 4 Juli mendatang, hanya akan dipandu oleh seorang moderator tanpa panelis.

Kelompok Kerja Kampanye Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan memilih moderator profesional yang mampu dan memiliki pengetahuan luas di bidang yang diperdebatkan mulai dari politik, pemerintahan, ekonomi dan bidang-bidang lainnya.

"Debat tidak menggunakan panelis, tapi moderator," kata anggota KPU, Syamsulbahri, di sela-sela rekapitulasi manual hasil pemilu legislatif di Hotel Borobudur, Jalan Pejambon, Jakarta, Rabu (29/4/2009).

Syamsulbahri mengatakan, keputusan mengenai hal ini akan disahkan secara resmi dalam rapat pleno KPU. Namun, dia enggan menyampaikan kandidat yang dianggap memenuhi syarat untuk menjadi moderator tersebut.

Berdasarkan peraturan KPU, penetapan pasangan capres dan cawapres dilakukan pada 9 Juni 2009. Selanjutnya pasangan calon dijadwalkan kampanye antara 12 Juni hingga 4 Juli 2009. Kampanye rapat umum dapat dilakukan sejak pukul 09.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Sedangkan debat direncanakan digelar malam hari usai kampanye rapat umum.

Setelah kampanye akan dilakukan tiga hari masa tenang, kemudian dilanjutkan dengan pemungutan suara pilpres pada 8 Juli 2009.

Anggota KPU I Gusti Putu Artha sebelumnya mengatakan ada dua opsi yang dipertimbangkan dalam membuat format debat capres dan cawapres. Opsi pertama adalah debat yang dihadiri panelis dan dipandu moderator sedangkan opsi lainnya debat yang hanya dipandu oleh seorang moderator.

Untuk memutuskan moderator yang dianggap layak, KPU akan berkonsultasi terlebih dahulu dengan pasangan calon presiden dan wakil presiden.

0 Comments:

Post a Comment



Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda